7 Komponen Motor yang Wajib Anda Cek agar Selalu Prima Di Setiap Musim

7 Komponen Motor yang Wajib Anda Cek agar Selalu Prima Di Setiap Musim

Komponen Motor

7 Komponen Motor yang Wajib Anda Cek agar Selalu Prima Di Setiap Musim. Aufaproject46.com, Hallo Masbro, Memiliki kendaraan bermotor memang menyenangkan karena dapat mobile  dengan cepat. Namun Anda harus rajin merawatnya agar dapat melaju dengan prima.

Ada beberapa komponen motor yang harus selalu Anda cek yaitu sebagai berikut:

  • Kebersihan Motor

Motor yang selalu dijaga kebersihannya akan awet digunakan dari pada yang jarang dibersihkan. Debu yang dibiarkan menempel pada bodi motor akan membuat tampilannya kotor dan tidak menarik. Sedangkan air hujan yang menempel pada badan motor mengandung zat asam yang akan mengurangi kilauan pada cat motor. Sebab itu, segera bersihkan agar air tersebut tidak menimbulkan karat.

  • Cek Rantai

Debu yang menempel pada rantai akan mengotorinya. Selain itu, debu yang banyak akan menyumbat celah-celah rantai sehingga rantai kurang bekerja secara optimal. Apalagi jika rantai itu terkena air hujan yang mengandung zat asam maka akan menimbulkan karat jika tidak segera dibersihkan.

Baca Juga : Tentang tips dan trik dalam hal modifikasi

Gunakanlah tutup rantai agar terjaga kebersihannya. Di samping itu, kencangkan lagi setelan padasalah satu komponen motor ini sesuai dengan standarnya dan lumasi dengan grease.

  • Cek Ban

Anda juga harus memeriksa tekanan ban. Jika tekanan ban kurang maka permukaannya akan banyak bersentuhan dengan jalan sehingga membuatnya menjadi tipis.

Jika ban cepat tipis berarti Anda harus membelinya lagi. Anda sudah mengemat pengeluaran kendaraan jika suka mengecek tekanannya secara berkala.

  • Busi

Bersihkan debu serta air hujan yang menempel pada busi dan kabel agar selalu bersih. Cabutlah kop atau karet penutup pada besi dengan cara meniupnya atau mengelapnya. Busi basah akan menghambat pengapian saat motor dinyalakan. Motor pun lajunya menjadi berkurang.

  • Cek Knalpot

Debu dan air hujan juga harus dibersihkan pada bagian knalpot. Jika bagian ini dibersihkan maka sistem pembuangannya akan berfungsi dengan baik dan sempurna.

Keluarkan air hujan dari knalpot. Selanjutnya, semprotkan oli kedalamnya lalu olesi leher knalpot dengan grease. Kemudian panaskan motor selama 5 menit.

  • Periksa Kanvas Rem

Kanvas rem terbuat dari asbes. Sebab itu, kanvas rem ini jangan sampai terkena air hujan karena setelah kering akan menggelembung dan mengeras. Sesudah mencuci motor maka Anda harus sering menginjak pedal rem agar kanvas kering. Hal ini agar rem motor tidak terasa keras saat Anda menginjak pedalnya.

Sedangkan rem cakram harus dibersihkan dari debu dan air hujan yang akan mengotorinya.

  • Cek Rem

Selanjutnya, Anda harus mengecek rem depan dan belakang. Setelah hujan ada kemungkinan kanvas rem basah sehingga menimbulkan bunyi saat direm. Sebab itulah kanvas rem serta tromol harus selalu kering agar remnya pakem dan tidak berbunyi.

Cara mengecek komponen motor ternyata sangat mudah, bukan? Dengan begitu, kendaraan bermotor Anda akan selalu dapat digunakan secara optimal baik musim kemarau ataupun hujan.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar