Sistem Kelistrikan Motor Yang Sering Bermasalah

Sistem Kelistrikan Motor Yang Sering Bermasalah

Aufaproject46.com – Hay Sobat otomotif, Sistem kelistrikan motor berperan dalam menyuplai arus listrik ke motor. Tujuannya untuk membantu proses bahan bakar menggerakkan penyangga sepeda motor.

Jika sistem kelistrikan sepeda motor bermasalah atau bahkan mati, maka sepeda motor akan mengalami malfungsi atau bahkan mati. Pelajari tentang sistem, jalur, dan pertanyaan umum terkait tenaga sepeda motor berikut ini:

Sistem kelistrikan motor

Sistem kelistrikan motor dimulai dengan kumparan yang menghasilkan energi listrik. Arus ini akan mengalir ke komponen lain seperti busi untuk membuat penyalaan otomatis.

Arus tersebut akan ditampung dalam baterai sebagai arus cadangan. Dengan cara ini saat motor dinyalakan bisa langsung menyala. Sistem pengasutan menggunakan energi listrik dengan mengubahnya menjadi energi mekanik.

Tenaga ini digunakan untuk memutar poros pada engkol. Jika sistem starter rusak maka akan diganti dengan kick starter.

Sobat tidak hanya menggunakan listrik untuk menyalakan mesin, tetapi juga digunakan untuk mengaktifkan sistem tanda. Bagian dari sistem tanda adalah bel sepeda motor, lampu rem, lampu sein, klakson, dll.

Komponen listrik yang penting

Kelistrikan Motor Yang Sering Bermasalah

Sebenarnya komponen kelistrikan motor banyak sekali, terutama yang digunakan untuk mengoptimalkan arus aki. Tugas dan komponen ini meliputi:

Spul

Spul dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik, termasuk untuk mengisi baterai. Komponen ini mampu menghasilkan arus bolak-balik atau bolak-balik. Listrik yang dihasilkan oleh spool akan digunakan untuk busi, bohlam, CDI dll.

Sekering

Sekering digunakan sebagai alat pengaman listrik yang mampu memutus arus listrik secara otomatis. Arus yang tidak stabil dapat menyebabkan korsleting dan merusak komponen elektronik.

Kabel

Fungsi kabel adalah menyalurkan energi listrik dari spul ke aki dan menyebarkan arus ke komponen lain. Saat menggunakan sepeda motor, kabel bisa terlepas, jadi periksalah secara berkala.

Kiprok

Kiprok yang juga dikenal sebagai regulator penyearah, memiliki fungsi untuk menstabilkan tegangan atau mengubah arus. Kiprok mempengaruhi umur baterai yang merupakan sumber tenaga itu sendiri.

Arus yang melalui kiprok distabilkan dengan mengubahnya menjadi arus searah, misalnya arus bolak-balik menjadi arus searah, sebelum dialirkan ke baterai. Jika arus terlalu tinggi, variasi yang berlebihan dapat terjadi.

Aki Atau Baterai

Aki digunakan untuk menyimpan energi listrik untuk menghidupkan sepeda motor saat dihidupkan. Peran aki adalah untuk menggerakkan perlengkapan motor lainnya, seperti lampu, ECU, CDI.

Kelistrikan motor terdiri dari susunan yang kompleks, terbagi menjadi tiga jalur utama. Anda dapat mengetahui ke mana masing-masing powerline pergi dari deskripsi singkat di bawah ini!

Pengapian

Jalur ini merupakan titik tembak yang digunakan untuk mengirimkan arus ke koil busi. Melalui sambungan antara busi dan ruang bakar dapat menghasilkan percikan api seperti pemantik api otomatis.

Dalam pengapian terdapat dua jalur untuk mengatur perangkat listrik yang disebut dengan alternatif current (AC) dan direct current (DC). Ruang pengapian AC ada pada motor keluaran lama khususnya yang bermesin karburator.

AC memiliki arus listrik dengan sumber langsung dari spul yang ditransfer ke CDI. Kumparan arus akan diterima oleh koil dan busi mesin. Sementara DC dilengkapi dengan injeksi yang pengaturan arus ditransfer ke koil dan dilakukan oleh ECU. Inilah mengapa mesin injeksi membutuhkan arus konstan dari aki motor.

Pada saat pengapian, ada dua cara untuk mengatur peralatan listrik, yang dikenal dengan arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC). Ruang pengapian AC ada pada motor lawas, terutama yang berkarburator.

Arus AC mengalir langsung dari spul ke CDI. Arus ke koil akan diterima oleh koil dan busi mesin. Sedangkan DC dilengkapi dengan injeksi yang mengatur arus yang dialirkan ke koil dan dijalankan oleh ECU. Itu sebabnya mesin injeksi membutuhkan arus konstan dari aki motor.

Lampu

Saluran AC dan DC menyuntikkan listrik ke lampu, membuatnya menyala. Jalur penerangan berbeda dengan jalur pengapian karena memiliki aliran arus yang lebih halus.

Jalur penerangan AC akan melengkapi photomotor dengan irama putaran spool motor. Dengan saluran DC, gerakan dilakukan dengan voltase baterai. Padahal, selain mesin dan lampu, setir juga membutuhkan rem dan lampu sein.

Pengisian

Jalur kelistrikan motor, yaitu pengisian daya, merangsang jalur penerangan dan penyalaan. Kebanyakan orang menyebut ini jalur yang membuka sistem kelistrikan sepeda motor.

Itu terletak secara vertikal dari spool ke regulator mesin. Pengapian dan penerangan dipisahkan setelah regulator saluran pengisian daya. Arus yang tidak digunakan untuk pembakaran atau penerangan akan menumpuk di aki motor.

Masalah Umum Yang Sering Timbul & Solusinya

Kelistrikan Motor Yang Sering Bermasalah

Masalah kelistrikan sangat kritis karena jika tidak ditangani dapat menyebabkan motor mati. Beberapa masalah yang sering muncul pada tenaga listrik sepeda motor ini, yaitu:

Kabel Terbakar

Sepeda motor yang sudah lama digunakan dan sering mengalami cuaca ekstrem dapat dengan mudah merusak komponen kelistrikan. Terutama selubung kabel yang mudah terkelupas.

Kabel yang terbuka mengganggu aliran listrik. Periksa seluruh kabel dan segera ganti dengan yang baru jika rusak atau terkelupas.

Boros Aki

Gejala kerusakan lain adalah borosnya aki sehingga motor sering mogok. Tingkat keborosan aki dapat diperiksa dengan mengecek frekuensi penggunaan dan jumlah aki yang digunakan.

Lampu Meredup

Ketika arus listrik tidak stabil, lampu akan menjadi redup. Lampu ini sangat membantu pengendara saat melintasi jalan di malam hari. Bawalah ke bengkel untuk mengecek bohlam lampu dan masalah kelistrikan lainnya.

Sistem kelistrikan motor yang rusak dapat dikenali dari lampu motor yang redup dan sulit dinyalakan meskipun sudah menggunakan starter. Cek secara berkala agar masalah kelistrikan dapat segera ditangani jika terjadi.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/