Apa Pentingnya Melakukan Skir Klep Motor? Yuk Simak!

Mendengar istilah skir klep motor mungkin masih terasa awam bagi para pengguna motor. Padahal klep motor merupakan komponen yang cukup penting pada motor 4 tak. Klep motor ini tidak dimiliki oleh motor 2 tak. Semua komponen kendaraan bermotor saling berkaitan untuk menjaga performa motor yang digunakan termasuk komponen kecil seperti klep.

Klep motor adalah komponen kecil pada motor yang berfungsi sebagai pintu masuknya bahan bakar dan keluarnya limbah yang merupakan sisa pembakaran. Adanya kerusakan klep motor akan menyebabkan performa motor menjadi menurun. Berikut ini adalah beberapa ciri klep motor yang perlu diperbaiki:

Ciri Klep Motor yang Perlu Diperbaiki

Menyetel ulang klep motor dengan cara skir klep motor perlu dilakukan jika klep sudah tidak dalam kondisi yang bagus. Perawatan komponen kecil seperti klep ini juga penting dilakukan agar performa motor tetap prima. Untuk mengetahui kondisi klep motor berikut ini ada beberapa ciri yang dapat diperhatikan:

1. Munculnya Suara Aneh Pada Mesin

Klep yang sudah tua dan memiliki intensitas pemakaian yang tinggi akan menyebabkan klep mengalami pelebaran ataupun pengikisan. Salah satu tanda yang bisa diketahui dengan mudah adalah munculnya bunyi yang tidak biasa seperti benda logam yang saling bertubrukan pada saat mesin dinyalakan. Untuk itu perlu pemantauan apabila kendaraan sering digunakan.

2. Tarikan Gas Terasa Lebih Berat

Ciri kedua klep motor perlu diperbaiki adalah tarikan gas menjadi terasa lebih berat. Hal tersebut sebab kinerja mesin sudah tidak stabil dan optimal. Namun gejala ini tidak hanya disebabkan oleh klep saja namun bisa jadi ada kerusakan yang lain juga.

Apa Itu Skir Klep motor?

Permasalah di atas dapat terjadi sebab klep sudah tidak terpasang rapat lagi dengan sitting-nya. Hal tersebut menyebabkan kebocoran dan membuat motor menjadi tidak optimal lagi serta boros bensin. Bagian klep yang bengkok dan tidak rapat ini perlu diperbaiki yaitu dengan melakukan skir klep.

Lantas apa itu skir klep motor? Jadi, skir klep adalah mengikis sedikit bagian sitting klep dengan menggunakan bagian payung klep untuk membuat permukaan klep menjadi sama sama rata sehingga dapat terpasang kembali dengan sempurna. Hal tersebut bertujuan agar tidak lagi terjadi kebocoran pada ruang pembakaran. Untuk melakukan skir klep simak cara berikut:

1. Menggunakan Cara Konvensional

Cara konvensional untuk melakukan skir klep adalah dengan menggunakan tangan. Cara ini dilakukan dengan menggesek secara manual payung klep dengan menggunakan amril. Namun cara yang satu ini membutuhkan waktu pengerjaan yang lama dan kesabaran ekstra.

2. Menggunakan Bor

Melakukan skir klep dengan menggunakan bor memang lebih cepat dan menghemat tenaga. Tetapi harus berhati-hati dalam melakukannya agar tidak menggerus bagian klep terlalu banyak. Jika hal tersebut terjadi maka klep harus diganti baru sebab tidak bisa digunakan lagi.

Perawatan Klep

Bagi motor yang sudah berusia tua dan memiliki jam terbang tinggi masalah klep ini lumrah terjadi. Namun untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi baik bisa dilakukan dengan cara menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kompresi motor. Tujuannya agar tidak menyebabkan kerak dan membuat kebocoran pada klep.

Apabila didapati klep sudah tidak rapat lagi, bisa dilakukan skir klep sendiri. Namun hal tersebut harus dilakukan dengan presisi agar klep dengan sitting-nya dapat terpasang rapat kembali. Namun jika tidak bisa sebaiknya lakukan skir klep motor di motor atau bahkan mengganti klep motor sekaligus agar meningkatkan performa motor.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar