Tips Ampuh Mengenali dan Cara Membedakan Sparepart Asli Dan Palsu

Tips Ampuh Mengenali dan Cara Membedakan Sparepart Asli Dan Palsu

Sparepart Asli Dan Palsu

Tips Ampuh Mengenali dan Cara Membedakan Sparepart Asli Dan Palsu. Aufaproject46.com Hallo Sobat Otomotif, Saat ini di Indonesia banyak sekali kendaraan yang terjual baik itu mobil maupun motor. Nah dengan demikian, pastinya hal tersebut menandakan bahwa kebutuhan suku cadang akan semakin tinggi. Namun disisi lain hal tersebut di manfaatkan oleh oknum yang membuat spare part palsu dan mengaku produknya asli.

Adanya oknum tersebut tentunya sangat meresahkan dan merugikan, baik itu bagi perusahaan maupun konsumen. Bukan hanya membeli barang dengan kualitas tidak bagus, bakan kita mungkin menggunakan spare par palsu yang bisa saja akan membahayakan kita di perjalanan.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara membedakan sparepart asli dan palsu. Simak ulasannya.

1 . Kondisi Fisik & Spesifikasi Valid

Pada saat Anda henda membeli spare part, maka hal yang perlu dilakukan yaitu dengan periksa spesifikasi serta kondisi fisik dari produk yang Anda inginkan. umumnya, dalam proses pengerjaan spare part yang palsu itu tidaklah sempurna. Contohnya adalah tingkat kerapihan dari produknya.

Kemudian Anda pun bisa melakukan pemeriksaaan spesifikasi dari produk tersebut, nah supaya And yakin, Anda samakan spesifikasi produk tersebut di internet melalui situs resmi. Alasannya walaupun spare part palsu dibuat dengan mirip, nah produk itu tidak akan pernah menggunakan material yang sama juga.

2 . Perhatikan Nomor Seri & Kode

Sparepart Asli Dan Palsu

Cara membedakan sparepart asli dan palsu selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada kode serta nomor seri produk tersebut. ketahuilah bahwa setiap produk yang dijual oleh bengkel resmi itu mempunyai nomor seri tertentu. Artinya setiap nomor yang tercantum dalam satu produk tentunya akan terdaftar di katalog toko secara resmi.

Apabila Anda menemukan hal yang aneh, maka Anda perlu waspada dan pertimbangkan kembali. Walaupun demikian, bukan berarti produk palsu tidak dilengkapi dengan nomor seri, sadar maupun tidak sadar, kini tidak sedikit produk palsu yang memang sudah dilengkapi dengan nomor seri maupun kode.

Maka dari itu, Anda pun harus lebih teliti dan cek berkali kali dalam membeli sebuah produk suku cadang kendaraan. Umumnya baik dari kode maupun nomor seri pada produk palsu itu lebih mudah pudar dibandingkan yang original.

3 . Produk Bergaransi / Tidak ?

Apabila Anda sudah melakukan hal diatas tadi, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan dalah dengan memastikan bahwa produk yang akan Anda beli ini bergaransi. Pasalnya setiap suku cadang original itu memiliki garansi dan masanya pun panjang.

Secara umum, spare part kendaraan yang original atau asli itu mempunyai garansi yang diberikan secara langsung dari pihak produsen,namun berbeda dengan yang kw, garansi yang diberikan itu hanya dari toko saja dan umumnya hanya beberapa minggu maupun beberapa bulan saja.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk Anda mengenai cara membedakan sparepart asli dan palsu. Semoga dengan adanya penjelasan diatas tadi bisa bermanfaat dan juga membuat Anda lebih berhati – hati lagi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar