Yuk Cari Tahu Cara Memperbaiki Relay Lampu Mobil dengan Benar!

Lampu mobil yang redup tentu akan mengganggu penglihatan pengendara. Umumnya, redup lampu mobil disebabkan adanya masalah pada bagian relay mobil. Cara memperbaiki relay lampu mobil bisa dilakukan secara mandiri. Namun, sebelumnya pastikan penyebab rusaknya relay. Ini penjelasannya!

Apa Itu Relay Lampu Mobil?

Mari mengenal terlebih dahulu istilah relay lampu mobil. Relay merupakan sebuah kotak penghubung antara kabel dan sumber listrik pada lampu mobil. Komponen yang satu ini termasuk ke dalam bagian elektrik kendaraan. Fungsinya tidak lain sebagai penyalur arus listrik terhadap berbagai komponen listrik pada mobil melalui saklar utama yang tersedia.

Relay memiliki keistimewaan tersendiri. Meskipun hanya memiliki arus listrik yang kecil, tapi efektif mengalirkan arus dengan tegangan besar sekali pun. Relay sangat direkomendasikan untuk para pengguna, sehingga lampu pun akan bersinar lebih terang. Hal ini pun akan menghemat pengguna dalam menggunakan saklar lampu.

Cara Memperbaiki Relay  Lampu Mobil

Untuk bisa mengetahui cara memperbaiki relay lampu mobil, tentu harus diketahui penyebab kerusakannya. Umumnya, disebabkan relay mati, terputusnya kabel terkait, serta ada masalah pada switch.  Untuk bisa memperbaikinya, terapkan langkah berikut ini!

1.   Cek Bagian Relay yang Rusak

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni mengecek bagian relay yang rusak. Cara ini adalah langkah awal untuk bisa mengetahui cara tepat untuk memperbaikinya. Untuk mengeceknya, cukup gunakan jari.

Pegang relay, kemudian aktifkan switch pada lampu utama. Relay secara normal akan mengeluarkan bunyi klik disertai dengan hentakan kecil. Jika hal ini tidak terjadi, maka relay mengalami kerusakan. Lihatlah, apakah switch-nya bermasalah, kabelnya terputus atau relay-nya tidak berfungsi sama sekali.

2.   Membersihkan Bagian Kontak Relay

Cara memperbaiki relay lampu mobil yang switch-nya bermasalah bisa dilakukan pembersihan.  Setiap pengguna bisa membersihkan bagian kontak secara benar. Umumnya, switch yang bermasalah dikarenakan ada kotoran yang menumpuk.

Untuk bisa mengatasinya yakni dengan membersihkan kotoran pada switch hingga bersih. Lakukan secara hati-hati, tanpa merusak bagian penting lainnya pada switch. Selanjutnya, coba cek kembali relay, apakah bisa berfungsi atau tidak.

3.   Mengganti Kabel yang Rusak

Lain halnya jika kabelnya yang rusak, maka perbaiki dengan mengganti kabel. Ambillah kabel yang bagus dan utuh, kemudian jadikan penghubung antara lampu dan sumber listrik pada mobil. Gantilah secara hati-hati tanpa menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya.

Cara yang satu ini umumnya diterapkan hanya pada saat darurat saja. Misalnya, ketika pengguna sedang berada di tengah perjalanan yang jauh dari bengkel. Maka gunakan kabel yang ada untuk bisa mengatasinya.

Cara Mengganti Relay yang Baru

Jika masalahnya hanya pada switch atau pun kabel masih bisa diatasi. Namun, lain halnya jika relay yang gulungannya rusak. Otomatis, pengguna harus menggantinya dengan yang baru. Inilah langkah untuk mengatasinya secara mudah dan cepat.

Pastikan untuk memilih relay baru yang sesuai dengan kondisi mobil. Selain itu, direkomendasikan untuk memilih relay yang sudah terangkai, sehingga pengguna pun tidak kesulitan merangkainya. Pengguna cukup memasangnya secara benar dan tepat. Hal ini akan lebih efisien dilakukan.

Demikianlah ulasan singkat terkait cara memperbaiki relay pada lampu mobil. Setiap pengguna harus bisa memastikan penyebab utama relay tidak berfungsi. Setelah berhasil diatasi, maka lampu mobil pun bisa lebih terang untuk digunakan. Jangan lupa untuk melakukannya secara hati-hati dan teliti.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar