Prosedur Mengurus Perpanjangan SIM C di SATPAS Bojonegoro

admin

Mengurus Perpanjangan SIM C di SATPAS Bojonegoro

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Hallo semuanya, apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Kali ini saya mau berbagi informasi yang mungkin berguna buat kalian yang mau memperpanjang SIM C di SATPAS Bojonegoro. SIM C adalah surat izin mengemudi untuk kendaraan roda dua, seperti motor atau sepeda listrik. SIM C ini penting banget buat kita yang sering berkendara di jalan raya, karena bisa jadi bukti bahwa kita punya kemampuan dan kewenangan untuk mengendarai kendaraan tersebut.

Nah, SIM C ini punya masa berlaku yang terbatas, yaitu lima tahun sejak diterbitkan. Jadi, kalau masa berlaku SIM C kita sudah mau habis atau sudah habis, kita harus segera memperpanjangnya agar tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Kalau kita telat memperpanjang SIM C, kita harus membuat SIM baru dari awal lagi, lho. Itu artinya kita harus mengikuti tes tulis, tes praktik, dan tes kesehatan lagi. Ribet kan?

Lalu, bagaimana cara memperpanjang SIM C di SATPAS Bojonegoro? Apa saja syarat dan biayanya? Apakah bisa dilakukan secara online? Tenang, semua pertanyaan itu akan saya jawab di artikel ini dengan lengkap dan detail. Jadi, simak terus artikel ini sampai habis ya, jangan sampai ketinggalan informasi pentingnya.

Syarat & Dokumen yang Harus Disiapkan Perpanjang SIM C

Mengurus Perpanjangan SIM C
Saya memperpanjang SIM C hari jumaat 14 juli 2023. Sebelum kita berangkat untuk memperpanjang SIM C di SATPAS Bojonegoro, kita harus mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat perpanjangan SIM C. Dokumen-dokumen tersebut adalah sebagai berikut:

  • KTP asli dan fotokopinya 2 lembar.
  • SIM C yang masih berlaku dan fotokopinya 2 lembar.
  • Surat keterangan sehat yang diperoleh dari loket kesehatan di SATPAS Bojonegoro.
  • Uang tunai untuk membayar biaya perpanjangan SIM C.

Dokumen-dokumen tersebut harus dibawa lengkap saat kita datang ke SATPAS Bojonegoro untuk memperpanjang SIM C. Jika ada dokumen yang kurang atau tidak sesuai, maka kita tidak bisa melanjutkan proses perpanjangan SIM C.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan goresan pada Body Motor

Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa masa berlaku SIM C kita belum habis saat kita memperpanjangnya. Karena jika sudah habis, maka kita harus membuat SIM baru dari awal lagi. Masa berlaku SIM C bisa dilihat di bagian depan kartu SIM C, tepatnya di bawah nama pemiliknya.

Biaya Perpanjang SIM C di SATPAS Bojonegoro

Biaya Perpanjang SIM C di SATPAS Bojonegoro
Selain dokumen, kita juga harus menyiapkan uang tunai untuk membayar biaya perpanjangan SIM C di SATPAS Bojonegoro. Biaya perpanjangan SIM C ini terdiri dari beberapa rincian. dan Rinciannya seperti berikut:

  1. FC SIM dan KTP : 6.000 ( lengkap MAP sama pulpen)
  2. Biaya cek kesehatan jasmani : 30.000 (1 surat) 40.000 (2 surat)
  3. Biaya cek kesehatan rohani : 75.000 (1 surat)
  4. Biaya perpanjangan SIM : 75.000
  5. Parkir saat tes kesehtan : 2000
  6. Parkir saat Percetakan SIM C : 2000

Jadi, total biaya perpanjangan SIM C di SATPAS Bojonegoro adalah Rp 190.000,-. Biaya ini harus dibayar secara tunai saat kita melakukan proses perpanjangan SIM C. Jangan lupa untuk meminta kembalian dan kuitansi pembayaran sebagai bukti transaksi.

Biaya perpanjangan SIM C ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dan berlaku di seluruh Indonesia. Jadi, jangan sampai kita tertipu oleh calo yang menawarkan jasa perpanjangan SIM C dengan biaya yang lebih mahal atau lebih murah. Kita bisa mengurus perpanjangan SIM C sendiri tanpa bantuan calo, asalkan kita memenuhi syarat dan mengikuti prosedur yang benar.

Tahapan Perpanjang SIM C di SATPAS Bojonegoro

Tahapan Perpanjang SIM C di SATPAS Bojonegoro
Setelah kita menyiapkan dokumen dan biaya perpanjangan SIM C, kita bisa datang ke SATPAS Bojonegoro untuk melakukan proses perpanjangan SIM C. SATPAS Bojonegoro berlokasi di Jalan Veteran No. 1, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Jam operasionalnya adalah Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB.

Saat kita datang ke SATPAS Bojonegoro, kita harus mengikuti tahapan perpanjangan SIM C sebagai berikut:

  1. Perjalanan ke tempat pemeriksaan kesehatan sangatlah mudah. Untuk yang berada di Bojonegoro, tempat pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani berlokasi di sebelah selatan Masjid Darussalam, dekat dengan alun-alun Bojonegoro. Jika Anda bingung mencari tempatnya, tak perlu khawatir, tanyakan saja kepada orang-orang di sekitar selatan Masjid Darussalam.
  2. Pastikan Anda membawa fotokopi SIM C lama dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jangan lupa juga untuk membeli bolpoin dan map, jika Anda belum membawanya. di sebelah tes kesehatan ada tukang foto copy sekalian map nya
  3. Ketika tiba di lokasi, ambil nomor antrean di depan tempat pemeriksaan kesehatan jasmani. Pastikan Anda datang sebelum pukul 8 pagi agar bisa mendapatkan nomor antrean awal.
  4. Setiap kali dipanggil, sebanyak 20 nomor akan diumumkan. Saat giliran Anda tiba, tunjukkan nomor urut Anda dan serahkan map berisi fotokopi SIM C dan KTP kepada petugas.
  5. Setelah itu, tunggu giliran untuk pemeriksaan kesehatan jasmani. Tes ini akan melibatkan pemeriksaan buta warna, yang sebenarnya cukup mudah dan tak perlu dikhawatirkan. Santai saja menghadapinya.
  6. Setelah tes kesehatan jasmani selesai, Anda akan diminta membayar biaya sebesar 30.000 (untuk 1 dokumen) atau 40.000 (untuk 2 dokumen) dan menerima surat keterangan sehat jasmani. Pastikan Anda menyimpan surat keterangan tersebut dengan rapi di dalam map.
  7. Langkah terakhir adalah menunjukkan nomor urut dan menyerahkan map berisi surat keterangan sehat jasmani kepada petugas pemeriksaan kesehatan rohani.
  8. Di sana, Anda akan diminta mengisi data diri dan menjawab 30 pertanyaan dengan jawaban ya/tidak. Isilah pertanyaan-pertanyaan tersebut sesuai dengan keadaan diri Anda. Jika nantinya terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian, jangan khawatir, Anda bisa mengulangnya.
  9. Apabila Anda dinyatakan lulus pada tes kesehatan rohani, silakan menuju bagian pembayaran untuk membayar biaya tes tersebut sebesar 75.000.
Baca Juga :   Mengungkap Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus pada Motor

Berikut adalah langkah-langkah selanjutnya cetak SIM C Baru

  • Silakan menuju kantor SATPAS yang terletak di sebelah utara alun-alun Bojonegoro.
  • Masuk ke ruangan Meliwis 2000, dan serahkan SIM C asli beserta dokumen tes kesehatan jasmani dan rohani kepada petugas di depan ruang Meliwis 2000. Petugas mungkin akan menanyakan golongan darah Anda.
  • Lengkapi dokumen yang diberikan oleh petugas di tempat yang telah disediakan.
  • Setelah itu, serahkan dokumen yang sudah diisi kepada petugas di loket perpanjangan SIM.
  • Lakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM sebesar 75.000 di loket tersebut. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan nomor antrean untuk proses foto perpanjangan SIM C.
  • Menuju ruang tunggu foto perpanjangan SIM C.
  • Setelah dipanggil sesuai nomor antrean, masuklah ke ruang foto perpanjangan SIM C.
  • Di ruangan tersebut, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi data diri yang telah Anda tuliskan sebelumnya.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan pendataan sidik jari kanan dan kiri, menandatangani dokumen, dan difoto.
    Setelah proses foto selesai, menuju ruang cetak SIM C yang berada di lantai yang sama (ujung timur).
  • Ambil SIM C baru Anda dan proses perpanjangan SIM selesai.

Cara Perpanjangan SIM C Online

Cara Perpanjangan SIM C Online
Jika kamu tidak ingin repot datang ke SATPAS Bojonegoro untuk perpanjang SIM C, kamu bisa melakukannya secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri. Aplikasi ini bisa kamu unduh di App Store atau Play Store dengan gratis. Aplikasi ini menyediakan layanan SINAR (SIM Nasional Presisi) yang memungkinkan kamu untuk mengurus perpanjangan SIM secara online.

Cara perpanjang SIM C online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri adalah sebagai berikut:

      1. Download aplikasi Digital Korlantas Polri melalui App Store atau Play Store.
      2. Buat akun dengan memasukkan nomor ponsel dan kode OTP yang dikirimkan.
      3. Pilih menu SINAR (SIM Nasional Presisi) dan pilih perpanjangan SIM.
      4. Unggah dokumen yang diperlukan, yaitu KTP, SIM lama, dan surat keterangan sehat.
      5. Pilih SATPAS penerbit sesuai dengan domisili kalian.
      6. Masukkan nomor rekening pengembalian untuk pengembalian dana jika pengajuan ditolak oleh SATPAS.
      7. Pilih metode pengiriman atau pengambilan SIM baru.
      8. Lakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM melalui transfer bank.
Baca Juga :   New Nmaxmu Ingin Tampil Beda Coba Behel Tanduk ini

Setelah itu, kalian tinggal menunggu konfirmasi dari petugas apakah pengajuan kalian diterima atau tidak. Jika diterima, kalian akan mendapatkan SIM baru sesuai dengan metode yang kalian pilih. Jika ditolak, kalian akan mendapatkan alasan penolakan dan uang kembali ke rekening kalian.

Kesimpulan

Kesimpulan
Demikianlah ulasan tentang prosedur mengurus perpanjangan SIM C di SATPAS Bojonegoro. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang mau memperpanjang SIM C dengan mudah dan cepat. Ingat ya, jangan sampai telat memperpanjang SIM C, karena bisa bikin repot dan rugi. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Nah demikianlah pembahasan tentang Prosedur Mengurus Perpanjangan SIM C di SATPAS Bojonegoro, semoga artikel ini bermamfaat sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar