Berapa Berat Motor MotoGP 2021?

Berapa Berat Motor MotoGP 2021?

Berat Motor MotoGP

Berapa Berat Motor MotoGP 2021? Aufaproject46.com hallo masbro, Para pembalap di ajang balap tingkat atas atau MotoGP akan membutuhkan kebugaran yang ekstra. Demi melakoni kompetisi secara penuh selama satu musim tentu akan menguras banyak tenaga para rider.

Dalam sebuah balapan, setiap rider balap harus dapat mengendalikan motornya dengan mumpuni. Ia dituntut lihai dalam mencapai target kemenangan hingga bendera finish dikibarkan.

Aturan Berat MotoGP

 Para pembalap harus dapat mengendarai motornya melintasi setiap tikungan dalam lintasan di periode tertentu. Lalu apakah kalian tahu, berapa berat motor MotoGP yang digunakan para pembalap pada ajang satu ini?

Untuk berat minimum sebuah motor balap di ajang MotoGP yang memiliki kapasitas silinder mesin antara 801 cc sampai 1000 cc yaitu 157 kg. Peraturan tersebut dikeluarkan oleh Federasi Olahraga Sepeda Motor International (FIM).

Berapa Berat Motor MotoGP
Fabio Quartararo

Sebuah tim di kelas MotoGP dapat menambahkan pemberat agar mencapai batas aturan berat motor MotoGP minimum yang telah ditentukan. Hal itu juga dapat menunjang kecepatan dan keseimbangan motor tunggangan di ajang balap motor tersebut.

Berat sebuah unit motor di kelas MotoGP akan mendapatkan pemeriksaan secara rutin. Pengecekan dilakukan baik dalam sesi latihan resmi maupun juga seusai balapan. Keadaan motor ketika diperiksa harus sama persis dengan keadaan ketika mengikuti sesi latihan balapan dalam lintasan.

Selain berat motor MotoGP, pengecekan juga termasuk dengan kondisi oli ataupun cairan lainnya dalam tingkat yang normal. Tangki bahan bakar terpasang dan juga peralatan lain contohnya seperti perangkat elektronik untuk mengukur waktu dan pengirim data lainya.

Pihak FIM dan juga penyelenggara di ajang balap MotoGP sendiri turut mengatur kapasitas bahan bakar dalam setiap balapan. Bahan bakar yang digunakan tidak boleh melebihi batas maksimal yaitu 22 liter. Informasi tentang berat dalam setiap motor dan spesifikasinya tidak wajib untuk dicantumkan sebuah tim. Peserta lomba balap di ajang MotoGP ini tak perlu mengutarakannya secara terbuka di awak media.

Mereka hanya mengutarakan bahwa motor yang digunakan telah memenuhi persyaratan. Tim cukup mengatakan bahwa berat motor MotoGP telah sesuai dengan aturan berat minimum motor di ajang MotoGP dari FIM. Tetapi terdapat juga tim yang mengutarakan mengenai berat motor dalam ajang tersebut.

Pengaruh Berat Motor Untuk Ajang MotoGP

Mereka menuliskan bobot motor di ajang MotoGP yang digunakan dengan 1000 cc yaitu 157 kg dalam spesifikasi laman resminya. Tidak ada informasi yang jelas yang mengatakan bahwa berat maksimal untuk satu unit motor di MotoGP. Tetapi berat tersebut akan sangat mempengaruhi performa dalam balapan, apalagi jika berat motor melebihi batas.

Bukan hanya berat motor MotoGP yang menjadi tumpuan dalam ajang balapan tersebut. Tetapi para pengendara atau rider MotoGP juga harus memperhatikan berat badan dan kondisi mereka sebelum melakukan balapan. Dengan performa motor yang sudah mumpuni, ditambah lagi pengendara yang handal dan dapat menguasai motor, tentu akan memperoleh hasil dengan maksimal.

Bagikan:

Tinggalkan komentar