Penyebab Umum Kerusakan Aki Mobil

Aufaproject46.com – Hallo Masbro, Motor Ataupun Mobil memerlukan aki supaya dapat menyala dan kemudian melaju. Lampu serta bagian-bagian listrik lainnya memerlukan aki sebagai penyedia primer agar dapat beroperasi.

Jadi seandainya aki mobil mengalami kerusakan, tentu bakal sangat mempengaruhi rasa nyaman ketika berkendara. Selain itu, aki yang telah rusak atau tidak bisa digunakan membuat mobil jadi tidak dapat dinyalakan, serta beberapa komponen lain tidak mampu menjalankan fungsi dengan optimal.

Ads
Accessories Motor Murah & Berkualitas!
2020 (C) Accessories Motor Aufa Project
Harga diskon untuk Anda pengunjung blog Aufa Project ! Spakboard depan, winshield, cover lampu, cover radiator dan banyak accessories motor lainnya.
Yuk, modif motor Anda menjadi keren bersama Aufa Project !

Dan pastinya, kamu tidak mau Motor atau mobil tiba-tiba mogok dan tidak bisa digunakan saat melakukan aktifitas sehari-hari seperti berangkat kerja dan sejenisnya. Oleh karenanya,

menjaga aki supaya tetap dalam kondisi prima merupakan hal yang harus kamu lakukan. Secara umum ada dua metode untuk melakukannya, yakni melakukan perawatan dan menghindari hal-hal yang berisiko tinggi menyebabkan kerusakan aki.

Namun, untuk pembahasan kali ini kita hanya fokus kepada penyebab umum kerusakan aki. Masbro bisa menemukan apa saja alasannya pada poin-poin di bawah ini. Selamat membaca.

aki cepat rusak

  • Motor Ataupun Mobil Jarang Dipakai

Salah satu hal yang membuat aki motor atau mobil rusak adalah karena mobil jarang dipakai. Hal ini terjadi karena aki tidak memperoleh pasokan arus listrik yang memadai sehingga menyebabkan kapasitas aki kurang maksimal.

Oleh sebab itu, kamu harus memakai mobil untuk melancong paling tidak satu kali setiap minggu supaya aki selalu memperoleh pasokan arus listrik yang maksimal. Hal ini tentu akan berdampak pada masa pakai yang lebih lama.

Penyebab umum kerusakan aki berikutnya adalah motor atau mobil terlalu sering dipakai. Motor yang dipakai terlalu sering memerlukan daya listrik yang lebih besar, dan itu menyebabkan aki bekerja ekstra.

Baca Juga :   Cara Servis Piston Sepeda Motor

Hal ini secara otomatis akan berpengaruh pada batas usianya. Seluruh onderdil  mobil atau motor memang memiliki batas usia, dan itu bakal lebih cepat habis jika dipakai terlalu sering.

  • Air Aki Habis

Salah satu nilai plus dari aki mobil bertipe basah adalah dapat diisi ulang. Akan tetapi, tidak jarang pemilik aki bertipe ini lupa melakukan pemeriksaan secara rutin, dan tiba-tiba menyadari kalau air aki sudah habis.

Jika ini terjadi, tentu akan membuat aki tidak dapat beroperasi secara normal. Seandainya kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka tidak lama kemudian pasti aki akan rusak.

Penyebab umum kerusakan aki berikutnya adalah kapasitas aki. Alangkah baiknya kalau kita tidak memilih kapasitas aki secara asal. Jadi pilih kapasitas aki sesuai dengan kebutuhan listrik yang ada pada mobil kita.

Jika aki yang dipakai memiliki kapasitas terlalu kecil, maka bisa menyebabkan aliran listrik terkumpul lebih banyak. Hal ini tentu mengakibatkan batas usia pakai aki jadi berkurang.

aki soak

  • Usia Aki

Usia mobil cenderung berbanding lurus dengan usia aki mobil. Semakin bertambah usia aki, menyebabkan kemampuan menyimpan daya aki terus berkurang.

Dengan begitu, kamu wajib membeli aki baru yang masih belum rusak. Sedikitnya kamu harus mengganti aki mobil setiap dua hingga tiga tahun sekali. Jika melakukan itu, kemungkinan besar mobilmu dapat terhindar dari hal-hal tidak mengenakkan seperti mogok.

Itulah penyebab umum kerusakan aki mobil ataupun aki motor yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga aki mobilmu ataupun aki motormu bisa lebih awet. Semoga beruntung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here