Jenis-jenis Rem Cakram Kendaraan dan Cara Merawatnya

Jenis-jenis Rem Cakram Kendaraan dan Cara Merawatnya

Aufaproject46.com Hallo masbro, Belum banyak Yang tau kalau sebenarnya rem cakram memiliki banyak jenis. hal tersebut di karenakan setiap kendaraan memiliki karakteristik Yang berbeda beda maka dari itu cara penggunganaanya pun berbeda.

Rem Cakram

Umumnya ada dua jenis penggunaan rem cakram yaitu secara mekanis Dan hidrolis. lalu apa Yang membedakan antara keduanya. simak penjelasan berikut!!

Pertama rem cakram mekanis. rem cakram mekanis ini tergolong masih sederhana yaitu masih menggunakan kabel, Yang biasanya seeing anda lihat pada kendaraan sepeda. namun perlu di ketahui sistem mekanis semacam ini sangat tidak dk anjurkan untuk kendaraan bermesin seperti motor Dan mobil.

Jika di bandingkan dengan sistem cakram mekanis, sistem hidrolis ini lebih canggih sebab cara kerja dari sistem ini memanfaatkan fluida sebagai pemindah tenaga dari tuas ke kaliper rem. sekilas cara kerja sistem ini sama dengan teori pascal yaitu mengandalkan tekanan.

Kalau anda berpikir bahwa rem cakram yang menempel pada piringan semuanya sama, maka anda salah besar sebab semua rem cakram yang menempel pada piringan berbeda beda.

Bila melihat pada piringanya, di sepeda motor ada tiga jenis rem cakram yang di gunakan. yang pertama yaitu fix, semi floating dan yang terakhir floating. nah pada pembahasan kali ini saya akan menjabarkan ketiga jenis rem cakram tersebut simak baik baik.

  1. Rem Cakram Fix

Yang pertama rem cakram fix. jenis rem cakram seperti inj biasanya sangat mudah ditemui pada jenjs motor ber cc kecil yaitu di bawah 150 cc seperti honda beat, yamaha mio dan yang lainya.

Rem Cakram

Pertanyaannya mengapa rem cakram ini hanya cocok di gunakan untuk motor ber cc kecil??. sebab bila motor ber cc besar otomatis tingkat kecepatn gesekanya akan semakin besar yang membuat cakram ini semakin panas.

Nah kelemahan rem cakram ini di situ yaitu kurang tahan panas makanya hanya cocok di gunakan untuk motor ber di bawah 150cc.

Satu lagi bila rem cakram fix ini keaadanya semakin panas maka hal semacam rem blong bisa terjadi sebab tidak dapat memuai atau mengembang. namun anda jangan takut terlebih dahulu sebab pastinya pabrikan sudah paham terlebih dahulu mengenai takaran nya.

  1. Piringan Cakram Semi Floating

Selanjutnya adalah cakram semi floating. cakram jenis ini sangat cocok di gunakan pada motor Yang memiliki cc besar.

Minimum 250 cc keatas yang bisa gunakan cakram ini. Yamaha R25 di Indonesia sudah menggunakan cakram jenis ini.

Lalu apa Yang membedakan antara cakram fix dengan cakram semi floating? perbedaan keduanya terletak pada dudukan di velg Yang di pisah serta mengambang. kalau pada cakram fix itu menyatu.

Ciri Yang menonjol pada cakram ini pada bagian velg dan piringan terpisah. meski terpisah nyatanya memiliki penyatu yaiti klem. sebetulnya cakram jenis ini memiliki keunggulan di banding cakram fix sebab bisa melepas panas lebih baik.

  1. Cakram Floating

Jenis cakram terakhir adalah floating. Ciri khasnya memiliki celah di dudukan pelek serta piringan sehingga bisa digoyang dengan tangan.

Yang terakhir yaitu cakram floating. nah cakram ini memiliki ciri khas yang sangat unik yaitu terdapat celah pada dudukan velg Dan piringan .alahasil bisa di goyang goyang dengan tangan.

Kebanyakan cakram jenis ini digunakan untuk balapan. terdapat beberapa komponen yang ada pada cakram ini seperti rotor carier, float buttons Dan brake rotor.

Ada fungsi tersendiri dari desain cakram ini. yaitu berfungsi untuk mencegah agar cakram tidak remuk saat terjadi gesekan Yang menimbulkan efek panas tinggi.

Rata rata suhu panas bersumber saat pembalap melakukan pengereman dengan intensitas Yang tinggi.

Cakram jenjs ini bisa di bilang cukup istimewa hanya motor Yang berkubikasi tinggi Yang layak memilikinya
Dan kebanyakan terdapat pada moge atau motor gede.

Yang harus Dilakukan Supaya Cakram Awet

Lalu apa Yang harus di lakukan supaya cakram bisa awet?. sebaik baiknya produk di pasaran bila anda tidak pernah melakukan perawatan ujung ujungya juga akan bermasalah ,sama halnya dengan cakram bila anda tidak peduli dengan kondisinya pasti lambat laun juga akan rusak. di khawatirkan nantinya bisa membahayakan anda saat berkendara.

Sebanarnya merawat rem cakram sangat mudah bahkan lebih mudah di banding dengan komponen lain di motor. sebab meskipun anda hendak membongkarnya, anda cukup melepas beberapa baut saja.

Tentu berbeda bila anda hendak membersihkan komponen lainya seperti karbu Yang memerlukan beberapa pembongkaran yang cukup lumayan.

Sangat lah mudah merawat rem cakram. anda cukup mengecek secara rutin serta rajin mengganti minyak rem ketika habis iti saja sih. tetapi kan kebanyakan dari kita pasti lalai makanya banyak kasus seperti rem blong lah Dan sebagainya.

Lalu lancar apa tidaknya piston dalam berfungsi sebagai semestinya itu terletak pada pompa hidralik Yang berperan sentral dalam mengirkan minyak rem.

Sudah banyak terjadi saluran minyak tersumbat karena di sebabkan kondisi minyak Yang sudah terlalu kotor alhasil fungsi piston tidak akan maksimal atau terganggu.

Selanjutnya adalah secara rutin membersihkan kaliper. sebab demikian rem cakram sangat terbuka serta cukup dekat dengan permukaan jalan jadinya akan cepat kotor.

Kalau kaliper sudah kotor maka komponen lain pun akan terganggu kinerjanya. sebab debu yang menempel di kanvas rem ataupun piston itulah Yang menyebabkan adanya gangguan.

Selanjutnya agar bisa memastikan supaya kaliper Dan rem berfungsi normal. lebih tepatnya kembali mengecek kondisi baut apakah ada Yang kurang ataupun goyah.

Bagikan:

Tinggalkan komentar