Sejarah Lahirnya Honda Megapro di Indonesia, motor favorit para penggemar Herex

Sejarah Lahirnya Honda Megapro di Indonesia, motor favorit para penggemar Herex

Aufaproject46.com – Awalnya sebagai pengganti Honda GL Pro
Karyanya digantikan oleh Honda Verza
Saat ini, Ternd modifikasi bernama Herex sedang populer di Jawa Timur. Motor sport Honda lawas telah dirombak agar terlihat lebih kece “sebagaimana adanya”, tetapi tampilannya berbeda. Salah satu motor yang menjadi incaran para penggemar Herex adalah Honda Megapro.

Itu karena salah satu syarat modifikasi Herex adalah mesin yang masih mengandalkan AC. Kesan padat karena kisi udara.

Dengan proses modifikasi, tampilan “motor bapak” Honda Megapro juga disulap menjadi “anti-gentleman”, menggunakan ban “cacing” dan knalpot Brong.

Kembali ke Honda Megapro, motor ini diperkenalkan pada tahun 1999 untuk menggantikan sosok Honda GL Pro Neotech yang sudah ada sejak akhir tahun 80-an.

Meski penampilannya berubah dengan kesan mendekati Honda Tiger, mesinnya tetap menggunakan seri Neotech. Sejak 1999, mesin 160 cc bertahan hingga 2010. Baru pada tahun 2010 ia berkembang dan mengarah ke basis sepeda motor India.

Tentu menarik untuk ditelaah silsilah sepeda motor generasi ke-4 dengan umur 19 tahun. Model apa saja yang ada?

Sejarah Lahirnya Honda Megapro di Indonesia
Sejarah Lahirnya Honda Megapro di Indonesia

Honda Megapro ‘Hiu’ generasi pertama

Honda Megapro mulai bekerja pada tahun 1999 dengan mengusung lampu depan bulat dan lampu sein dari Honda Tiger. Hanya saja bagian depan departemen tank lebih tajam bentuknya.

Namun, moniker “hiu” Honda Megapro sebenarnya berasal dari bagian belakangnya yang tajam, seperti hidung ikan hiu pemangsa. Desainnya sendiri didasarkan pada Honda CB400 Super Four.

Di rilis perdana kali ini, Honda Megapro dan Honda Tiger, dan tentunya Honda GL-Pro punya banyak alternatif. Misalnya knalpot bisa diganti dengan Honda Tiger. Dan bagian mesinnya sama persis dengan Honda GL-Pro.

Itu karena basis mesinnya sama, 156,7 cc, berpendingin udara, satu silinder, OHC, 4-tak, 14,9 PS pada 8.500 rpm dan torsi 12,7 Nm pada 6.500 rpm.

Motor ini sering digunakan sehari-hari oleh para pekerja karena irit dan memiliki tangki bahan bakar yang besar yakni 8 liter. Namun, fitur-fitur tersebut masih standar, yakni rem cakram depan dan tromol belakang serta roda spoked.

Versi yang diperbarui dari tahun 2002 dilengkapi dengan starter listrik setelah menggunakan sistem kik-start untuk waktu yang lama. Begitu juga dengan versi cross-rim.

Sejarah Lahirnya Honda Megapro di Indonesia

Honda Megapro ‘Primus’ generasi ke-2

Pada tahun 2006, PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda Megapro generasi kedua. Pada versi ini, tampilannya masih mengacu pada desain Honda CB400 super four, termasuk dual shock absorber di belakangnya.

Spesifikasi mesin tetap sama seperti sebelumnya. Namun, ada revisi desain pada bodywork belakang. Grafik stiker tidak seramai dulu.

Warnanya lebih solid, memberikan kesan gagah. Desain knalpot baru dengan pelindung panas dan velg kini menjadi standar.

Julukan Megapro “Primus” berasal dari duta merek yang ditunjuk saat itu, aktor Primus Yustisio.

All New Honda Megapro

Seperti namanya, evolusi ini tercermin pada generasi ketiga Honda Megapro. Dijuluki Honda New Megapro, desain dasar dan mesinnya diambil dari India, Honda CB Unicorn Dazzler di India.

Model yang dirilis tahun 2010 ini menggunakan mesin 150 cc XRP (X-tra Responsive Performance Engine), menggantikan mesin 160 cc dari GL-Pro sebelumnya. Mesin tersebut menghasilkan 13,7 PS pada 8.500 rpm dan torsi 12,5 Nm pada 6.500 rpm.

Honda New Megapro tampil keren dengan lampu depan bersudut tajam. Lalu ada pelindung tangki bahan bakar besar, suspensi belakang monoshock dan rem cakram di kedua roda. Model ini juga tercatat sebagai Honda Megapro pertama yang menggunakan kombinasi speedometer analog dan digital.

Honda New Megapro FI

Pembaruan seri Honda Megapro berlanjut di tahun 2014. Keberadaannya dipicu oleh tren mesin jet yang mulai menyerbu di awal tahun 2010-an.

Detail internal mesin tetap tidak berubah, termasuk volume. Hanya saja sistem karburator sebelumnya sudah diubah menjadi PGM FI injeksi. Tenaga sekarang 13,3 PS dan torsi 12,3 Nm.

Desain bodi belakang tidak banyak berubah. Namun desain ulang terlihat dari bodi tengah pelindung tangki bahan bakar dan penutup baterai. Dan lekukan pada kap lampu depan juga berbeda.

Sayangnya, Honda Megapro FI adalah penutup untuk model ini. Produk ini dihentikan pada tahun 2018. Pasalnya AHM hanya fokus pada dua sport telanjang 150 cc. Yakni CB150R Street Fire dan Honda Verza 150 yang lahir pada 2013.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/