Langkah Cara Mendempul Mobil, Bisa Hemat Jutaan Rupiah!

Mobil yang tergores atau penyok tentu sangat menyebalkan. Selain mengganggu keindahan mobil, cacat pada kerangka mobil juga bisa memakan biaya perbaikan yang mahal. Umumnya, dempul mobil dapat menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah. Belum lagi jika kendaraan pembaca tidak dijamin oleh asuransi. Yuk, ketahui cara mendempul mobil untuk menghemat biaya perbaikannya!

Memberikan dempul hanya berguna untuk menutup goresan atau bagian yang penyok saja. Bukan berarti jika pembaca memberikan dempul, warna cat mobil juga akan menjadi lebih baik. Pengecatan ulang mobil berbeda dengan mendempul dan hanya bisa dilakukan jika mobil sudah di dempul. Berikut langkah-langkah cara mendempul mobil:

1. Bersihkan Permukaan Mobil yang Akan Didempul

Langkah pertama cara mendempul mobil yang harus dilakukan pembaca adalah membersihkan permukaan mobil. Usahakan tidak ada noda atau kotoran padat yang melekat pada permukaan mobil. Jika ada, pembaca bisa membersihkannya terlebih dahulu. Langkah ini perlu dilakukan guna dempul melekat dengan sempurna di bagian yang akan didempul.

Adanya kotoran atau noda di permukaan mobil akan membuat dempul kesulitan untuk melekat. Dempul justru akan melekat pada kotoran atau noda, bukan permukaan mobil. Ini berarti hasil dempulan juga bisa berisiko tidak tahan lama dan rentan rusak. Wah, pasti pembaca tidak ingin usahanya mendempul jadi sia-sia, bukan?

2. Ratakan Bagian yang Berliku

Setelah memastikan permukaan bersih, pembaca harus memastikan permukaan rata. Gunakan palu khusus seperti hammer dan dolly untuk meratakan bagian-bagian yang menekuk dan susah untuk di dempul. Pastikan untuk meratakan lekukan-lekukan kecil sehingga proses aplikasi dempul bisa menjangkau bagian tersebut.

3. Siapkan Bahan

Selesai dengan bagian mobil yang di dempul, pembaca kini bisa mulai mempersiapkan bahan-bahan dempul. Siapkan dempul, pengeras dempul, amplas besi, lap microfiber, thinner, dan cat dasar. Biasanya ketika pembaca membeli dempul sudah akan dilengkapi dengan pengeras dempul. Pembaca juga harus menyiapkan tatakan yang rata untuk mencampurkan dempul.

Campurkan dempul dengan pengerasnya sesuai dengan informasi takaran pada kemasan. Gunakan tatakan rata yang sebelumnya sudah disiapkan. Dempul yang sudah tercampur rata akan memiliki warna kuning atau hijau. Untuk menggunakan dempul yang sudah dicampur ini, pembaca harus menunggu selama kurang lebih 25 menit.

4. Aplikasikan Cat Dasar

Sebelum dempul diaplikasikan, pembaca harus mengaplikasikan cat dasar yang sudah dicampur dengan thinner terlebih dahulu. Gunakan perbandingan 1:1 untuk campuran cat dasar dan thinner. Cat secara merata dan tipis-tipis saja. Jika ada bagian yang berkarat, pembaca perlu mencermatinya dan membersihkannya terlebih dahulu dengan cairan anti karat.

5. Aplikasikan Dempul

Apabila cat dasar dan thinner sudah diaplikasikan, pembaca baru bisa mendempul bagian tersebut. Gunakan sarung tangan dan kain skrap dempul untuk meratakan. Berikan adonan dempul ke bagian yang sudah dilapisi cat dasar tipis-tipis. Pembaca bisa mengulang kembali untuk memastikan dempul sudah dioles dengan merata.

6. Finishing

Setelah dempul mengering, pembaca bisa mengeceknya apakah masih ada bagian peyok yang belum tertutup dempul. Jika masih ada, pembaca bisa mengoleskan adonan dempul kembali dan meratakannya. Pastikan untuk mengaplikasikannya secara bertahap dan tipis-tipis saja.

Apabila pendempulan sudah diulangi pembaca bisa menunggunya hingga kering kembali. Setelah kering dan cacat mobil sudah tertutup dempul sepenuhnya, amplas bagian tersebut. Amplas secara perlahan hingga dempul rata dan halus seperti menyatu dengan bagian tubuh mobil yang lain. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa-sisa amplas setelahnya.

Demikian cara mendempul mobil yang mudah dan akan menghemat anggaran perbaikan mobil pembaca. Setelah mobil selesai di dempul, mobil siap untuk dicat kembali  dan tampil seperti baru. Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat mencoba.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar