back to top
Senin, Juli 15, 2024
BerandaRIVIEWYamaha Grand Filano Hybrid-Connected: Pilihan Terbaik di Kelasnya

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected: Pilihan Terbaik di Kelasnya

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected: Pilihan Terbaik di Kelasnya

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) sebagai dealer utama Yamaha di wilayah Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara, menghadirkan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected, sebuah skutik retro modern dengan fitur canggih yang mengagumkan. Motor ini merupakan bagian dari keluarga Classy Yamaha dan dihargai sekitar Rp29 jutaan (OTR Surabaya).

“Terdapat tiga keunggulan utama yang dimiliki oleh Grand Filano, yaitu desain mewah dan berkelas, kemudahan dalam berkendara, serta fitur dan teknologi canggih. Semua ini hadir untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup konsumen,” ungkap William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Bagi Anda yang berencana untuk membeli motor ini, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut ulasan kami untuk Anda.

Keunggulan Yamaha Filano

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menampilkan desain yang modis dan anggun, mengusung ciri khas skutik Eropa. Headlamp-nya terletak di bagian depan dengan bentuk berlian yang terbagi dua, di mana bagian atasnya untuk lampu dekat dan bagian bawahnya untuk high beam. Identitas Grand Filano terpampang jelas sebagai ciri khas.

Desain yang Menawan

Yamaha Grand Filano

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menghadirkan desain yang elegan dan menawan. Dengan garis-garis yang halus dan tampilan modern, skuter ini tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi yang handal, tetapi juga menjadi gaya hidup yang memikat. Kombinasi warna yang tersedia, seperti Hitam Matang dan Silver Metalik, memberikan Anda pilihan untuk menyesuaikan skuter ini dengan selera Anda.

Sedikit di bawahnya, terdapat lampu daytime running light yang diposisikan seperti dasi. Lampu sein yang berbentuk vertikal tertanam di sisi kanan dan kiri tameng depan. Seluruh sistem pencahayaan telah menggunakan teknologi LED. Kesan klasik semakin tampak dengan tata letak bulat pada bagian samping. Dihiasi dengan garis tegas yang menghiasi bodi bagian belakang, ditambah dengan emblem 3D bertuliskan Grand Filano yang khas.

Bagian belakangnya menampilkan desain modern dengan stoplamp yang diposisikan secara vertikal. Knalpotnya dilapis dengan cover krom dan berwarna hitam. Mengenai roda, menggunakan ukuran 12 inci dengan pelek model 6 palang lurus. Ban yang digunakan adalah jenis tubeless dengan ukuran 110/70 (depan-belakang).

Baca Juga :   Berapa Pajak Motor Listrik yang Perlu Dibayarkan? Intip Penjelasannya Di Sini!

“Mengenai sistem pengereman pada roda depan dan belakang, mengandalkan kombinasi cakram dan tromol. Adapun untuk peredam kejut, digunakan konfigurasi tunggal di bagian belakang dan suspensi teleskopik untuk menopang roda depan,” jelas Ilham Wahyudi, GM Service & Sparepart Yamaha STSJ.

Untuk mendukung kebutuhan penyimpanan, Filano menyediakan Spacious Front Pocket di kokpit depan. Di sisi kiri, terdapat Smart Front Refuel, memudahkan pengguna untuk mengisi bahan bakar tanpa perlu membuka jok. Volume tangki bensin memiliki kapasitas sekitar 4,4 liter. Tak ketinggalan, terdapat Convenience Hook Carabiner, sebuah gantungan dengan sistem pengunci, menghilangkan kekhawatiran akan barang bawaan yang jatuh di tengah perjalanan.

Yamaha Grand Filano

Bagasi yang luas dengan kapasitas sekitar 27 liter menjadi salah satu keunggulan utama, cocok untuk menyimpan helm atau barang bawaan lainnya. Keistimewaannya, saat bagasi dibuka, lampu LED akan menyala memberikan penerangan di dalamnya terutama saat minim cahaya.

Salah satu keunggulan menonjol lainnya dari Grand Filano adalah adanya fitur konektivitas Y-Connect. Pengguna dapat dengan mudah memantau kondisi motor melalui smartphone, termasuk informasi konsumsi bahan bakar, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan aki dan oli, notifikasi malfungsi, hingga Revs Dashboard. Sebaliknya, pengguna juga dapat menerima notifikasi telepon dan pesan di dasbor motor saat sedang berkendara.

“Fitur Yamaha Motorcycle Connect mampu mendukung pengendara untuk tetap terhubung. Pengendara dapat memantau kondisi kendaraan secara real-time,” ungkap William.

Beralih ke keunggulan berikutnya, terdapat TFT Sub Display yang dianggap sebagai yang paling canggih di kelasnya. Display ini mencakup animasi Welcome Aboard dan Goodbye Message, indikator bensin, odometer, trip, konsumsi BBM real-time, rata-rata konsumsi BBM, dan voltase baterai. Semua dipercantik dengan siluet Grand Filano yang terletak di tengahnya.

Tak ketinggalan, fitur wajib era modern: Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai smartphone selama berkendara. Juga disematkan lampu Hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Fitur Hybrid yang Canggih

Salah satu daya tarik utama Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected adalah teknologi hibrida yang dimilikinya. Skuter ini dilengkapi dengan motor listrik yang dapat memberikan tenaga tambahan saat diperlukan, seperti saat akselerasi atau mendaki bukit. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar, tetapi juga mengurangi jejak karbon, membuatnya ramah lingkungan.

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected ditenagai oleh mesin berkapasitas 125 cc, 1-silinder, SOHC, 2-katup, pendingin udara, dan sistem injeksi Blue Core. Dengan konfigurasi enjin overstroke, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sekitar 8,1 Hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak sekitar 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Baca Juga :   Kredit Yamaha Grand Filano Hybrid Mulai Rp 1 Jutaan

Semakin superior dengan teknologi terkini Blue Core Hybrid yang memanfaatkan 2 sumber tenaga yang saling berkolaborasi, yaitu mesin dan Electric Power Assist Start (EPAS). Didukung oleh komponen tambahan seperti Smart Motor Generator (SMG), baterai (aki), dan Starter Generator Control Unit (SGCU). Hasilnya, akselerasi awal menjadi lebih bertenaga, sangat bermanfaat ketika membawa penumpang, barang, atau melewati jalan menanjak. Suara mesin juga menjadi lebih halus ketika pertama kali dinyalakan. Setelah mesin aktif, generator langsung mengisi ulang baterai atau aki.

Untuk meningkatkan efisiensi, terdapat fitur Stop & Start System (SSS), di mana mesin akan mati secara otomatis ketika motor berhenti selama lebih dari tiga detik, dan kembali menyala saat handle gas diputar. Hal ini membantu menghindari pemborosan bahan bakar. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan tombol SSS di sisi kanan setang dalam kondisi On.

Dalam menjamin keamanan, Grand Filano dilengkapi dengan Smart Key System (keyless) yang memiliki fitur Answer Back System, memudahkan pengendara untuk menemukan posisi parkir motor.

Terdapat juga fitur Stand Side Switch yang mengurangi risiko karena lupa menaikkan standar samping. Mesin akan mati secara otomatis apabila penyangga motor diturunkan, dan dapat dihidupkan kembali ketika standar samping dinaikkan. Berkendara di tanjakan menjadi lebih aman berkat Smart Lock yang menjaga posisi motor. Selain itu, terdapat One Push Start yang mempermudah pengendara dalam menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan.

Kenyamanan Terbaik

Skuter ini dirancang dengan kenyamanan pengendara dalam pikiran. Tempat duduk yang luas dan empuk membuat perjalanan Anda lebih santai, bahkan dalam perjalanan jauh. Selain itu, ruang penyimpanan yang cukup luas di bawah tempat duduk memungkinkan Anda membawa barang-barang penting dengan mudah.

Tidak hanya bagi pengendara, penumpang pun merasakan kenyamanan dengan adanya floor dek yang rata dan luas. Footpeg dapat dilipat, memiliki ukuran besar, dan dilengkapi dengan karet, sehingga juga memberikan tampilan yang lebih rapi secara estetika.

Harga yang Bersaing

Salah satu pertimbangan utama saat memilih skuter adalah harganya. Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menawarkan nilai yang luar biasa dengan harga yang bersaing di kelasnya. Anda mendapatkan kombinasi antara teknologi terbaru, performa hebat, dan desain menawan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Baca Juga :   7 Perbandingan Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano: Mesin, Fitur, Harga,

Kekurangan Yamah Filano

Meskipun tidak banyak, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected memiliki beberapa keterbatasan yang perlu diperhatikan. Salah satu yang disayangkan adalah penggunaan soket pengecasan masih tipe car charger bukan USB port. Sehingga, konsumen harus membeli alat tambahan berupa adapter.

Keterbatasan lainnya adalah performa mesin yang kalah dibandingkan dengan Fazzio, meskipun harga Filano lebih tinggi. Grand Filano menggunakan mesin 125 cc, 1-silinder, SOHC, 2-katup, pendingin udara, dan berpengabut injeksi Blue Core yang menghasilkan tenaga maksimal sekitar 8,1 Hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak sekitar 10,4 Nm pada 5.000 rpm. Sementara Fazzio, dengan mesin yang sama, mampu mencapai daya sekitar 8,3 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Salah satu faktor penyebab perbedaan output adalah bobot Grand Filano yang lebih berat 5 kg dibandingkan Fazzio. Bagi mereka yang memiliki tinggi badan kurang dari 170 cm, mungkin akan kesulitan menjangkau tanah dengan sempurna saat menaiki Filano. Ketinggian joknya mencapai 790 mm, cukup tinggi untuk skutik 125 cc.

“Target pasar Filano memang berbeda dari Fazzio. Melalui motor ini, Yamaha dengan sengaja ingin mengajak konsumen untuk melangkah ke level lifestyle yang lebih tinggi melalui keunggulan desain mewah, teknologi terkini, dan fitur canggih yang semakin berkelas,” demikian diungkapkan oleh William.

Kesimpulan

Dalam penutupan, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected adalah pilihan yang sangat menarik untuk siapa saja yang mencari skuter matik berkualitas tinggi. Dengan desain yang memikat, performa luar biasa, teknologi hibrida canggih, konektivitas modern, dan kenyamanan terbaik, skuter ini benar-benar mengesankan. Selain itu, dengan harga yang bersaing, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected memberikan nilai yang sulit untuk dikalahkan. Jadi, jika Anda mencari skuter matik yang memenuhi semua kebutuhan Anda, pertimbangkanlah Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected sebagai pilihan utama Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi kami ( Dealer Yamaha ) jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang skuter ini atau ingin mencoba mengendarainya. Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected adalah investasi yang sangat baik untuk mobilitas Anda yang akan memberikan Anda pengalaman berkendara yang luar biasa dan prestise.

Nah demikianlah pembahasan tentang Yamaha Grand Filano, semoga artikel ini bermamfaat sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya dan terimakasih

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments