Bensin Motor Yang Cocok Untuk Sebuah Kendaraan bermotor

Bensin Motor Yang Cocok Untuk Sebuah Kendaraan bermotor

Bensin Motor

Aufaproject46.com Hallo masbro, Sudah menjadi fakta bahwa setiap kendaraan pasti membutuhkan yang namanya bahan bakar minyak atau BBM. Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis bahan bakar minyak salah satunya ialah bensin.

Dengan banyaknya jenis bahan bakar minyak tentu sebagai konsumen kita harus teliti dalam memilih BBM yang tepat untuk kendaraan kita.

Nah di kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips guna memilih bahan bakar yang cocok untuk kendaraan khususnya motor honda.

Salah satu pabrikan kendaraan bermotor, Yakni PT ASTRA HONDA MOTOR, memberikan kesimpulan bahwa motor akan merespon dengan baik pada saat proses pembakaran yaitu dengan memilih bahan bakar yang tepat. Hal ini akan berpengaruh cukup signifikan pada performa motor anda.

Salah satu manfaatnya ialah akan jauh lebih irit bahan bakar minyak, serta lebih awet. Oleh karena itu pabrikan honda sangat menyarankan kepada konsumen nya agar tidak salah dalam memilih bahan bakar minyak.

Menurut mereka ada hal yang mesti di perhatikan cukup serius dalam memilih bahan bakar. Di bawah ini ada beberapa cara yang tepat dalam memilih bahan bakar minyak untuk motor khususnya honda.

Memilih bensin motor

1.harus mengerti rasio kompresi mesin

Poin pertama ialah minimal anda harus memahami rasio kompresi mesin pada motor anda.

Bila anda membeli pada dealler resmi anda akan mendapatkan sebuah buku panduan yang di dalamnya terdapat angka rasio mesin motor anda nah di sana anda dapat memperhatikan angka yang tertukis di dalamnya,

Semakin besar angka kompresi pada mesin anda tentu membutuhkan bahan bakar yang mengandung oktan yang tinggi.

Sebenarnya rasio mesen sendiri adalah rasio antara volume silinder dan ruang bakar, ketika posisi piston berada tepat di titik mati bahah dan volume ruang bakar berada di posisi titik mati atas.

Sedikit contoh ,silinder dan ruang bakar dengan piston berada tepap di titik mati bawah dengan berisikan 1000cc udara .

Dan ketika posisi piston tepat berada pada posisi titik mati atas volume udara yang tersisa pada ruanv bakar akan berkurang yakni 100cc. dengan demikian bisa di simpulkan dengan perbandingan 1000:100.

2. Kenali nilai RON BBM.

Di seluruh dunia nilai oktan yang terkandung pada bahan bakar pada umumnya adalah nilai research octane number atau di singkat RON.

Di jaman sekarang ini terdapat bensin dengan kadar oktan terendah dengan nilai RON 88 hingga RON 98.

Spesifiknya kadar atau angka oktan sendiri bermaksud memberikan poin bahwa seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.

Simpelnya seperti ini bila nilai RON semakin besar maka akan semakin besar tenaga yang bisa di hasilkan.

Sebaliknya semakin kecil angka RON maka semakin kecil tenaga yang di hasilkan. bila motor anda terdapat angka rasio kompresi yang tinggi maka membutuhkan bahan bakar dengan nilai RON yang tinggi.

3. Efek pemilihan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kondisi motor.

Biasanya ada orang yang dengan asal memilih bensin tetapi tidak memperhatikan angka rasio kompresi pada motor mereka ,tentunya hal tersebut akan berdampak besar pada motor mereka sebab pemilihan bensin yang tidak sesuai akan menimbulkan masalah pada mesin motor nya.

Sedikit contoh motor yang harusnya membutuhkan bahan bakar dengan angka oktan yang tinggi tetapi si pemilik malah menggunakan bahan bakar dengan oktan yang rendah maka hal tersebut akan berdampak di mesin secara perlahan akan mengalami kerusakan.

Mesin akan bekerja cukup ekstra sebab terjadi diskontraski antara mesin dan bahan bakar. hasilnya mesin akan lebih boros dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Kebanyakan hal ini tidak di sadari oleh para pemilik motor. hal ini juga berlaku pada pada bensin ber oktan rendah dan mesin dengan rasio kompresi tinggi, kinerja mesin akan menjadi tidak maksimal.

PT ASTRA HONDA MOTOR juga memberikan saran selain pemilihan bakar yang tepat ada juga perawatan mesin motor harus di perhatikan secara berkala.

Hal ini di lakukan guna mencegah kondisi mesin yang semakin parah akibat kurang di perhatikan performa nya.

Sedikit info bahwa honda menyatakan bahwa motor produksi lama ataupun baru tidak di sarankan menggunakan bahan bakar minyak jenis premium .

Jika motor anda produksi lama sangat di sarankan guna menggunakan bensin motor jenis pertalite. tetapi bila motor anda keluaran terbaru juga di sarankan untuk menggynakan bensin jenis pertamax atau pertamax turbo

Bagikan:

Tinggalkan komentar