Tips Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Merawat Motor Matic

Tips Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak – Aufaoject46.com Hallo Masbro, Motor matic merupakan jenis motor yang umum digunakan karena dianggap lebih praktis dibandingkan dengan motor injeksi atau kopling. Meski demikian, agar ia tetap awet dan tidak mudah rusak, ia tetap perlu dirawat dengan baik.

Jika Anda pemilik motor matic dan berniat untuk mengguakan motor tersebut untuk jangka waktu yang panjang, mengetahui tips merawat motor matic merupakan hal yang wajib dilakukan. Apalagi biaya servis motor juga tidak murah, karena itu menjaga dan merawatnya sebaik mungkin akan membantu Anda meminimalisir pengeluaran.

  • Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Agar motor tetap awet, pastikan Anda selalu mengganti oli secara teratur, sehingga oli tidak merusak dan menyumbat saluran di dalam motor. Oli yang kotor tidak hanya akan memberikan dampak buruk pada mesin, ia juga akan membuat motor harus segera masuk bengkel jika olinya terkena spare part mesin yang lain.

Merawat Motor Matic

Anda disarankan untuk mengganti oli tiap tiga bulan sekali, atau jika sudah menempuh jarak 3 ribu kilometer. Penggantian oli alangkah lebih baik dilakukan oleh pihak yang professional, bengkel resmi adalah pilihan terbaik. Apalagi jika secara pribadi, Anda tidak bisa mengganti oli secara mandiri.

  • Perhatikan Timing Belt

Timing Belt merupakan bagian motor lain yang harus Anda rawat, sebab ia memiliki fungsi sama sepert rantai motor. Karena itu jika timing belt rusak, maka transimisi motor dan mobilitasnya akan sulit untuk dilakukan. Ia juga bisa membuat motor sulit berjalan karena ia akan menghambat roda dan mesin lainnya berputar.

Cara merawat motor matic yang timing beltnya rusak adalah menggantinya sesegera mungkin. Tanda bahwa timing belt sudah rusak adalah ia mengeras dan membuat motor matic sulit berjalan. Penggantian timing belt tidak membutuhkan biaya yang besar, walau begitu Anda tetap harus merawatnya dengan baik.

  • Servis Motor Berkala

Terakhir, Anda tetap harus melakukan servis motor secara berkala agar spare part yang rusak bisa ketahuan dan diganti. Meskipun sudah dirawat dengan baik, tetap penting untuk membawa motor ke bengkel untuk di sevis. Usahakan untuk melakukan servis motor di bengkel yang terpercaya dan resmi, sehingga Anda tidak mengalami kerugian karena kesalahan yang dilakukan oleh montir.

Selain melakukan tips diatas, Anda juga bisa melakukan cara lain yang lebih sederhana untuk merawat motor Anda. misalnya dengan mengisi bahan bakar jika sudah habis, sehingga mesin tetap bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk memanasi motor sebelum digunakan agar mesinnya bisa siap.

Itulah cara dan tips merawat motor matic yang bisa Anda lakukan, baik secara mandiri ataupun dengan bantuan montir bengkel.

Bagikan:

Tinggalkan komentar