Penyebab Mobil Carry Susah Hidup Dan Cara Mengatasinya

Bagi pemilik kendaraan roda empat, pasti tidak jarang menemukan kendaraan ini susah untuk dinyalakan. Tidak hanya mobil Carry, beberapa mobil juga sering mengalami hal serupa. Namun kali ini akan dibahas mengenai penyebab mobil carry susah hidup, serta akan dipaparkan juga cara mengatasinya.  Berikut ulasan lengkapnya :

Penyebab Mobil Carry Susah Hidup

Adapun mobil yang susah untuk dihidupkan bukan tanpa alasan. Pasalnya mobil tersebut sering mengalami susah nyala karena ada kesalahan atau gangguan pada mesin dan lain-lain. Maka dari itu berikut akan dijelaskan penyebab mobil carry susah hidup:

1. Aki Yang Melemah 

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab mobil Carry susah hidup adalah kondisi aki yang melemah karena habis . Namun, ini juga sering menjadi alasan banyak mobil yang mengalami gangguan susah nyala. Maka pemiliki bisa mengecek apakah starter hanya berputar pelan. 

Jika starter hanya berputar pelan maka bisa jadi hal ini karena alasan aki atau baterai yang habis. Pemilik bisa memastikan dengan mengecek pada bagian voltmeter atau multimeter. Aki menjadi salah satu sumber energi dari mobil sehingga jika bagian ini habis, maka jelas akan mempengaruhi kinerja mesin. Jadi ketika arus listrik tidak ada, maka akan membuat mobil sering mogok.

2. Pompa Bensin Bermasalah

Selanjutnya yang bisa menjadi penyebab mobil sulit dinyalakan adalah saat pompa bensin bermasalah. Hal ini terjadi saat lemahnya pompa sehingga membuat bensin dari tangki menuju karburator akan terganggu. Sudah tentu, saat bensin tidak bisa menuju karburator maka mesin juga tidak akan maksimal dalam kinerjanya.

3. Bagian  Switcher Starter  yang Berkarat

Selanjutnya yang bisa menjadi penyebab mobil Carry susah hidup adalah saat bagian Switcher stater ini mengalami masalah. Adapun masalah yang sering terjadi adalah bagian ini mengalami perkaratan maupun kondisi yang sudah aus. Maka dari itu, pemilik harus memberikan perhatian yang ekstra.

4. Permasalah pada Bagian Busi

Bukan hanya beberapa masalah yang disebutkan diatas, ada permasalahan lain yang bisa karena disebabkan adanya gangguan pada Busi. Pada bagian ini masalah yang sering dijumpai disebabkan karena adanya kotoran yang menumpuk. Selain itu bisa juga karena adanya celah yang terlalu rapat maupun longgar. Sehingga mesin mobil akan lebih sulit saat di starter.

5. Karburator Rusak

Selain permasalahan yang disebutkan diatas yang bisa membuat mesin susah dinyalakan adalah Karburator Rusak dan bermasalah. Sehingga pembakaran tidak sempurna. Jika mobil yang digunakan merupakan mobil keluaran lama. Maka biasanya akan menggunakan sistem karburator ini dan bagian ini memang rawan mengalami kerusakan. 

Cara Mengatasi Mobil Carry Yang Susah Hidup

Setelah mengetahui beberapa penyebab mengapa mobil carry yang susah hidup. Maka pemilik bisa mengatasi masalah tersebut. Pertama jika penyebabnya karena aki habis maka bisa dengan membelikan aki baru. Namun jika penyebabnya adalah busi yang kotor maka bisa dilakukan pembersihan bagian tersebut. 

Sedangkan jika bagian Switcher starter yang aus atau berkarat maka pemilik bisa memberikan oli atau pelumas di bagian tersebut. Begitu pula saat pompa bensin yang sudah lemah maka bisa dengan membawa mobil tersebut pada yang ahlinya. Namun biasanya pemilik akan diminta untuk melakukan penggantian mesin tersebut jika diperlukan. 

Demikian itu penyebab mobil Carry susah hidup dan mobil lain  yang mengalami hal serupa. Selain itu juga telah dijelaskan cara mengatasinya berikut ulasannya. Jadi, pengguna bisa lebih bisa mengatasi hal tersebut dengan tenang tanpa panik berlebihan. 

 

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar