Tips Agar Warna Cat Motor Tidak Cepat Pudar

admin

Tips Agar Warna Cat Motor Tidak Cepat Pudar

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif, Tips agar warna cat motor tidak cepat pudar adalah rangkuman dari beberapa sumber di internet. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa artikel yang kami buat relatif lengkap dan detail.

Seperti yang kita ketahui bersama, di zaman seperti sekarang ini, sepeda motor bukanlah barang mewah. Karena setiap orang pasti memilikinya.

Baik perkotaan atau pedesaan, setiap rumah dapat membuktikan hal ini. Sepeda motor harus diparkir. Jadi aman untuk mengatakan bahwa trik sederhana ini bisa sangat membantu.

Ini dianggap wajib saat merawat motor kesayangan Anda. Apalagi jika motor selalu dikendarai setiap hari.

Bahkan hal yang paling sederhana, seperti memanaskan mesin motor, dapat berdampak pada kinerja dan daya tahan mesin itu sendiri.

Pada saat yang sama, di sisi lain, ini tentang kebersihan bodi motor. Pasalnya, saat motor bersih dan mengkilat lebih enak dipandang dan selalu tampak seperti baru.

Selain itu, Anda akan mengendarainya dengan lebih percaya diri. Karena tampilan motor yang begitu bersih, sudah pasti mencerminkan keseharian Anda.

Agar Warna Cat Motor Tidak Cepat Pudar

Tips agar warna cat motor tidak cepat pudar

Selain menjual kebersihan sepeda motor Anda, Anda juga perlu merawat cat sepeda motor agar tidak luntur atau menjadi berkabut. FYI, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga :   Cara Ganti Oli Motor Vario

1. Pilih tempat parkir yang teduh

Sebelum Anda menyadarinya, banyak orang yang tidak mengerti bahwa sinar matahari langsung dapat memudarkan warna cat.

Hal ini dikarenakan radiasi atau panas yang dihasilkan bereaksi terhadap lapisan cat bodi motor.

Maka dengan memilih tempat parkir yang tepat, terutama di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari.

Maka Anda bisa mencegah agar warna motor tidak cepat pudar. Hasilnya, warna cat motor bertahan lebih lama dan terlihat seperti baru dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Cuci sepeda motor Anda secara teratur

Sampai pada poin yang sangat penting, pembersihan body motor secara rutin juga dapat menjaga tampilan motor tetap bersih dan tidak kusam.

Jadi setidaknya cat sepeda motor yang sedikit kusam karena kotor akan bisa mengatasinya dan kembali mengkilap seperti biasanya.

Dalam hal ini, Anda harus mencuci sepeda motor setidaknya setiap 2 minggu sekali. Dan saat membersihkan, gunakan sampo khusus yang tidak berbahaya untuk cat mobil.

Omong-omong, tidak sedikit orang yang menggunakan sabun cuci (deterjen) untuk membersihkan sepeda motornya, padahal bahan yang terkandung di dalam detergen justru membuat cat menjadi gelap dan mudah pudar.

3. Jika terjadi hujan, segera bersihkan

Jika sepeda motor Anda terkena hujan, atau hujan saat bepergian. Kemudian segera cuci atau minimal air.

Hal ini sangat penting untuk mencegah air hujan menempel pada bodi motor dalam waktu lama.

Dalam hal ini, air hujan mengandung garam yang juga bersifat korosif. Memudarnya bodi motor, bahkan membuat karat pada bagian logam pada motor.

Cara mudahnya adalah dengan membilas motor dengan air bersih dan menghilangkan sisa lumpur atau kotoran yang masih menempel pada bodi motor.

Baca Juga :   Ide Livery Motor Yamaha, Sebuah Livery 60 Tahun Yamaha MotoGP

Hindari menggosok bodi motor untuk mengeringkan hujan. Alasannya mungkin ada debu yang menempel, yang akan menyebabkan bodi tergores, tergores, dll.

4. Bersihkan motor dengan detail

Tidak banyak orang yang membersihkan motor hanya di bagian yang terlihat. Meskipun ada juga beberapa bagian logam yang pada dasarnya membutuhkan perawatan.

Untuk menjaga setiap detail bodi motor tetap bersih, Anda bisa menggunakan sikat gigi di area yang jauh dari jangkauan tangan Anda. Atau bisa juga dengan kuas kecil.

Jika memang ada sedikit sisa oli atau masih ada noda oli, Anda bisa mengelapnya dengan kain lembut yang dibasahi bensin terlebih dahulu.

5. Pemolesan motor (jika diperlukan)

Pada artikel sebelumnya, kami juga membahas peran senyawa cat otomotif. Anda bisa membacanya sebagai referensi tambahan.

Agar Warna Cat Motor Tidak Cepat Pudar

Body motor juga bisa dipoles secara berkala untuk menjaga kilap cat motor. Namun tidak secara terus menerus, karena penggunaan wax atau compound dapat menimbulkan korosi pada lapisan cat.

Jadi trik ini hanya boleh digunakan saat dibutuhkan. Jika sepeda motor hanya untuk penggunaan pribadi atau tidak ada niat untuk menjualnya, sebaiknya jaga kebersihannya.

6. Gunakan penutup atau kap sepeda motor

Untuk perlindungan motor yang maksimal dari debu atau sinar matahari, mungkin cover motor akan sangat membantu dalam meminimalisir proses lunturnya cat.

Meskipun cukup sederhana, penggunaan penutup ini cukup kuat. Terutama saat menyimpan motor.

Tidak perlu membeli selimut karena Anda bisa memaksimalkan alternatif, seperti seprai yang tidak terpakai atau lainnya.

Mungkin itu saja tips yang bisa kami sampaikan agar warna cat motor tidak cepat pudar. Semoga bisa membantu menjadi refrensi.

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar