6 Tips Merawat Radiator Motor

6 Tips Merawat Radiator Motor

6 Tips Merawat Radiator Motor – Aufaproject46.com Hallo Masbro Kebanyakan motor-motor yang ada saat ini, memang telah dilengkapi oleh sistem pendingin cairan. Hal ini tentu untuk menjaga performa mesin agar tidak gampang panas atau mudah terbakar. Karena jika panas mesin berlebih, maka ini akan membuat mesin menjadi overheat dan mogok di jalan.

Radiator Motor

Beberapa jenis motor yang telah dilengkapi sistem ini adalah skuter matik, motor sport dan motor bebek. Sistem pendingin cairan atau yang lebih dikenal dengan radiator ini memang merupakan bagian penting dari motor, karena sistem inilah yang menjaga dan menstabilkan temperatur motor, sehingga motor tidak tiba-tiba mogok di jalan. Berikut tips perawatan radiator.

  • Cek Lampu Indikator

Perlu perawatan yang intensif dan rutin dari radiator motor ini. Untuk motor-motor yang telah dilengkapi dengan radiator, akan mudah sekali mengeceknya apabila terjadi kerusakan atau overheat. Salah satu caranya adalah dengan melihat lampu indikator. Apabila lampu indikator menyala dan berwarna merah, maka kemungkinan air radiator telah habis dan perlu untuk diisi kembali.

  • Kuras Cairan Coolant

Penting untuk melakukan pengurasan cairan coolant yang terdapat pada radiator secara rutin. Untuk langkah pengurasannya, ada baiknya dilakukan di bengkel dan tidak melakukannya sendiri, kecuali jika Anda seorang montir dan mengerti betul tentang motor.

  • Gunakan Cairan Coolant yang Tepat

Masing-masing motor punya spesifikasi dan rekomendasi cairan coolant tertentu yang hanya cocok digunakan untuk motor tersebut. Hal ini agar performa motor tetap terjaga dan mesin tetap dalam kondisi sehat, tidak timbul karat, tidak ada sisa kotoran dalam radiator motor dan tidak juga menimbulkan buih dan motor selalu prima.

Radiator Motor

  • Cek Tempat Penampungan Air

Jangan biarkan tempat penampungan air radiator menjadi kering, pastikan untuk rutin mengeceknya, setidaknya 1 kali dalam seminggu. Bisa kurang dari itu, jika motor Anda sering melakukan perjalanan jauh.  Dengan melakukan pengecekan secara rutin cadangan cairan dalam tempat penampungan air terkontrol dengan baik.

  • Bersihkan Kisi-kisi Radiator

Selain menguras rutin cairan coolant radiator motor, Anda juga harus rutin membersihkan kisi-kisi radiator. Akan ada banyak debu dan kotoran yang pasti menempel, untuk itu bersihkanlah secara perlahan agar tidak merusak kisi-kisinya.

  • Hindari Penggunaan Cover Radiator Secara Sembarangan

Cover radiator tidak boleh digunakan secara sembarangan, dalam artian jangan menutupnya secara keseluruhan. Karena ini justru akan mengganggu kinerja radiator itu sendiri dan performa mesin akan cepat mengalami kerusakan. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakan cover radiator.

Demikian 6 tips merawat radiator motor, agar tidak cepat rusak dan performa motor tetap terjaga dengan baik. Walau sederhana, namun jangan disepelekan karena radiator motor masih merupakan bagian terpenting dari sebuah motor agar bisa jalan dan enak dikendarai.

Bagikan:

Tinggalkan komentar