Ragam Istilah MotoGP yang Sebaiknya Anda Pahami

Ragam Istilah MotoGP yang Sebaiknya Anda Pahami

Istilah MotoGP
Beragam Istilah MotoGP

 Aufaproject46.com Hay sobat motoGPMenyukai balapan tentu membuat Anda harus mengetahui seluk beluk dunia tersebut. Salah satunya adalah tentang ajang balap ternama yakni MotoGP. Banyak orang yang menonton acara MotoGP ini karena seru melihat peserta yang memacu kecepatan sepeda motor mereka sampai garis finish.

Adapun dalam dunia MotoGP ini juga ditemukan banyak sekali istilah yang harus Anda pahami. Hal itu agar Anda tidak bingung saat menontonnya, terutama jika Anda masih baru menyukai hal-hal tentang balapan. Berikut ada beberapa istilahnya yang bisa Anda pelajari.

  1. High Speed Corner, adalah istilah yang dipakai untuk tikungan yang bisa pebalap lalui dengan kecepatan tinggi.
  2. Apex, sebuah istilah untuk menunjukkan titik paling rapat pada sebuah tikungan. Titik yang dimaksud ini biasa dilewati para peserta balapan sebelum kemudian keluar dari tikungan dan melakukan akselerasi.
  3. Dry Race, istilah untuk permukaan lintasan yang kering.
  4. Wet Race, istilah pada permukaan lintasan yang basah. Ada ban khusus yang biasanya dipakai untuk lintasan basah maupun kering.
  5. Chicane, ini adalah istilah bagi lintasan yang membentuk huruf S dan berada di trek lurus dan juga straight.
  6. Chamber, kata yang digunakan sebagai istilah untuk lintasan miring.
  7. Pit Crew, dari namanya tentu Anda sudah tahu bahwa istilah ini adalah kru mekanik, asisten dan manajemen tim yang lain.
  8. Pit Lane, istilah ini dipakai untuk lajur akses yang biasa berbatasan dengan main straight sirkuit dan kerap kali berada pada pit-box dan sirkuit.
  9. Pit-box, merupakan istilah untuk garasi sementara yang mempunyai akses terhadap pit lane dan desainnya ditujukan untuk satu tim yang berpartisipasi.
  10. Pole Position, sebutan bagi posisi awal pebalap yang mencatat waktu paling cepat saat sesi kualifikasi, sehingga pebalap yang meraih posisi ini boleh berada di urutan paling depan saat memulai ajang balapan.
  11. Rookie, ini adalah istilah atau sebutan bagi para pebalap yang masih baru mulai berkompetisi pada tahun pertama.
  12. Wheelie, istilah ini adalah semacam atraksi atau akrobat yang kerap dilakukan oleh para pemain ketika mereka berhasil memenangkan pertandingan. Di mana aksi ini menunjukkan ban depan yang terangkat dikarenakan akselerasi keras dan juga pelepasan kopling yang cepat.
  13. Free Practice yakni sebutan bagi sesi latihan bebas, ini biasanya dilakukan sehari sebelum tiba babak kualifikasi.
  14. Warm Up merupakan istilah untuk sesi pemanasan yang dilakukan beberapa jam sebelum pertandingan.
  15. Warm Up Lap, sesi pemanasan satu kali putaran sebelum balapan benar-benar dimulai.

Itulah beberapa istilah MotoGP yang sering kali kita dengar. Sebenarnya ada banyak lagi istilah lainnya yang harus Anda pahami. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang masih pemula memahami ajang balapan MotoGP ini.

Bagikan:

Tinggalkan komentar