Mengulik Fakta Unik Mengapa Motor Wajib Ganti Oli

Mengulik Fakta Unik Mengapa Motor Wajib Ganti Oli

Mengapa Motor Wajib Ganti Oli

Mengulik Fakta Unik Mengapa Motor Wajib Ganti Oli. Aufaproject46.com Hallo Masbro, Pelumas konon tak hanya membuat performa kendaraan jadi unggulan. Namun, mampu merawat hingga kondisi terdalam komponen tunggangan yang Anda miliki.

Bagi sebagian orang yang sangat awam akan jenis perawatan satu ini. Pastinya bakalan bertanya-tanya, kenapa sih perlu mengganti oli? Mengapa perlu menentukan jenis oli yang tepat, apa pengaruhnya?

Ketimbang bingung dan pusing sendiri, simak saja yuk. Perihal mengapa motor wajib ganti oli beserta serba-serbinya.

Ganti Oli Motor Harus Seberapa Rutin?

Sebelum Anda mengetahui seberapa sering untuk mengganti pelumas ini. Ada baiknya baca dulu informasi berikut ini ya!

  1. Mengenal Fungsi Oli Pada Motor

Sebagai pelumas serta perapat komponen yang saling berkaitan. Oli ternyata memiliki fungsi tambahan seperti;

  1. Meminimalisir gesekan pada komponen-komponen dari satu area dengan lainnya. Gesekan ini ditengarai dapat menyebabkan bagian mesin lekas aus. Bahkan mengurangi performa mesin secara signifikan
  2. Berlaku sebagai pendingin dari proses pembakaran yang rentan menghadirkan hawa panas dalam silinder
  3. Memiliki fungsi sebagai peredam dari getaran hingga suara berisik. Yang ihwal diberikan dari kinerja piston. Pelumas membuat bagian ini menjadi lebih halus dan tak berpotensi menimbulkan kerusakan.
  4. Sebagai media perapat yang berada diantara celah piston dengan area silinder. Sehingga mampu melindungi keduanya.
  5. Waktu Yang Benar Untuk Mengganti Oli

Salah satu alasan mengapa motor wajib ganti oli, ini ialah menjaga kestabilan performa motor. Jarak yang ditempuh kendaraan umumnya berimbas pada ketangguhan kendaraan Anda.

Mengapa Motor Wajib Ganti Oli

Ihwalnya, pada kilometer 4000-an , oli kudu diganti. Bahkan, rentang ganti oli ini jangkanya lebih cepat. Jika motor Anda dalam kondisi baru. Namun, angka ini bisa lebih rendah misalkan 2000 kilometer.

Simpulan ini diambil berdasarkan pemakaian motor harian.  Tak lupa kontur jalan dan kondisinya juga bisa mempengaruhi. Sebab intensnya aktivitas kendaraan ini membuat kualitas oli yang terpakai juga berkurang.

  1. Tahapan Mengganti Oli

Dalam mengganti pelumas ini, Anda bisa memperhatikan beberapa poin berikut ini;

  1. Bersihkan penyaring atau filter setiap 12 ribu kilometer. Yakni guna membuang kotoran yang ada pada area mesin
  2. Hindari penyemprotan oli melalui tekanan udara. Sebab, hal ini membuat kotoran justru menyebar di area komponen mesin
  3. Hindari pembukaan baut pada pembuangan oli ketika mesin sedang dalam kondisi panas. Sebab, hal tersebut justru membuat ulir baut lekas rusak
  4. Anda bisa mengganti ring oli, saat pembukaan baut oli guna menghindari kebocoran ketika pemasangan dilakukan.

Menelisik lebih dalam terkait pelumas yang berfungsi prima ini, membuat Anda jadi makin tahu kan? Sebab, perawatan motor dari dalam berupa pelumas ini sangat dibutuhkan mesin Anda.

Jika demikian, alasan mengapa motor wajib ganti oli tentu Anda telah mengetahuinya ya. Jadi, masih mau abai dengan hal ini?

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar