Arti Warna Kabel Pada Motor Yamaha

Arti Warna Kabel Pada Motor Yamaha

Aufaproject46.com – Halo sobat, Di dalam tubuh sebuah motor terdapat rangkaian kabel. Dan pada setiap kabel tersebut memiliki warna serta fungsi yang berbeda beda.

Fungsi kabel otomotif motor secara umum yakni berfungsi untuk menyalurkan listrik dari sepul ke accu dan menghantarkannya ke beberapa komponen kelistrikan sepeda motor sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Sistem pelistrikan pada motor memang terbilang rumit. Serta merupakan hal penting yang mendukung kinerja keseluruhan sepeda motor kita.

Sistem pelistrikan ini di antaranya membantu kinerja dari penerangan, pengapian dan elemen elektronik lainnya pada sepeda motor.

Tentunya jika berbiaca mengenai sistem pelistrikan, tidak lepas dari yang namanya perkabelan ,memang keduanya ibarat gula dan garam dan berkaitan satu sama lain

Kabel kelistrikan pada sepeda motor merupakan organ vital dan sangat penting keberadaannya untuk menghantarkan arus listrik dari satu komponen ke komponen lainnya pada sistem kelistrikan kendaraan roda dua ini.

Dan setiap pabrikan tentu memiliki warna kabel yang berbeda-beda. Namun merujuk pada fungsinya rata rata sama tidak jauh berbeda dari yang lainya.

Warna untuk kabel tersebut sengaja dibuat agar pada saat kita mau merakit atau memperbaiki motor, kita tidak kesulitan karena kita sudah mengetahui fungsinya dan hal tersebut dapat meminimalisir terjadi nya konslet listrik di dalam motor.

Hal terpenting yang harus kalian ketahui jika ingin memperbaiki kabel pada motor, kalian harus mengetahui fungsi dan warna pada kabel motor yang kalian miliki.

Jangan lupa juga untuk membeli atau memperbaiki kabel yang tepat, jangan asal menarik atau mengganti kabel pada motor tanpa mengetahui fungsinya.

Untuk itu pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan warna serta fungsi dari kabel di motor pabrikan yamaha.

WARNA KABEL MOTOR YAMAHA

Arti Warna Kabel Pada Motor Yamaha

Di. Pasaran saja terdapat beberapa pabrikan otomotif, serta untuk warna dan fungsinya pada setiap merek berbeda-beda. Makanya perlunya ke hati hatian khusus,jika kita salah menghubungkan kabel tersebut dapat berakibat fatal dan bisa mengakibatkan konslet juga terbakar. Agar kamu tidak bingung dan bisa memahami arti dari kabel pada motor yamaha berikut saya akan menjelaskan nya.

Warna dan fungsi kabel untuk motor merk Yamaha adalah sebagai berikut ini :

Arti Warna Kabel Pada Motor Yamaha

  1. Warna hitam untuk kutub negatif (-) masa dan berlaku untuk semua negatif
  2. Warna hijau untuk kutub positif (+) pada arus beban penerangan
  3. Warna kabel aki kutub positif (+) berwarna merah
  4. Warna kuning untuk kutub positif (+) pada lampu jauh
  5. Warna coklat untuk kutub positif (+) sein/reting kiri
  6. Warna hijau untuk kutub (+) arus beban (penerangan, dll)
  7. Warna merah- putih untuk kutub (+) pulser CDI
  8. Warna hijau-Hitam untuk kutub (+) rem
  9. Warna pink untuk kutub (+) Klakson
  10. Warna biru-hitam untuk kutub (+) lampu kota (tail)
  11. Warna hitam-putih untuk kutub (+) kontak motor

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasihacklink+Desember

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/