Yuk Intip Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Yuk Intip Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Aufaproject46.com – Honda Vario pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006. Itu ada untuk memprediksi pasar skutik saat itu, yang didominasi oleh Yamaha dan Mio. Sejak lahir, karyanya telah populer dengan model boros gas, maskulin dan modern. Saat itu masih berkapasitas mesin 110 cc. Ini terus berkembang seiring dengan perubahan kebutuhan konsumen.

vario generasi ke generasi
vario generasi ke generasi

Dari yang dulunya hanya berkapasitas 110 cc, 125 cc, 150 cc hingga jantung mekanis terbaru berkapasitas 160 cc. Banyak perkembangan teknologi pada motor ini. dari Mulai dari karburator hingga injeksi sistem pembakaranya. Nah bagi anda yang belum mengarti sejarahnya honda vario dari masa kemasa silahkan simak artikel ini hingga tuntas.

Pilihan Konsep Modifikasi Vario 125/150 eSP,

Berikut Daftar Perkembangan Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa
Modifikasi Honda Vario Generasi Pertama

Honda Vario Gen-1 (2006)

Generasi ini merupakan harapan Pertama pihak Astra Honda Motor (AHM) atas semakin populernya skutik di Indonesia. Honda Vario langsung diminati masyarakat Tanah Air, karena merupakan skutik pertama yang beredar dengan mengusung pendingin cair.
Desainnya lebih menarik daripada lawan-lawannya. Modelnya sangat futuristik dengan mengutak-atik lampu kembar yang terletak di selubung bodi depan. Garis bodinya agak kotak, dan ukurannya lebih besar dari Mio. Otomatis, memberikan kesan tersendiri oleh para calon konsumenya.

Pada hari-hari awal, hanya ada satu pilihan mesin. Dilengkapi dengan alat pacu jantung SOHC 108 cc yang bersih, dimensi (diameter x langkah) 50 x 55mm. Rasio kompresi sangat padat pada 10.7:1. Hasil dari spesifikasi mesin tersebut adalah 8,99 PS pada 8.000 rpm dan torsi 8,4 Nm pada 6.500 rpm.
Ia dianggap revolusioner karena teknologi pendingin cair yang disematkan tidak diadopsi oleh pesaing. Dari segi fungsionalitas, kunci rem parkir dan sakelar penyangga samping Vario juga lebih unggul, memastikan mesin tidak akan hidup jika Anda lupa mengangkat penanda samping.

Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Honda Vario Techno (2009)

Tiga tahun kemudian, AHM menghadirkan generasi terbarunya. Pakai nama Vario Techno. Pabrikan merombak eksteriornya untuk memberikan tampilan yang lebih modern. Dimensi lebih berani dan desain lebih futuristik, terutama lampu depan freestanding dengan garis lebih tirus dan ke atas lebih panjang. Lampu stop juga telah direvisi. Proporsinya lebih enak dipandang dari versi sebelumnya.

Tidak ada perubahan pada sisi mesin. Spesifikasinya masih sama, mengandalkan karburator Keihin AVK22 untuk menyuplai bensin. Alhasil, output daya yang dihasilkan juga sama. Namun beberapa teknologi baru disematkan pada Honda Vario Techno. Yaitu sistem pengereman Combi Brake System (CBS). Dari sini, generasi Vario menggunakan teknik penghentian laju yang disebut CBS.

Tujuan penyematan CBS adalah untuk memaksimalkan pengereman. Sistem bekerja dengan menggabungkan rem depan dan belakang yang bekerja secara bersamaan. Caranya, tinggal tarik tuas rem kiri dan sistem bekerja secara otomatis. Menurut Honda, hal ini sangat mempengaruhi jarak pengereman yang lebih pendek.

Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Honda Vario PGM-FI (2013)

Pada generasi ini, AHM telah meningkatkan kelas dan mengubah segmen untuk Honda Vario. Variasinya banyak, mulai dari desain hingga pas dengan helm (helm style). Tidak hanya tampilan, tetapi juga dapur pacu jantung telah diperbaiki. Tanpa melepas varian 110 cc, Honda melengkapi varian motor ini dengan opsi mesin yang lebih besar, 125 cc.

Sistem pasokan bensin juga diperbarui, yang awalnya sistem pembakaran menggunakan karburator kini dirubah  menjadi injeksi (PGM-FI). Kombinasi mesin baru berdampak pada performanya. Tenaga yang dihasilkan mencapai 11,3 PS pada 8.500 rpm dan torsi 10,7 Nm pada 5.000 rpm. Jauh lebih baik dari sebelumnya. Kapasitas tangki bahan bakar 3,6 liter juga telah diperluas menjadi 5,5 liter.

Fitur sistem idle-stop telah ditambahkan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sistem mematikan mesin selama lebih dari tiga detik saat idle. Dengan itu, tidak ada gas yang terbuang. Saat ingin menyalakannya, Anda tidak perlu menekan tombol start lagi, cukup tarik udara, dan motor akan menyala secara otomatis.

Selain itu, Vario 125 dilengkapi dengan starter ACG yang membungkam motor saat dihidupkan. Itu juga jawaban AHM atas banyaknya masukan tentang suara decitan startup Vario versi sebelumnya.

5 Rekomendasi Oli Mesin Honda Vario

Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Honda Vario 110 eSP (2015)

Berakhirnya era karburator memaksa Honda mengupgrade Vario menjadi 110 cc. Di sisi lain, hadirnya versi 125 yang lebih besar membuat konsumen menginginkan Vario yang lebih kompak. Melihat peluang tersebut, AHM memperkenalkan Vario 110 eSP yang desainnya mirip dengan Vario generasi pertama.

Sayangnya, mesin yang semula menggunakan radiator, pada model ini mesin justru diturunkan menjadi pendingin udara. Jelas, mesin yang digunakan diambil dari Honda BEAT. Itu sebabnya pendingin mesin adalah udara, bukan cairan. Meski begitu, masih ada fungsi ISS dan CBS.

Model ini tidak banyak berubah dari Vario generasi pertama, kecuali penambahan fungsi lampu LED. Selain itu, ada fitur baru yaitu sistem penjawab, agar ada remote control kecil di pengapian Honda Vario 110 eSP.

Sayangnya, Vario 110 tidak laku di pasaran dan harus mati di awal tahun 2020. Kematiannya berbarengan dengan kemunculan Honda Beat terbaru dengan fitur yang lebih modern.

Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Honda Vario 125 dan 150 (2015)

Menanggapi berbagai pilihan pabrikan lain untuk skuter matik 150 cc, Honda sekali lagi “memanfaatkan” Vario, menambah varian 150. Keduanya diluncurkan secara bersamaan pada tahun 2015. Dengan Vario 150, AHM juga ingin “menjajah” semua kategori motor matic.

Vario 125 dan 150 memiliki desain yang sama, hanya strip dan warna lampu panel indikator yang berbeda. Namun ubahan bodi yang lebih mengerikan bisa dilihat dibandingkan model sebelumnya, dengan aksen persegi di setiap sisinya. Lampu depan juga sudah dilengkapi LED di setiap variannya. Kali ini versi 110 cc ditangani secara berbeda.

Alat pacu jantung komersial, varian terbaru ini memiliki fitur paling menarik. Dibekali mesin kubus 150 cc PGM-FI mampu menyemburkan tenaga maksimal 12,64 PS pada 8.400 rpm. Torsinya 12,8 Nm pada 5.000 rpm. Teknologi Enhanced Smart Power (eSP) juga telah disematkan pada ketiga varian tersebut. Kuncinya adalah meminimalkan suara saat meluncurkan peluncur. Untuk menghemat bahan bakar, sistem idle stop harus dijaga.

Soal kelengkapan, disematkan fungsi sistem balasan. Memudahkan pengendara untuk mencari sepeda motor di tempat parkir. Cukup tekan tombol pada key fob dan motor langsung berbunyi dan lampu menyala.

Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Honda New Vario (2018)

Biar kakaknya bermesin 110 cc, Vario baru ini hanya tersedia dalam varian 125 cc dan 150 cc. Diluncurkan pada April 2018, model terbaru ini hadir dengan banyak perubahan gaya. Secara khusus, bentuk lampu depan multi-tahap yang baru diadopsi untuk membuat sepeda motor terlihat lebih modern. Pada bagian depan dan belakang sudah menggunakan lampu LED dan terdapat DRL.

Area stang diturunkan dan melengkung serta menggunakan speedometer full digital. Bagian belakang terlihat sporty, berkat fender individual Honda CBR150R dan pipa knalpot pendek. Generasi ini juga memiliki sistem tanpa kunci. Tentunya semua teknologi sebelumnya sudah terbawa pada generasi terbaru ini.

Meskipun alat pacu jantungnya serupa, output dayanya sangat berbeda. Spesifikasinya masih sama, mengandalkan mesin 150cc dengan dimensi (diameter x langkah) 57,3 x 57,9 mm. Namun berkat beberapa komponen baru, tenaga melonjak menjadi 13,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi menjadi 13,4 Nm pada 5.000 rpm. Begitu pula dengan versi 125 cc yang mampu menghasilkan tenaga 11,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Mekanisme engkol untuk menghidupkan mesin dihilangkan di keduanya. Namun jangan khawatir, karena meteran digital menyediakan informasi voltase baterai. Jadi Anda bisa memantau kapan perlu diganti. Pengereman itu penting, masih belum ada ABS. Honda mempertahankan sistem CBS dengan rem belakang tromol. Tapi di depan rem cakram.

Simak Ide Modifikasi Honda Vario 2018

Honda Vario 160 terbaru

Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan All New Vario 160 pada awal 2022. Produksi versi 150 dihentikan karena model baru tersedia. Ini telah diperbarui dalam hal desain, mesin, dan rangka, sehingga layak untuk dilihat pada aktivitas sehari-hari. Vario 160 dikatakan menggunakan pendekatan yang lebih besar, lebih besar dan lebih bangga.

New Honda Vario 160 dibekali mesin generasi terbaru. Ia kini mengusung mesin 160 cc dengan empat katup, SOHC, pendingin cair dan teknologi Smart Power Plus (eSP+) yang disempurnakan. Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Dimensi bore x travel sekarang menjadi 60 x 55,5 mm, naik dari sebelumnya 57,3 x 57,9 mm. Rasio kompresi juga meningkat, yang lama 10.6:1 sekarang menjadi 12:1.

Dibandingkan model lama, peningkatan tenaganya cukup signifikan. Sebelumnya 13 hp / 8.500 dan torsi hanya meningkat sedikit, yakni dari 13,4 Nm / 5.000 rpm.

Dia sekarang menggunakan teknik framing yang sama seperti Genio dan All New Scoopy. Itulah aplikasi dari framework eSAF (Enhanced Intelligent Architecture Framework). Jadikan skutik premium sporty ini semakin lincah dan mudah dikendarai. Namun tidak seperti saudaranya yang lebih kecil, Rangka eSAF yang terpasang pada Vario 160 tidak memberikan dampak positif pada departemen lain. Berat motor memang bertambah. Sebelumnya 112kg sekarang 115kg (CBS) dan 117kg (ABS). Ruang bahan bakar dan ruang bagasi di bawah jok juga tidak berubah, masing-masing 5,5 dan 18 liter.

Konsepnya masih sama seperti dulu, dengan skutik bergaya sport. Memiliki garis desain yang kuat. Tapi sekarang dia sudah tidak kurus lagi. Beberapa panel bodi dibuat kokoh agar menonjol. Bagian depan terlihat jelas. Seperti model multi-level. Sistem penerangan depan masih mengandalkan lampu depan Dual Keen LED. Dilengkapi juga dengan lampu sein yang tidak lagi juling. Mengingat halangan dengan menarik kabel penutup lampu. Terlihat agresif dan berkelas.

Disesuaikan dengan shroud depan, panel tengah terlihat sedikit menggembung. Dan ekornya memiliki pola modern. Bodi bagian belakang dipenuhi emblem 3 dimensi (3D) bertuliskan Vario 160 (khusus untuk tipe ABS). Dari samping, kesan elegan semakin kuat.

Bagian belakang masih ditopang dengan tampilan yang mewah, karena memiliki desain rem dan lampu sein yang terpisah. Model lampu rem sudah berubah total, namun tetap meruncing ke atas. Yang lebih istimewa lagi, penutup knalpotnya terbuat dari lapisan aluminium yang sama dengan PCX 160, dan kesan sporty semakin terlihat.

Dari semua ubahan desain yang diterima, dimensinya hanya sedikit berbeda. Sebelumnya 1.919 x 679 x 1.062 mm, sekarang 1.929 x 679 x 1.088 mm (PxLxT). Tinggi jok yang semula 769mm menjadi 778mm. Jarak sumbu roda kini dipersingkat menjadi 1.277 mm dari 1.280 mm pada model lama. Jarak minimum ke tanah telah meningkat 8mm menjadi 140mm.

Untuk versi tertinggi, disematkan sistem pengereman anti-lock (ABS). Rem belakang otomatis dengan cakram. Dan tipe CBS masih seperti model lama. Lalu ada pengisi daya USB Type-A, yang mengisi daya ponsel Anda tanpa memerlukan adaptor tambahan.

Jadikan sisa peralatan masih sama dengan model sebelumnya. Seperti lampu LED depan dan belakang dan lampu sein, sakelar braket samping, sistem pengunci rem, rangka dalam ganda multifungsi, sistem kunci pintar dengan sistem penjawab terintegrasi dan alarm anti-pencurian, dan panel instrumen digital sepenuhnya, dan menggunakan teknologi tampilan negatif. Bentuknya masih sama dengan yang lama, tapi yang paling mahal ada indikator ABS.

Urusan kaki-kaki masih mengandalkan suspensi depan teleskopik dan belakang menggunakan lengan ayun yang dimaksimalkan dengan peredam kejut tunggal. Namun, diyakini dapat meredam getaran untuk kenyamanan bahkan di medan yang kasar. Meski diameter roda tetap sama yakni 14 inci. Namun kini dengan model palang baru. Kulit bulatnya juga lebar sekarang. Sebelumnya saya menggunakan 80/90 dan 100/80, sekarang 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah tubeless.

Bagi Anda yang ingin mempercantik sepeda motornya, Anda dapat menemukan tempat aksesoris motor terpercaya terdekat di wilayah Anda melalui website kami, aufaproject adalah portal berita otomotif, modifikasi motor, pemasaran Aksesoris sepeda motor terpercaya di seluruh Indonesia.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/