Cara Kerja Mesin 4-Tak Dan 2-Tak

Cara Kerja Mesin 4-Tak Dan 2-Tak

Aufaproject46.com Hallo Masbro, Pada pembahasan artikel sebelumnya yaitu pembahasan tentang mesin SOHC dan DOHC, di dalamnya juga dibahas tentang perbandingan kinerja motor bersilinder tunggal dan ganda.

Namun pada kesempatan kali ini kami akan berganti topik pembahasan agar kalian yang membaca artikel ini bisa mendapatkan wawasan yang luas dan pastinya berguna. topik pembahasan kali ini yaitu, mengapa motor 2-tak dan 4-tak, sangat banyak peminatnya. faktor apa yang menjadikanya salah satu pilihan terbaik.

Dari tahun ketahun setiap pabrikan kendaraan bermotor pastinya selalu memberi warna baru dalam persaingan di dunia otomotif. setiap pabrikan pastinya berlomba lomba menciptkan inovasi terbaru dalam mengembangkan teknologi si roda dua ini.

Meski tiada habisnya nyatanya persaingan ini pun tetap memberikan pemandangan terbaik khusunya saya dan kalian dalam mempelajari ilmu baru.

Teknologi dari mesin 2-tak dan 4-tak sejatinya adalah proses penggerak piston pad mesin motor. mesin 2-tak memiliki cara yang cukup simpel yaitu hanya memerlukan dua langkah saja. berbeda dengan mesin 4-tak yang sedikit lebih panjang prosesnya yakni melalui empat prosesan.

Sejarah Mesin 4-Tak Dan 2-Tak

Sejarahnya mesin 2-tak ini pertama kali di ciptakan oleh salah satu ilmuan berkewarganegaraan Perancis, Etiene Lenoir.

Dari tahun ke tahun akhirnya mesin 2-tak ini sampai ke Indonesia lebih tepatnya bebarengan dengan masuknya skuter vespa yaiti pada tahun 1960an. dan di ikuti oleh motor motor pabrikan japan, yang di antaranya Suzuki A-100 di tahun 1970.

Dengan hadirnya RX-king di Indonesia akhirnya membuat mesin 2-tak semakin dikenal di masyarakat serta langsung merajai di pasaran.

Tidak hanya yamaha RX-King saja yang eksis di Indonesia pada masa itu. masyarakat juga telah mengenal Honda NSR 150, SUZUKI RGR 150 serta masih banyak lagi.

Nah itulah sejarah dari mesin2-tak, selanjutnya adalah sejarah dari mesin 4-tak. kalau mesin 2-tak di temukan oleh ilmuan asal Perancis berbeda dengan mesin 4-tak ini. yaa mesin 4-tak pertama kali di temukan oleh salah satu ilmuan Jerman, Nikolaus august otto di tahun 1862. ia sempat mengaku penemuannya ini terinspirasi dari ciptaan lenoir.

Penemuannya itu selanjutnya di tindak lanjuti dengan mendirikan engine manufacturing company N.A & Otto( sekarang di kenal dengan nama DEUTZ AG) .di koln Jerman.

Sampai saat ini mesin 4-tak lebih terkenal di bandingkan dengan 2-tak. faktornya pun beragam ada yang menyebut lebih ramah lingkungan sebab asap yang di keluarkan lebih rendah ada juga yang menyebut suara yang di hasilkan lebih halus.

Dari faktor tersebut para produsen bersaing untuk mengembangkan mesin 4-tak ini. bahkan di era saat ini mesin 4-tak dengan teknologi injeksi pun sudah ada.

Pertanyaan saya seperti apa cara kerja kedua jenis mesin motor tersebut??

Pada umumnya mesin motor akan bekerja dengan melalui empat proses yaitu hisap, komoresiy, ledak dan yang terakhir buang.

Di mesin 2-tak dari keempat proses tersebut berlangsung dalam satu putaran(360°) poros enkol. pada proses tersebut piston bekerja dengan bergerak dua kali keatas dan kebawah.

Pada saat piston bergerak keatas atau tak-1 di situ terjadi proses hisap dan ledak, dan kemudian di teruskan dengan kebawah, nah di situ proses kompresi dan pembuangan berlangsung.

Perbedaan yang lainya adalah mesin 2-tak ini lebih kecil bila di bandingkan dengan mesin4-tak, hal ini membuat rasio berat terhadap tenaganya lebih baik mesin 4-tak.

perbandingan mesin ini selaras dengan apa yang terjadi di lapangan sebab banyak orang mengatakan bahwa mesin 2-tak akselerasinya sangat responsif.

Kelemahan Mesin 4-Tak

Kelemahan mesin 4-tak sendiri terletak pada saat proses pembakaran yaitu terjadi dua putaran (720°). hasilnya pun mesin akan menjadi kurang responsif tetapi meski demikian proses pembakaran pun akan lebih efisien.

Kelebihan nya terletak pada efek yang di hasilkan yaitu meminimalisir terjadinya pembuangan asap dan tidak begitu menimbulkan banyak polusi.

Sebab hanya bensin saja yang di proses selama pembakaran. di sisi lain mesin jenis ini lebih sedikit mengeluarkan tenaga selama proses putaran.

Di mesin 4-tak juga terdapat klep yang di operasikan oleh noken as, yang tidak ada di mesin 2-tak. hal ini membuat proses pembakaran lebih sempurna.

Perlu di ketahui oli mesin 4-tak ini hanya khusus di gunakan untuk melumasi keseluruhan mesin dan transmisi.

Nah itulah tadi sedikit informasi tentang perbedaan antara mesin 2-tak dan 4-tak semuanya masing masing memiliki ciri khas masing masing ya. semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar