Gas Brebet? Bisa Jadi Fuel Pump Kotor

Gas Brebet? Bisa Jadi Fuel Pump Kotor

Aufaproject46.com Hallo masbro para pecinta Otomotif khususnya seputar roda dua, Di masa – masa yang serba sulit ini akibat adanya pandemic Covid 19 yang melanda seluruh nusantara ini, semoga masbro sekalian dalam ke ada’an sehat ya? Kembali topik, artikel ini tentunya masih membahas tentang seputar motor khusus nya motor – Motor injeksi.

Nah, kali ini saya akan membahas soal kondisi motor matic yang terkadang cukup sulit ditebak, Mungkin dari masbro sekalian pernah mengalami saat kondisi motor matik kita di gas itu terasa brebet?

Bagi sebagian orang mungkin masalah ini terlihat cukup sepele namun ternyata timbulnya brebet pada motor matic saat di gass, pasti ada kotoran-kotoran yang menghambat pada salah satu komponen yang peranya cukup penting.

Bagi masbro yang mungkin pernah mengalami hal tersebut, lewat artikel ini kami akan berbagi tips yang mungkin bisa menjadi solusinya,

tips Ini hanya untuk motor-motor yang sudah memakai teknologi fuel injection, jika masalah mbrebet sudah menghinggapi salah satu motor masbro sekalin bisa jadi masalah tersebut karena fuel pump bermasalah,

Semua motor-motor injeksi pasti menggunakan komponen yang namanya fuel pump, Dimana komponen tersebut berfungsi menyaring dan mempompa bahan bakar yang ada di tangki ke injektor.

Nah, jika kondisi fuel pump bermasalah otomatis saluran bahan bakar akan menjadi tersendat-sendat dan tidak berfungsi seperti semestinya.

Salah satu masalah yang cukup terasa yaitu motor menjadi mbrebet tarikan gas terasa cukup berat,

Faktor-Faktor yang memincu kotornya Fuel pump,

Gas Brebet?

Salah satunya yaitu kualitas BBM yang kurang baik, saran nie jika masbro ingin mengisi bahan bakar usahakan mengisinya di SPBU, usahakan BBM tersebut memiliki Oktan yang bagus

Kotornya fuel pump bisa juga disebabkan karena kemasukan air, disinilah kita menyarankan jika mengisi bahan bakar sebisa mungkin di SPBU, karena bbm yang di jual eceran itu terkadang si pengecer kurang teliti, hal ini tidak usah di bahas lah sebab masih banyak para penjual bbm eceran itu masih menjaga kualitasnya.

Kamasukan air juga bisa disebabkan saat mungkin kita mencuci motor, atau kehujanan, sehingga kotoran tersebut akan menghambatnya semburan bahan bakar yang akan di salurkan ke injektor.

Tips Mengatasi Fuel Pump Kotor dan tersumbat

Gas Brebet?

Jika motor kalian terasa mbrebet, dan dipastikan masalah ada pada bagian fuel pump, caranya cukup simple. Kita coba bongkar saja bagian fuel pumpnya ini.

Perhatikan dulu dan ingat-ingat letak baut-bautny, jika sudah terbongkar lihat part yang harus nya berwarna putih seperti saringan teh itu, jika part tersebut berubah menjadi wara coklat artinya fuel pump tersebut kotor dan wajib di bersihkan agar bekerja seperti sedia kala,

Akan labih bagus lagi jika fuel pump tersebut diganti dengan yang baru, Harganya cukup terjangkau kok, kisaran 50ribu sudah mendapatkan part orginal pabrik

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dengan teliti dan benar namun masih mbrebet alias tidak ngefek, berarti masalah bukan dari fuel pump, bisa jadi karena busi sudah mulai minta di ganti atau ada kerusakan komponen lainya yang harus diganti.

Solusinya, kita bawa ke bengkel resmi minta dicekan dan konsultasi ke mekanik apa yang kita rasakan pada motor kita,

Selamat mencoba masbro pecinta otak atik, jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat berkendara patuhi seluruh rambu-rambu lalu lintas yang berlaku,

Keep safety first. Selalu jaga kesehatan

Bagikan:

Tinggalkan komentar