Mengenal Jalur Kiprok Tiger: Panduan Lengkap dengan Kode Warna Soket

admin

Mengenal Jalur Kiprok Tiger

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Honda Tiger, sepeda motor legendari yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000, memiliki basis penggemar yang kuat di Indonesia. Meskipun suku cadang untuk motor ini mungkin jarang ditemukan, proses perbaikannya mirip dengan motor Honda terbaru. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan adalah kiprok, yang berfungsi untuk mengatur arus listrik dari aki.

Dalam artikel ini, kita akan membahas semua hal yang perlu kamu ketahui tentang jalur kiprok Tiger, termasuk fungsi kiprok, kode warna soket, dan bagaimana komponen ini memastikan bahwa arus listrik ke mesin selalu konstan. Dengan informasi ini, kamu dapat memahami pentingnya kiprok dan bagaimana memperbaikinya jika terjadi masalah.

Jalur Kiprok Tiger

Kiprok: Pengendali Arus Listrik pada Sepeda Motor

Kiprok adalah komponen kelistrikan pada sepeda motor yang memiliki peran sangat penting. Kiprok berfungsi sebagai pengendali atau isolator arus listrik yang berasal dari aki. Dengan kata lain, kiprok memastikan bahwa arus keluaran listrik selalu konstan, yaitu sebesar 12V.

Ketika mesin sepeda motor menyala, elemen spul menghasilkan arus listrik yang kemudian disalurkan ke aki melalui kiprok. Kiprok berperan sebagai penyearah arus, mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC) yang dibutuhkan oleh sistem kelistrikan sepeda motor. Arus listrik ini kemudian digunakan untuk menghidupkan lampu, klakson, dan komponen listrik lainnya.

Baca Juga :   Berapa Harga Kawasaki ZX25R Bekas? Berikut Harga ZX25R Bekas

Kode Warna Soket pada Jalur Kiprok Tiger

Salah satu hal yang menarik tentang jalur kiprok Tiger adalah penggunaan kode warna pada soketnya. Setiap kabel dalam kiprok memiliki warna yang berbeda, yang membantu mengenali konektor pada motor. Berikut adalah penjelasan tentang kode warna soket dan fungsi masing-masing kabel:

1. Kabel Warna Merah

Kabel merah pada kiprok Tiger merupakan jalur positif aki. Arus listrik yang mengalir ke kiprok awalnya melewati sekring, biasanya sekring 10A, untuk melindungi sirkuit dari lonjakan arus. Soket ini berfungsi untuk memperoleh arus pengisian dari spul, mengubah tegangan, dan kemudian menyuplainya ke baterai melalui kiprok.

2. Kabel Warna Hitam

Kabel berwarna hitam pada kiprok Tiger berfungsi sebagai kabel ground untuk busi atau aki. Jalur ini memastikan bahwa tidak ada arus listrik yang mengalir di sirkuit ketika mesin tidak menyala. Penting untuk memastikan bahwa jalur ground ini terhubung dengan baik untuk mencegah masalah kelistrikan.

3. Kabel Warna Coklat

Kabel berwarna coklat pada jalur kiprok Tiger disebut sebagai ujung kabel spiral. Jalur ini dirancang untuk menyalakan lampu khusus yang awalnya berjalan melalui kiprok dan mengarah langsung ke saklar lampu. Ketika lampu menyala, kabel coklat ini dapat menghasilkan tegangan sebesar 12 hingga 14 volt.

4. Kabel Warna Putih

Barisan selanjutnya dari kiprok Tiger adalah kabel berwarna putih. Jalur ini berfungsi sebagai saluran arus pengisian dari spul yang masuk ke kiprok. Arus pengisian dibatasi sekitar 14,5V untuk mencegah pengisian berlebih yang dapat merusak komponen kelistrikan.

5. Kabel Warna Hitam pada Spul

Selain keempat kabel yang telah disebutkan, soket kiprok Honda Tiger juga memiliki satu terminal lagi dengan kabel berwarna hitam. Kabel ini menghubungkan spul ke ground, memastikan sirkuit kelistrikan sepeda motor tetap stabil dan aman.

Baca Juga :   Ukuran Diameter Klep Motor Tiger

 

Memahami Proses Perbaikan Kiprok Tiger

Penggantian kiprok Tiger tidak dapat dilakukan sembarangan. Perlu pengetahuan tentang cara penggantian dan identifikasi masalah yang tepat. Di dalam kiprok Tiger terdapat beberapa komponen elektronik yang masing-masing memiliki fungsi penting.

Jika kiprok rusak, mesin dapat mati karena kiprok berperan sebagai penghubung spul dan penyearah arus. Dalam hal ini, pemeriksaan soket kiprok sangatlah penting. Setiap konektor disambungkan ke elemen yang berbeda pada kabel kiprok Tiger, sehingga memahami kode warna soket sangatlah krusial.

Buku petunjuk perbaikan menyediakan panduan yang mudah diikuti, dengan setiap baris diberi kode warna yang sesuai dengan kabel kiprok. Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat memastikan bahwa setiap kabel terhubung ke elemen yang benar selama proses perbaikan atau penggantian kiprok.

Kesimpulan

Jalur kiprok Tiger dan kode warna soketnya adalah aspek penting dalam sistem kelistrikan sepeda motor Honda Tiger. Kiprok berfungsi untuk mengatur arus listrik dari aki, memastikan bahwa arus keluaran selalu konstan. Kode warna soket memudahkan identifikasi konektor, dengan masing-masing warna mewakili fungsi kabel yang berbeda.

Dengan memahami fungsi kiprok dan kode warna soket, kamu dapat melakukan perbaikan atau penggantian kiprok dengan lebih percaya diri. Ingatlah untuk selalu merujuk pada buku petunjuk perbaikan resmi Honda Tiger untuk informasi yang akurat dan terperinci.

 

 

Demikianlah artikel tentang Jalur Kiprok Tiger, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris  motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris  Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Baca Juga :   Review Motor Yamaha Fazzio Hybrid : Si Ramah nan Trendy

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar