Merawat v belt Motor Matic

Merawat v belt Motor Matic

Merawat v belt Motor Matic, Aufaproject46.com Hallo Sobat otomotif, Saat ini tren motor matic memang sangat di gemari masyarakat terutama di kawasan perkotaan. motor matic sengaja menjadi pilihan utama masyarakat perkotaan sebab ramah lingkungan dan lebih efisien. selain itu untuk menjaga performa nya bisa di bilang perawatan nya tidak terlali sulit kok. hal yang perlu di perhatikan ialah usahakan selalu melakukan pengecekan secara berkala.

Melihat dari segi komponen tentu ada banyak sekali komponen . salah satu komponen yang terbilang sangat penting pada motot matic ialah v-belt. peran v-belt sangat lah penting guna menunjang performa motor anda sebab v-belt ini yang menghubungan puli depan dengan puli belakang. itu sebabnya anda harus selalu peka terhadap perubahan yang terjadi di motor anda salah satunya di bagian v-belt ini. bila di rasa v-belt nya sudah mulai rusak sebaiknya segeralah ganti .

Sebetulnya soal tata cara perawatanya juga tergolong simpel tergantung malas apa tidaknya anda dalam melakukanya. tetapi hal yang perlu di ingat ialah pasal jangka waktu penggunaan dan masa ganti nya itu yang harus ada perhitungkan selalu. jika di rasa sudah tidak layak pakai sebaiknya ganti dengan yang baru.

Cara melakukan perawatan v-belt motor matic.

Merawat v belt Motor

Kita ambil contoh v-belt pada motor yamaha nmax. biasanya kondisi v-belt pada motor yamaha nmax ialah standart pabrikan. yang biasanya di gunakan sehari hari biasanya memiliki rentan waktu mencapai 20.000 km hingga 30.000 km. di sarankan bila melakukan perjalanan sejauh itu atau bahkan lebih sebaiknya segera ganti v-belt pada motor anda.

Baca Juga :   Spesifikasi Lengkap New X-ADV 2021 Tampang Sangar

Meski begitu kamu juga harus rutin melakukan perawatan pada v-belt kamu. di sarankan begitu karena biar nanti nya v-belt kamu usianya bisa jauh lebih lama lagi. dan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan ketika di jalanan misal bisa putus di jalan.

Sebab apabila putus di jalan bisa di bilang nantinya akan berimbas kemana mana bukan tidak mungkin banyak komponen nantinya yang juga ikut terpengaruh biasanya ketika v-belt ini putus, komponen yang kena imbasnya ialah: roller, rumah roller, dan lain lain. makanya saya selalu menekankan agar selalu melakukan perawatan pada v-belt anda.

  • Berkendara dengan santun

Rata rata biasanya usia v-belt motor anda tergantung bagaimana cara anda berkendara di jalan,dan juga tentang bagaimana kondisi jalan yang anda lalui. biasanya motor yang di pakai secara santun atau bahasa gampang nya tidak ugal ugalan rata rat kondisi v-belt nya masih terlihat baik. mengapa demikian?? berikut alasanya.

Berdasarkan pengalaman sehari hari biasanya pengendara yang sopan, tidak akanp langsung memutar 360° gas dalam nya . melainkan akan memutar secara perlahan lahan hingga cepat. juga untuk masalah pengereman juga tidak mendadak.

Memang sudah banyak yang membuktikan gaya santun ini berhasil menekan kerja v-belt menjadi lebih ringan. hasilnya pun di rasakan dengan usia v-belt jauh lebih lama.

  • Cek kondisi v-belt setiap pergantian oli

Menurut para mekanis atau para ahli otomotif di sarankan melakukan pengecekan v-belt yakni 8.000 km atau delapan bulan sekali. bila anda tidak bisa mengecek sendiri atau masih bingung sebaiknya suruh mekanik bengkel ketika melakukan pergantian oli sekalian juga suruh mengecek v- belt nya.

Seperti pada umumnya mekanik di bengkel merawat v-belt hanya dengan mengoleskan cairan pelumas agar v-belt tidak mudah getas atau karatan, biasnya hanyak di oleskan di bagian pinggir saja tidak sampai ke bagian yang bergerigi.

Baca Juga :   Proses Pemasangan Kedok Honda Vario 2017
Jangan Modifikasi Setengah-Setengah!

Kebanyakan para pecinta otomotif khusunya yang suka memodif motor hanya memodifikasi komponen CVT secara setengah setengah atau tidak keseluruhanya. kita ambil contoh dengan mengganti roller,per kopling dan lain lain, ke versi aftermarket. bila anda mengganti salah satu dari komponen tersebut bila tidak sesuai dengan versi standart, tentunya akan membebani komponen yang lainya seperti v-belt atau bahkan komponen lainya.

Efek yang di timbulkan dari proses tersebut tidak lain ialah v-belt anda akan bekerja tidak sesuai standart nya. hal ini tentunya menyebabkan usia pada v-belt anda menjadi tidak tahan lama atau pendek. makanya dari itu selain cara di atas untuk merawat v-belt anda , menjaga komponen agar tetap versi pabrikan juga bisa lo.

  • Kenali kondisi v-belt yang harus diganti

Merawat v belt Motor matik

Salah satu cara dari kesekian cara yang bisa membuat v-belt anda awet ialah dengan cara berkendara dengan santun. tetapi pada umum nya v-belt tetap di ganti supaya ketika berkendara tetap terasa nyaman. biasanya gejala yang di rasakan pengendara ketika v-belt nya bermasalah ialah ketika dalam keadaan ngebut tarikan mesin terasa kosong.

Kondisi ini biasanya di sebabkan karena puli sudah tidak bisa mengigit. sebab v-belt nya sudah melar atau molor. dan bila tetap di biarkan resikonya bisa terjadi keclakaan.

Ketika sudah terasa perubahanya sebaiknya segera periksakan pada bagian CVT nya dan bila perlu ganti v-belt nya bila sudah tidak layak pakai.

Tetapi bila anda masih ngotot tetap menggunakan v-belt dalam kondisi retak dan melar. biasanya akan bisa putus waktu di jalanan dan hal buruknya yang bisa terjadi ialah anda bisa terjatuh. makanya kalau bisa periksa dahulu sebelum mengendarainya.

Baca Juga :   Motor Terbaru Tahun 2021

Kebanyakan kecelakaan roda dua selain di sebabkam oleh kelalaian pengemudi biasanya karena v-belt nya terputus dan menyangkut ke puli akibatnya ban belakang pasti tidak bisa berputar atau terkunci karena v-belt yang terputus ini. pastinya ini akan membuat anda terjatuh. syukur syukur kalau tidak terjadi apa apa . kalau misalnya menimbulkan korban apa anda akan baru menyesal??

  • Harga v-belt pada motor matik

Rata rata motor matic yang di jual di pasaran saat ini menggunakan v-belt. sebetulnya biaya yang di keluarkan tidak lah terlali besar. sebaiknya bila tidak ingin v-belt anda cepat rusak maka sebaiknya rutin rutin melakukan pengecekan ke bengkel. tetapi bila sudah terlambat dan anda tidak mengetahuinya pasti akan banyak komponen yang juga ikut terkena imbas nya , pastinya biaya yang di keluarkan juga akan bertambah besar.

Saat ini v-belt yang di jual dipasaran harganya sangat beragam tergantung kualitas dari v-belt nya tersendiri. biasanya para produsen membadrol harga v-belt tidak terlalu beda jauh tergantung jenis merk motor matic apa yang anda gunakan. sebagai contoh v-belt pada motor pabrikam honda dengan v-belt pada motor pabrikan yamaha tentu akan berbeda.

Melihat analisa dari otoriders, v-belt pada motor matic yang paling mahal biasanya terdapat pada motor kelas 150 cc contohnya: yamha nmax, honda pcx dan vario 150. sebaliknya untuk harga v-belt pada motor matic di kelas 150 cc kebawah biasanya sedikit lebih murah yaitu 100 ribu an kebawah

Untuk harga v-belt di motor dengan kelas 150 cc biasanya di pasaran di bandrol
di kisaran harga 100 ribuan hingga 250 ribuan.

Nah itulah mas sedikit tips dari kami tentang cara merawat v belt motor matic agar v-belt motor matik kita tetap awet semoga bermamfaat, selamat mencoba

Bagikan:

Tinggalkan komentar