Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil Yang Rusak Dengan Cepat

Salah satu komponen cukup vital pada kendaraan yang sering kali kurang diperhatikan adalah wiper mobil. Apalagi dalam musim penghujan, tentunya komponen pembersih untuk kaca ini sangat dibutuhkan pengendaranya. Bila wiper mobil ini mengalami kendala bahkan kerusakan, akan sangat mengganggu pandangan.Untuk itu, cara memperbaiki dinamo wiper mobil yang rusak.

Fungsi Dan Kinerjanya

Fungsi dan kinerja wiper mobil sangat penting untuk membersikan kaca  dari kotoron dan air yang dapat menggangu pandangan. Maka, dengan perannya yang penting tersebut, kondisi wiper mobil haruslah cukup prima. Hingga kapan pun pembersih kaca tersebut dibutuhkan, dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.

Sebab, jika gerak pembersih kacanya lamban, hasil kinerjanya pun tidak maksimal, bahkan dapat menghambat pandangan. Hingga bisa membahayakan pengemudinya saat menjalankan mobil tersebut. Maka apabila terjadi kendala ataupun gangguan, segera dicari solusi atau cara memperbaiki dinamo wiper mobil yang lemah tersebut.

Sebenarnya terdapat 3 faktor utama yang seringkali menjadi penyebab lemahnya kinerja wiper, seperti; motor-wiper, link-nya ataupun poros yang menghubungkan link dengan bilah wipernya. Untuk perlu dilakukan pemeriksaan satu per satu dari komponen wiper mobil tersebut. Apabila gangguan tersebut masih ringan, tentunya dapat diperbaiki sendiri, sebelum dibawa ke bengkel kendaraan.

Periksa Dan Lakukan Perbaikan

Dinamo merupakan komponen penting untuk menggerakkan wiper-mobil dengan sempurna. Namun, terkadang komponen tersebut mengalami gangguan atau kerusakan, dengan penyebab yang cukup bervariasi. Faktor usia pemakaian, sekring, motor penggeraknya hingga cara penggunaannya.

Jika tiba-tiba dinamo-wiper mengalami gangguan atau kerusakan, usahakan tetap tenang dan jangan panik. Nah, beberapa cara memperbaiki dinamo wiper mobil yang rusak dengan cepat dan mudah, antara lain:

1. Cek Jaringan kelistrikan

Karena sistem kerja dinamo atau motor-wiper dengan listrik, maka untuk langkah pertamanya  cek jaringan kelistrikannya.  Apabila di motor atau dinamo tersebut tidak  ditemukan tegangan listriknya,  maka periksa sirkuit kelistrikannya. Dimulai dari switch, lalu sekring dan instalasi kabelnya. 

2. Periksa Sekring

Cara memperbaiki dinamo wiper mobil yang pertama adalah dengan memeriksa sekring dinamonya terlebih dulu. Sebab ada kemungkinan sekring tersebut putus atau rusak, yang biasa dialami ketika terjadi korsleting pada aliran listriknya. Sehingga motor penggerak atau dinamonya tidak bekerja.

Terkadang tidak stabilnya beban dari arus listrik juga dapat memicu kerusakan pada sekeringnya.  Maka, solusinya hanya cukup ganti sekringnya yang rusak tersebut dengan yang baru, tentunya dengan ampere yang sesuai.

3. Gigi Pada Motor Penggerak

Kebersihan serta kondisi pada gigi penggerak motor perlu di-cek. Bersihkan gigi pada motor penggeraknya yang kotor guna mencegah adanya pengendapan, yang bila dibiarkan, akan memunculkan banyak grease. Sehingga menyebabkan ketidaknyamanan penggunanya

Terkadang juga ditemukan gigi pada motor penggeraknya yang berkarat atau terjadi korosi. Sehingga, kinerja wipernya jadi lambat, bahkan tidak bergerak. Untuk itu lakukan penggantian part gigi pada motor-penggerak wipernya tersebut.

4. Cek Motor Penggeraknya

Jika tidak ada masalah dengan sekring-nya atau telah tergantikan dengan ukuran amperenya yang tepat. Namun, wipernya masih tetap belum mau bergerak, sementara  lampu yang jadi indikatornya  menyala, Ketuk badan dinamo-motor dengan palu karet atau gagang obengnya. Untuk pancingan agar wipernya mau bergerak, jika tidak bergerak bawa ke bengkel terdekat.

Nah, demikianlah cara memperbaiki dinamo wiper mobil dengan cepat serta mudah. Sebab apabila dibiarkan akan mengganggu jarak pandang pengemudi kendaraan, yang tentnya sangat membahayakan apabila dipaksakan. Untuk itu diperlukan langkah-langkah antisipasi dan perbaikan  darurat apabila diperlukan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

 

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar