Solusi Menjaga Tahanan Lampu Motor Agar Tidak Putus

Menyalakan lampu motor saat berkendara selain untuk keselamatan juga untuk menaati peraturan lalu lintas. Setiap lampu mempunyai tahanan atau hambatan untuk mengatur arus listrik yang masuk. Namun jika sering mengalami lampu motor putus mungkin terdapat permasalahan pada motor yang perlu diperbaiki. Ada beberapa cara menjaga tahanan lampu motor agar tidak putus. 

Tahanan pada lampu berfungsi untuk menjaga keseimbangan tegangan listrik yang mengalir pada lampu. Dengan demikian lampu dapat menyala terang dan tidak mengalami korsleting. Namun ada beberapa kondisi yang membuat pengguna mengubah tahanan pada motor untuk mendapatkan lampu yang lebih terang padahal haL tersebut juga berdampak pada usia lampu. 

Penyebab Lampu Motor Mudah Putus

Lampu depan motor sangat penting untuk membantu penerangan dalam berkendara. Oleh karena itu jika lampu sering putus berarti ada kesalahan pada lampu motor tersebut. Mengetahui penyebab lampu putus juga penting, ini dia beberapa penyebab lampu motor mudah putus:

1. Kabel Konslet

Penyebab lampu sering putus yang pertama adalah karena adanya korsleting pada kabel yang mengarah ke lampu. Hal tersebut terjadi apabila salah dalam pemasangan kabel. Oleh sebab itu pastikan untuk memasang kabel lampu dengan benar agar tidak mengalami konslet dan menyebabkan lampu putus. 

2. Kiprok Rusak

Kiprok berfungsi untuk menstabilkan arus listrik ke lampu. Kerusakan kiprok dapat menyebabkan tahanan lampu motor putus. Sebab arus listrik berlebih yang dialirkan ke lampu akan menyebabkan lampu menjadi overcharge dan putus. 

Cara menjaga tahanan lampu motor agar tidak putus karena kerusakan kiprok adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan pada kabel-kabel kelistrikan di motor. Dengan melakukan pemeriksaan rutin maka dapat meminimalisir masalah lampu putus. Jika tidak bisa melakukan analisis kerusakan sendiri sebaiknya datangi bengkel untuk mengganti komponen kiprok yang rusak. 

3. Sistem AHO

Penyebab lampu motor mudah putus juga bisa disebabkan oleh sistem automatic headlight on. Sistem ini biasanya ditemukan pada motor-motor keluaran baru. Cara kerjanya adalah membuat lampu selalu menyala ketika mesin dinyalakan. Hal tersebut membuat usia lampu menjadi lebih pendek sebab lampu selalu menyala.

Solusi Agar Lampu Motor Tidak Mudah Putus

Lampu motor yang mudah putus disebabkan oleh beberapa hal di atas. Mulai dari adanya kelebihan tegangan hingga penggunaan sistem AHO pada lampu motor yang membuat lampu selalu menyala saat mesin motor dinyalakan. Untuk mengatasi lampu motor yang mudah putus ini simak ulasan berikut:

1. Mengganti Kiprok

Kiprok yang berfungsi untuk mengatur tegangan apabila rusak dapat menyebabkan lampu menjadi putus.  Kerusakan kiprok motor dapat menyebabkan tahanan lampu motor menjadi tidak seimbang. Tahanan atau hambatan pada lampu motor yang kecil akan membuat tegangan pada lampu menjadi lebih besar. 

Hal tersebut biasanya dilakukan untuk menyiasati agar lampu motor menjadi lebih terang. Namun hal tersebut juga berisiko membuat lampu menjadi lebih panas dan mudah putus sebab tegangan yang terlalu tinggi. Oleh karena itu untuk mengatasinya sebaiknya ganti kiprok motor apabila dirasa sudah rusak. 

2. Mengganti Lampu Asli Pabrik

Menggunakan lampu motor yang asli dari pabrik dapat menjadi solusi untuk menjaga tahanan lampu motor agar tidak putus. Lampu yang asli ini juga lebih terang dan tahan lama. Dengan demikian tidak perlu melakukan modifikasi lagi untuk membuatnya lebih terang. 

Untuk menjaga lampu motor tetap menyala dengan baik sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin. Namun jika tidak bisa memeriksanya sendiri sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung ke bengkel saja. Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab lampu motor mudah putus serta solusi untuk menjaga tahanan lampu motor agar tidak putus.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar