Cara Pindah Gigi Mobil Matic untuk Pengemudi

Salah satu tipe mobil yang banyak diminati oleh pengendara adalah tipe transmisi otomatis. Hal tersebut dikarenakan pengemudi tidak perlu repot-repot menyesuaikan tekanan pedal gas dengan pedal kopling. Namun, banyak juga dari pengemudi yang kurang paham cara mengganti gigi mobil matic. Berikut  akan mengulas cara pindah gigi mobil matic agar mudah dipahami oleh pengemudi.

Banyak pengemudi yang menganggap bahwa mengganti gigi mobil matic tidak terlalu penting. Banyak yang hanya asal saja yang penting dapat berjalan lancar. Padahal ada beberapa resiko jika pengemudi tidak tau cara mengganti gigi mobil matic secara benar. Salah satunya bisa terjadi kerusakan gearbox matic. Di bawah ini langkah dalam pindah gigi mobil matic untuk referensi:

1. Pindah ke N Ketika Berhenti di Lampu Merah

Tidak sedikit pengemudi yang malas memindahkan posisi tuas transmisi saat  mendapati lampu merah atau saat macet. Banyak pengemudi yang tetap membiarkan posisi tuas transmisi nya di D atau drive sambil tetap menginjak pedal rem. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan pengemudi?

Pengemudi seharusnya memindah tuas transmisi tersebut pada posisi N atau netral. Hal tersebut bisa memperpanjang umur gearbox mobil matic itu sendiri. Jika pengemudi tetap membiarkan posisi tuas pada D maka kampas rem akan cepat terkikis. Jadi usahakan ketika berhenti tuas transmisi dioper ke N namun rem juga tetap diinjak.

2. Pastikan Mobil Matic Berhenti Terlebih Dahulu Saat Akan Mundur

Cara pindah gigi mobil matic ini sangat direkomendasikan untuk para pengemudi. Sebaiknya pengemudi tetap memperhatikan posisi mobil saat itu. Apakah mobil dalam jalanan yang naik, turun atau datar. Upayakan jangan langsung mengganti gigi ketika di jalan turun atau saat melaju.

Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil matic pengguna. Kebiasaan tersebut bisa  memperpendek komponen-komponen dalam gearbox. Pastikan mobil yang dikemudi  berhenti terlebih dahulu dengan menekan pedal rem. Setelah benar-benar berhenti, pengemudi bisa memindah tuas transmisi. Pastikan juga kondisi di depan, belakang mobil yang dikendarai aman. Mudah sekali bukan?

3. Tetap Waspada dengan Jalanan Naik

Step ini perlu diperhatikan bagi para pengemudi yang ingin melakukan suatu perjalanan jauh dengan medan jalan naik. Saat medan tidak terlalu menanjak, pengemudi dapat memindahkan tuas transmisi ke D2. Untuk menambah torsi, pengemudi bisa menurunkan tuas transmisi 1 langkah. Cara ini sering disebut dengan kick down.

4. Mengganti Tuas Transmisi ketika Jalanan Turun

Bagaimana cara pindah gigi mobil matic ketika jalan sedang menurun? Agar mendapatkan engine brake, pengguna dapat mengganti tuas transmisi ke D-3 atau bisa D-2. Hal ini membuat mobil yang dikendarai tidak akan meluncur secara cepat. Selain itu kampas rem juga tidak akan mudah panas. Setelah berada di posisi jalan yang datar, pindah gigi mobil ke posisi D.

5. Pastikan Ketika Parkir Posisi Gigi Berada di P

Ketika sedang berada di area perbelanjaan atau wisata, pengemudi sebaiknya mencari posisi transmisi yang pas. Tidak sedikit pengemudi mengoperkan tuas transmisi ke N, padahal yang paling tepat adalah posisi P. Pada posisi ini, gearbox akan tertekan sehingga mobil tidak bergerak.

Itulah 5 cara pindah gigi mobil matic yang dapat dijadikan referensi bagi pengemudi. Ketika sedang melakukan perjalanan, perhatikan hal-hal di atas agar pengemudi tetap aman dan nyaman. Memindah gigi pada mobil bertujuan untuk mendapatkan akselerasi yang sesuai. Jadi, gunakan fasilitas tersebut dengan bijak.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar