Kisaran Harga Satu Motor MotoGP

Kisaran Harga Satu Motor MotoGP

Harga Satu Motor MotoGP
kisaran harga Harga Satu Motor MotoGP

Kisaran Harga Satu Motor MotoGP! Aufaproject46.com Hallo sobat motoGP, Seorang pembalap dalam gelaran MotoGP membutuhkan motor yang bagus agar dapat bersaing di lintasan. Motor tersebut akan digunakan dalam satu musim kompetisi balap MotoGP.

Tidak hanya menggunakan motor balap biasa, dalam ajang balapan kelas atas ini membutuhkan tunggangan yang memiliki spek tinggi. Motor yang dapat digunakan harus mempunyai kriteria tertentu, bukan asal motor sembarangan.

Tingkat spesifikasi di motor balap MotoGP telah disesuaikan oleh tim khusus dengan sasaran berkompetisi setiap musim. Itu juga berada di dalam koridor regulasi penyelenggaraan ajang balap MotoGP tersebut. Tentunya banyak orang yang penasaran dengan berapa harga satu motor MotoGP ini.

Mengetahui Biaya atau Harga Motor MotoGP

Dalam sebuah laman telah memaparkan berapa harga satu unit motor yang digunakan dalam ajang MotoGP tersebut. Sebuah motor balap di MotoGP dibandrol dengan harga sekitar 2 sampai 4 juta euro (sekitar 34,8 sampai 69,6 miliar rupiah).

Harga satu motor MotoGP

Kisaran Harga Satu Motor MotoGP

dengan rentang tersebut telah ditentukan oleh pakar spesifikasi seperti mesin, sasis, suspense dan lainnya. Dalam ajang balap MotoGP terdapat juga perangkat pengereman dan elektronik. Dalam masing-masing komponen motor tersebut memiliki biaya pembuatan juga. Termasuk dalam penelitian dan pengembangan demi mencapai performa yang diinginkan.

Untuk gambaran rangkaian mesin kelas atas berada dalam 200 ribu sampai 150 ribu euro (hamper 3,48 – 4,35 miliar rupiah. Komponen yang terdapat di motor balap MotoGP memiliki harga yang beragam. Misalnya perangkat pengereman mencapai harga 70 euro (sekitar 1,2 miliar rupiah). Rangkaian pengendali elektronik (ECU) dan juga modulnya bisa mencapai 100 juta euro (hamper 1,73 miliar rupiah).

Jadi tak mengherankan juga apabila permaikan motor ketika terjatuh di lintasan akan terbilang mahal. Kecelakaan sekecil apapun akan menimbulkan biaya perbaikan yang sangat besar tentunya. Jika mengalami kecelakaan beruntun dalam MotoGP maka akan terjadi masalah karena jumlah suku cadang yang dimiliki tim terbatas dalam balapan. Itulah kenapa harga satu motor MotoGP sangat mahal.

Sebuah tim biasanya hanya membawa paling banyak lima buah barang untuk tiap jenis komponen seperti tangki, kenalpot atau system pendingin. Untung saja di setiap sasis dan juga panel bagian motor di MotoGP dirancang untuk melindungi mesin. Akibatnya mesin masih aman dan dapat digunakan kembali setelah terjadi kecelakaan besar sekalipun.

Sebuah tim merancang system keamanan yang kuat untuk melindungi mesin utama. Bagian terpenting dalam menentukan harga satu motor MotoGP harus tetap terlindungi meskipun motor keadaan hancur. Untuk itu terus dilakukan pengecekan dan perawatan baik luar maupun dalam kendaraan.

Dengan resiko yang tinggi, para rider MotoGP dilindungi dengan baju yang aman dan kuat terhadap benturan. Ajang balap MotoGP sangat rawan sekali benturan, apabila ada kesalahan sedikit saja maka akan fatal akibatnya.

Bukan hanya kerugian secara material saja, bahkan ada juga yang mengancam nyawa. Karena dalam ajang MotoGP motor dipacu dengan kecepatan yang sangat kencang dan terdapat tikungan-tikungan yang tajam dan berbahaya. Itulah sekilah mengenai harga satu motor MotoGP. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar