Tips Ampuh Agar Performa Mesin Selalu Optimal

Tips Ampuh Agar Performa Mesin Selalu Optimal

Agar Performa Mesin Selalu Optimal

Tips Ampuh Agar Performa Mesin Selalu Optimal – Aufaproject46.com Hallo masbro pecinta Otomotif, Pada sebuah mobil mesin merupakan komponen utama yang sudah menjadi keharusan untuk selalu menjaga performa mesin. Ada beberapa tahapan untuk menjaga performa mesin agar selalu optimal, mulai dari perawatan mesin yang ringan sampai perawatan mesin yang berat.

Performa mesin akan selalu terjaga dan memiliki usia yang panjang, dengan melakukan perawatan mesin. Namun disamping dengan melakukan perawatan mesin ada cara lain untuk merawat performa mesin.

Dengan begitu mobil Anda akan elalu terjaga dengan baik dari segi tenaga, komponen, tampilan sehingga mobil selalu optimal. Berikut cara agar performa mesin selalu optimal:

Gunakan Bahan Bakar Sesuai dengan Mobil

Anda dapat mengetahui bahan bakar yang tepat pada saat membeli mobil tersebut. Isilah bahan bakar yang disarankan agar performa mesin awet setiap kali mobil Anda kehabisan bahan bakar.

Bersihkan Pipa Filter

Ketika saringan kotor, proses pemfilteran oksigen akan terhambat, oleh karena itu Anda dapat membersihkan filter. Performa mesin akan menurun khususnya konsumsi bahan bakar yang boros saat terjadi kegagalan dalam proses pemfilteran udara.

 Memperhatikan Sistem Pengapian

Anda juga dapat memperhatikan sistem pengapian untuk merawat performa mesin mobil. Agar performa mesin selalu optimal, dalam proses pembakarannya sistem pengapian mobil harus tetap stabil. Mobil yang dikendarai akan terasa berat, pada saat sistem pengapian tidak stabil dan juga saat dikendarai mobil tidak terasa nyaman.

Mengurangi Beban Mobil dan Ukuran Ban

Memilih ban yang tepat merupakan cara merawat performa mesin mobil. Untuk meningkatkan performa mesin mobil ban yang disarankan penggunaannya adalah yang memiliki alur sejajar dan lurus karena akan membuat mobil dapat melaju dengan mudah di jalanan aspal dan mendapatkan traksi yang maksimal.

Agar Performa Mesin Selalu Optimal

Selain itu dalam membantu kinerja mesin dengan menggunakan ban yang seharusnya ditentukan pula dari pilihan jenis ban, ukuran velg, bahan dari velg itu sendiri yang membuat performa mesin mobil tidak memikul beban yang berat untuk memutar ban mobil.

Agar berat beban yang dipikul mobil jauh lebih ringan,  Anda bisa mengurangi beban mobil dengan mengeluarkan barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Mencuci Mobil Secara Rutin

Performa mesin mobil akan bisa turun karena kotoran dan debu yang menempel di bagian mesin menyebabkan penyumbatan. Jagalah kebersihan mobil agar performa mesin selalu optimal  dengan rajin mencucinya bisa cuci mobil sendiri atau ke bengkel.

Mengganti Knalpot

Untuk meningkatkan performa mesin mobil yaitu bisa dengan mengganti knalpot bawaan dengan knalpot baru. Jika mobil Anda memiliki tambahan supercharger, performanya jauh lebih bagus lagi.

Namun pembesaran pipa knalpot secara ekstrem dapat membuat mesin mobil berkurang karena adanya tekanan yang terlalu besar pada bagian belakang mobil sehingga performa mesin mobil justru menurun.

Servis Teratur

Anda dapat melakukan servis mobil secara keseluruhan terutama pada bagian mesin mobilnya agar dapat mengetahui kondisi mesin secara berkala dan performa mesin terjaga.

Itu dia beberapa hal agar performa mesin selalu optimal , Anda dapat mencobanya agar performa mobil Anda tetap baik.

Bagikan:

Tinggalkan komentar