Cara Cek Radiator Motor Yang Bermasalah Atau Rusak

Cara Cek Radiator Motor Yang Bermasalah Atau Rusak

Aufaproject46.com – Hallo sobat Otomotif, Salah satu bagian penting dari sepeda motor yang menggunakan sistem pendingin cair adalah radiator. Fungsi komponen ini tidak dapat digantikan oleh komponen lain, karena perannya sangat penting.

Cara Cek Radiator Motor

Radiator sendiri berfungsi untuk membuang panas dari mesin, yang dibawa oleh air pendingin dan mengalir melalui masing-masing sirip radiator, dan dibantu oleh kipas untuk pendinginan yang lebih maksimal.

Jika ada masalah dengan radiator ini, pasti sangat berbahaya bagi mesin karena akan menyebabkan panas berlebih (overheat).

Ketika ada masalah dengan heatsink, karakteristik biasanya ditunjukkan. Mulai dari sirip radiator yang rusak menyebabkan saluran pendingin tersumbat, termostat tidak berfungsi, tekanan tutup radiator lemah, saluran radiator tersumbat, selang radiator rapuh, dan kipas radiator tidak berfungsi.

Jika karakteristik di atas terjadi, maka radiator harus segera diperiksa sebelum mesin mengalami overheat, yang ditunjukkan dengan lampu indikator suhu mesin pada panel instrumen.

Berikut cara memeriksa kondisi radiator:

Cara Cek Radiator Motor

1. Periksa kondisi sirip – sirip radiator, jika kotor segera bersihkan.

2. Periksa ketinggian air radiator di tangki penyimpanan air, jika tidak cukup, tambahkan cairan pendingin.

3. Periksa selang dan saluran radiator dari kebocoran.

4. Periksa apakah warna air radiator sudah berubah.

5. Periksa kondisi tutup radiator, apakah tertutup rapat, apakah ada kebocoran air, dan apakah ada deformasi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa kondisi radiator motor yang rusak.

Namun jika tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya segera bawa motor ke bengkel terdekat agar bisa ditangani oleh ahlinya.

Nah agar sirip radiator tidak mudah penyok gunakanlah cover radiator yang berkualitas usahakan bagian kisi-kisi tutup radiator sudah menggunakan jaring agar mengurangi hantaman krikil saat melintas di jalanan yang rusak.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/