back to top
Sabtu, Juli 13, 2024
BerandaOTOMOTIFApa Itu Porting Motor dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Apa Itu Porting Motor dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Apa Itu Porting Motor dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Porting Motor
Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Hallo semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang porting motor. Apa sih porting motor itu? Bagaimana cara melakukannya? Apa saja manfaat dan risikonya? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya.

Porting motor adalah proses modifikasi pada saluran masuk dan keluar (port) pada kepala silinder motor. Tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, sehingga meningkatkan performa mesin. Porting motor biasanya dilakukan oleh para pecinta motor balap atau modifikasi yang ingin mendapatkan tenaga ekstra dari mesin mereka.

Cara Melakukan Porting Motor

Cara Melakukan Porting Motor
Untuk melakukan porting motor, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Lepaskan kepala silinder dari blok mesin. Pastikan Anda sudah menandai posisi dari setiap komponen agar tidak tertukar saat memasangnya kembali.
  2. Bersihkan port dari kotoran, karbon, atau oli yang menempel. Anda bisa menggunakan sikat kawat, amplas, atau alat pembersih lainnya.
  3. Ukur diameter port masuk dan keluar dengan menggunakan jangka sorong atau alat ukur lainnya. Catat ukurannya untuk referensi nanti.
  4. Gambar pola porting yang diinginkan pada port dengan menggunakan spidol atau alat tulis lainnya. Anda bisa mengikuti pola bawaan pabrik atau membuat pola sendiri sesuai kebutuhan.
  5. Gunakan bor, gerinda, atau alat potong lainnya untuk memotong port sesuai pola yang sudah digambar. Pastikan Anda tidak memotong terlalu dalam atau terlalu lebar agar tidak merusak struktur port.
  6. Haluskan permukaan port dengan menggunakan amplas, sikat kawat, atau alat poles lainnya. Pastikan tidak ada tonjolan, lekukan, atau cacat pada permukaan port.
  7. Ukur kembali diameter port masuk dan keluar setelah selesai melakukan porting. Bandingkan dengan ukuran sebelumnya dan pastikan tidak ada perbedaan yang signifikan.
  8. Pasang kembali kepala silinder ke blok mesin dengan mengikuti urutan sebaliknya. Pastikan semua komponen terpasang dengan benar dan rapat.
Baca Juga :   Honda New CB150R Modif Menjadi CBR250RR

Manfaat Porting Motor

Manfaat Porting Motor
Porting motor memiliki beberapa manfaat bagi performa mesin, antara lain:

  • Meningkatkan aliran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, sehingga meningkatkan efisiensi pembakaran dan menghasilkan tenaga lebih besar.
  • Meningkatkan akselerasi dan responsif mesin, sehingga memudahkan pengendara untuk menyesuaikan kecepatan sesuai kondisi jalan.
  • Meningkatkan suhu ruang bakar, sehingga mengurangi resiko terjadinya knocking atau detonasi yang bisa merusak mesin.
  • Mengurangi gesekan antara piston dan dinding silinder, sehingga mengurangi keausan dan meningkatkan umur mesin.

Risiko Porting Motor

Risiko Porting Motor
Namun, porting motor juga memiliki beberapa risiko yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Menurunkan tekanan kompresi mesin, sehingga mengurangi efisiensi pembakaran dan menghasilkan tenaga lebih kecil.
  • Menurunkan kestabilan mesin, sehingga meningkatkan getaran dan suara bising yang mengganggu kenyamanan berkendara.
  • Menurunkan keandalan mesin, sehingga meningkatkan resiko terjadinya kerusakan atau kebocoran pada komponen mesin.
  • Menambah biaya perawatan mesin, sehingga membutuhkan anggaran lebih besar untuk menjaga performa mesin.

Kesimpulan

Kesimpulan
Porting motor adalah proses modifikasi pada saluran masuk dan keluar pada kepala silinder motor. Tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, sehingga meningkatkan performa mesin. Porting motor memiliki beberapa manfaat dan risiko yang harus dipertimbangkan sebelum melakukannya. Porting motor harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan standar yang berlaku agar tidak merusak mesin atau mengganggu keselamatan berkendara.

Nah demikianlah pembahasan tentang  Apa Itu Porting Motor dan Bagaimana Cara Melakukannya?, semoga artikel ini bermamfaat sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Salam hangat dari saya!

Baca Juga :   Harga Motor Matic Honda Di Jawa Timur Terbaru 2022 
admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments