Agar Performa Motor PCX Tetap Stabil Simak 8 Tips Berikut

Agar Performa Motor PCX Tetap Stabil Simak 8 Tips Berikut

Aufaproject46.com – Hay Sobat, Motor matic sangat populer di kalangan masyarakat, sehingga berbagai merek motor bersaing untuk memproduksi berbagai seri motor matic yang selalu laku di pasaran.

Salah satunya adalah Honda, yang telah memproduksi setidaknya enam seri motor dengan berbagai varian. Dengan banyaknya variasi tersebut, harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang premium untuk kalangan menengah ke atas.

Salah satu motor matic premium yang ditawarkan oleh Honda adalah seri PCX, yang harganya mulai dari kisaran 28 juta. Ada juga seri Honda PCX Hybrid yang harganya mencapai 40 juta.

Sebagai pemilik motor premium, tentu Anda ingin memiliki performa yang premium pula. Ini hanya bisa didapat jika Anda merawat kendaraan Anda dengan baik, baik yang baru ataupun bekas. Perawatan tetap diperlukan agar kendaraan Anda tetap awet dan performanya terjaga. Oleh karena itu, simaklah tips-tips merawat Honda PCX yang tercantum di bawah ini.

8 Tips Merawat Honda PCX Agar Performa Tetap Maxsimal

Performa Motor PCX Tetap Stabil

1. Bersihkan Filter

Filter udara membantu menjaga performa motor agar tetap prima dan bertenaga. Ini karena proses pembakaran pada motor dapat menghasilkan tenaga besar jika udara yang masuk bersih dan tidak terkontaminasi oleh kotoran.

Jika Anda menemukan motor kurang bertenaga, saringan udara mungkin perlu dicurigai sebagai salah satu komponen yang menyebabkan masalah. Komponen ini mungkin sudah tidak bekerja dengan sempurna.

2. Panaskan mesin motor secara rutin setiap pagi sebelum berangkat.

Sebelum berangkat ke tempat kerja, kuliah, atau kegiatan lainnya, hangatkan mesin motor matic Anda terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan menghidupkan motor dalam keadaan idle selama 3-5 menit. Hal ini berguna agar oli merata ke seluruh komponen mesin, sehingga motor siap digunakan dalam kondisi maksimal.

3. Gantilah oli secara berkala

Performa Motor PCX Tetap Stabil

Rutin mengganti oli adalah salah satu perawatan penting untuk motor matic injeksi seperti Honda PCX. Oleh karena itu, Anda perlu mengganti oli transmisi secara berkala.

Biasanya, jadwal pergantian oli dilakukan setiap 1.000 km, dan oli transmisi maksimal pada saat motor mencapai 5.000 km. Anda juga bisa mengganti oli setiap 2-3 bulan sekali jika lupa jadwal terakhir mengganti oli. Jangan lupa gunakan oli yang sesuai dengan motor matic Anda.

4. Stalbilkan kecepatan gas

Usahakan untuk menstabilkan kecepatan gas saat mengendarai motor matic injeksi. Kebiasaan mengebut atau menggas throttle terlalu cepat dalam waktu singkat atau melepas putaran gas dengan gerakan yang cepat merupakan kebiasaan yang buruk. Hal tersebut dapat mempengaruhi mesin dan akhirnya menyebabkan kerusakan komponen mesin jika dilakukan secara terus menerus.

5. Lakukan perawatan pada aki

Mengecek kondisi aki pada motor matic tidak mudah, sehingga hampir setiap pengguna motor matic pernah mengalami masalah mati aki. Tentu saja sangat menjengkelkan jika harus melakukan kick starter berulang-ulang saat mencoba menghidupkan motor. Oleh karena itu, perhatikan secara berkala kondisi busi dan aki motor Honda PCX Anda untuk mengetahui jika ada kerusakan pada kedua komponen tersebut.

6. Cek kondisi vanbelt dan roller

Dianjurkan untuk rutin mengecek situasi vanbelt dan roller setidaknya 1 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kedua komponen tersebut. Vanbelt yang terbuat dari karet dapat terputus saat berkendara, yang akan menyebabkan motor terhenti dan tidak dapat berjalan. Hal ini tentu dapat membahayakan Anda saat berkendara.

7. Jangan sampai kehabisan bensin dan gunakan bensin berkualitas

Terkadang, ada pengguna yang lalai dan lupa mengisi bensin, sehingga bensin habis dan motor matic terhenti di jalan. Kehabisan bensin pada motor matic injeksi dapat merusak mesin, sehingga usahakan untuk selalu mengecek indikator bensin pada motor Anda untuk mengetahui apakah bensin masih cukup untuk perjalanan yang akan dilakukan.

Jangan lupa juga untuk menggunakan bensin berkualitas. Belilah bensin di SPBU atau tempat penjual bensin terpercaya, karena bensin yang dijual mungkin merupakan campuran yang dapat mempengaruhi kualitas mesin motor Anda.

8. Service secara rutin di bengkel

Perawatan berkala pada motor matic biasanya meliputi penggantian oli, pembersihan karburator, dan setting motor. Sebaiknya lakukan service motor secara berkala setiap 3 bulan sekali agar performa Honda PCX Anda tetap terjaga.

Lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan service di bengkel resmi Honda agar Anda juga bisa menanyakan kelayakan aki, vanbelt, dan roller pada motor matic Anda.

Meskipun telah dirawat dengan baik, biasanya setelah digunakan selama lima tahun performa mesin dan komponen lain pada motor akan menurun.

Maka, sangat tepat bagi Anda untuk mengganti motor dengan yang baru karena motor akan membutuhkan service lebih sering dan performanya pun akan terus menurun.

Bagaimana? Apakah tips di atas merupakan tips yang mudah dilakukan dan bermanfaat? Jadi, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara rutin pada motor Anda agar tetap nyaman dan aman saat berkendara.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/