back to top
Senin, Juli 15, 2024
BerandaRIVIEWSekring Motor Sering Putus? Ini Bukan Hanya Karena Korsleting, Lho!

Sekring Motor Sering Putus? Ini Bukan Hanya Karena Korsleting, Lho!

Sekring Motor Sering Putus? Ini Bukan Hanya Karena Korsleting, Lho!

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, sobat motor! Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Kali ini, saya akan membahas tentang salah satu masalah yang sering dialami oleh motor kalian, yaitu sekring yang sering putus. Tahukah kalian apa itu sekring dan apa penyebabnya? Jika belum, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sekring Motor Sering Putus

Apa Itu Sekring dan Fungsinya?

Sekring adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pengaman arus listrik pada motor. Sekring berbentuk seperti batang kecil yang terbuat dari logam atau kawat yang mudah putus jika terkena arus listrik yang berlebihan. Sekring biasanya terletak di dekat aki atau baterai motor, dan terhubung dengan berbagai komponen listrik, seperti lampu, klakson, starter, dan lain-lain.

Fungsi sekring adalah untuk melindungi komponen listrik dari kerusakan akibat arus listrik yang berlebihan. Jika ada arus listrik yang berlebihan, sekring akan putus dan memutuskan aliran listrik ke komponen yang bersangkutan. Dengan begitu, komponen listrik tidak akan terbakar atau rusak. Sekring juga dapat mencegah terjadinya korsleting listrik, yaitu hubungan singkat antara dua kabel yang berbeda tegangan.

Apa Saja Penyebab Sekring Motor Sering Putus?

Sekring motor sering putus bukan hanya karena korsleting listrik, lho! Ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan sekring motor sering putus, antara lain:

  • Arus listrik yang tidak stabil. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan tegangan listrik yang tiba-tiba, misalnya saat motor kalian dihidupkan atau dimatikan, saat motor kalian melaju dengan kecepatan tinggi, atau saat motor kalian mengalami goncangan. Perubahan tegangan listrik yang tiba-tiba dapat membuat sekring motor kalian tidak tahan dan putus.
  • Kualitas sekring yang buruk. Hal ini dapat terjadi karena adanya sekring yang palsu, rusak, atau tidak sesuai dengan spesifikasi motor kalian. Sekring yang palsu, rusak, atau tidak sesuai dapat membuat sekring motor kalian mudah putus, karena tidak dapat menahan arus listrik yang masuk. Jika kalian ingin mengganti sekring motor kalian, pastikan untuk membeli sekring yang asli, berkualitas, dan sesuai dengan spesifikasi motor kalian.
  • Modifikasi motor yang sembarangan. Hal ini dapat terjadi karena adanya penambahan atau pengurangan komponen listrik pada motor kalian, misalnya lampu LED, lampu strobo, klakson tambahan, atau aksesori lainnya. Modifikasi motor yang sembarangan dapat membuat sekring motor kalian sering putus, karena beban listrik yang ditanggung oleh sekring menjadi bertambah atau berkurang. Jika kalian ingin modifikasi motor kalian, pastikan untuk menghitung dengan benar beban listrik yang dibutuhkan oleh komponen yang kalian tambahkan atau kurangi, dan sesuaikan dengan kapasitas sekring motor kalian.
Baca Juga :   Harga Ban Tubeless Honda Vario: Apa Saja Pilihannya?

Bagaimana Cara Mendeteksi Sekring Motor Putus?

Jika sekring motor kalian putus, biasanya akan ada beberapa tanda yang dapat kalian lihat, antara lain:

  • Komponen listrik tidak berfungsi. Hal ini menunjukkan bahwa sekring yang terhubung dengan komponen listrik tersebut telah putus, sehingga aliran listrik terputus. Komponen listrik yang tidak berfungsi dapat berupa lampu, klakson, starter, atau lainnya. Jika kalian menemukan komponen listrik yang tidak berfungsi, segera cek kondisi sekring motor kalian.
  • Bau hangus atau asap. Hal ini menunjukkan bahwa sekring yang putus telah menyebabkan korsleting listrik, sehingga kabel atau komponen listrik menjadi panas dan terbakar. Bau hangus atau asap dapat berasal dari dekat aki, baterai, atau komponen listrik yang terbakar. Jika kalian mencium bau hangus atau melihat asap, segera matikan kontak motor kalian dan lepaskan kabel yang terbakar.
  • Aki atau baterai soak. Hal ini menunjukkan bahwa sekring yang putus telah menyebabkan arus listrik yang berlebihan keluar dari aki atau baterai, sehingga aki atau baterai menjadi lemah dan tidak dapat menyimpan listrik. Aki atau baterai soak dapat membuat motor kalian susah hidup, karena tidak ada listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan mesin. Jika kalian merasa aki atau baterai motor kalian soak, segera cek kondisi sekring motor kalian.

Sekring Motor Sering Putus

 

Bagaimana Cara Merawat Sekring Motor Agar Tidak Sering Putus?

Jika kalian tidak ingin sekring motor kalian sering putus, maka kalian harus merawatnya dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk merawat sekring motor agar tidak sering putus:

  • Rutin servis motor di bengkel resmi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua komponen motor kalian, termasuk sekring, berada dalam kondisi yang baik. Servis motor secara rutin juga dapat mencegah terjadinya masalah yang lebih besar pada motor kalian. Jangan lupa untuk selalu meminta bukti servis dan garansi dari bengkel resmi kalian.
  • Hindari modifikasi motor sembarangan. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan antara sekring dan komponen listrik lainnya. Modifikasi motor sembarangan dapat mengganggu kinerja sekring, karena sekring tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Jika kalian ingin modifikasi motor, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahlinya dan menggunakan komponen yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi sekring kalian.
  • Hindari kontak dengan air atau kelembaban. Hal ini penting untuk menjaga sekring tetap kering dan bersih. Kontak dengan air atau kelembaban dapat menyebabkan sekring mengalami korosi atau karat, sehingga kualitasnya menurun. Jika kalian sering melewati jalan yang basah atau banjir, pastikan untuk mengeringkan sekring motor kalian setelah sampai di tujuan.
  • Hindari korsleting listrik. Hal ini penting untuk menjaga sekring tetap aman dan utuh. Korsleting listrik dapat menyebabkan sekring terbakar atau rusak, sehingga motor kalian tidak dapat berfungsi sama sekali. Jika kalian mendeteksi adanya korsleting listrik pada motor kalian, segera matikan kontak dan lepaskan kabel yang terhubung dengan sekring.
Baca Juga :   Pemilihan Oli Suzuki Satria Fu Yang Tepat Mengoptimalkan Kinerja Mesin

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang sekring motor sering putus dan penyebabnya. Sekring adalah alat yang berfungsi sebagai pengaman arus listrik pada motor. Sekring dapat sering putus karena berbagai faktor, seperti arus listrik yang tidak stabil, kualitas sekring yang buruk, atau modifikasi motor yang sembarangan. Jika sekring putus, maka motor kalian akan mengalami berbagai masalah, seperti komponen listrik tidak berfungsi, bau hangus atau asap, atau aki atau baterai soak. Untuk mencegah sekring sering putus, kalian harus merawatnya dengan baik, seperti rutin servis motor di bengkel resmi,

Demikianlah artikel tentang Sekring Motor Sering Putus?, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments