Ngecas Hp Di Motor Bikin Aki Cepet Tekor? Simak tipsnya

Ngecas Hp Di Motor Bikin Aki Cepet Tekor? Simak tipsnya

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif, Seiring berkembangnya teknologi, demikian pula kemampuan kinerja kendaraan.

Tidak hanya fleksibel dan irit, varian motor ini juga dilengkapi dengan kemampuan charging untuk menambah daya tariknya. Charger handphone pada sepeda motor sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi para pengendara saat ini.

Pengisian daya ponsel kini bisa ditemukan pada beberapa inovasi terbaru dari brand Suzuki. Meski begitu, banyak peminat ponsel yang mengisi daya sepeda motornya mencoba memodifikasi sendiri.

Nah, jika sepeda motor memiliki fungsi charger handphone ini, apakah baterainya bisa bertahan lama? Lihat penjelasan di bawah ini?

Saat ini sudah banyak pengendara yang senang menambah kemampuan charging pada motornya. Seolah menjadi kebutuhan, fitur pengisian daya ponsel menjadi populer di pasaran.

Meskipun sepeda motor pada awalnya tidak dilengkapi dengan fitur pengisi daya, para pengemudi berlomba untuk menambahkannya.

Fungsi charger sendiri merupakan terobosan baru dalam industri sepeda motor, menambah tampilan dan fungsionalitas agar semakin unggul. Tentu saja, bentuk inovasi ini menggunakan listrik dari baterai.

Sepintas, mengisi daya ponsel di sepeda motor sepertinya tidak menguras banyak daya dari baterai, sehingga sering digunakan terus menerus. Namun, hal ini tampaknya berdampak besar pada ketersediaan aki sepeda motor.

Fungsi charging motor memang memberikan kemudahan bagi penggunanya, namun efek samping dari pemakaian terus menerus juga perlu diperhatikan. Ini menghindari kemungkinan efek negatif dari penggunaan motor yang berlebihan.

Apakah baterai akan bertahan lama jika Ngecas Hp, Motor Dalam Keadaan mati atau hidup?

Ngecas Hp Di Motor Bikin Aki Cepet Tekor

Untuk mengisi daya ponsel tentunya menggunakan listrik sebagai pemasok energi utamanya. Pada motor listrik, sumber tenaganya berasal dari baterai. Artinya, aktivitas pengisian daya ponsel juga secara langsung mempengaruhi ketersediaan baterai.

Beberapa sepeda motor terbaru kini telah dilengkapi dengan fitur pengisian daya ponsel sepeda motor ini. Keunggulan ini tentu membawa keuntungan bagi penggunanya.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar manfaat fitur ini dapat digunakan dengan bijak dan tanpa kemungkinan konsekuensi negatif. Hal ini juga terkait dengan tingkat konsumsi baterai saat proses charging ponsel dilakukan di dalam kendaraan.

Dalam hal ini, pengguna perlu mengetahui kapan harus mengisi daya ponsel mereka agar dapat memanfaatkan fitur ini dengan sebaik-baiknya. Juga harus dipahami bahwa yang terbaik adalah menggunakan fungsi pengisian daya telepon saat motor hidup atau digerakkan dengan lebih baik.

Sumber energi listrik pada saat motor dalam keadaan diam hanya dapat diperoleh dari baterai. Artinya pengisian motor dengan motor mati akan mempercepat perendaman baterai akibat konsumsi yang berlebihan.

Di sisi lain, jika Anda mengisi daya ponsel dengan motor hidup atau mengemudi, Anda dapat menghindari kemungkinan baterai cepat habis. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi penggunaan baterai agar tidak mubazir.

Tips Charger HP di Motor Biar Aki Tidak Cepat Tekor

Ngecas Hp Di Motor Bikin Aki Cepet Tekor

Mengisi daya ponsel sebagai fitur sepeda motor ini pada dasarnya menggunakan energi dalam baterai sebagai daya utama yang dikonsumsinya. Hal ini tentu saja mempengaruhi daya guna aki sepeda motor, sehingga perlu diwaspadai beberapa hal yang dapat boros.

Tanda aki mati biasanya adalah penurunan performa motor. Dalam hal ini, terkadang klakson mengeluarkan suara serak tetapi tidak keras, yang menunjukkan bahwa baterai mati.

Selain itu, sulitnya menstarter motor juga merupakan kondisi awal aki yang lemah. Ini tidak dapat dihindari, tetapi dapat diperlambat. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan pengurasan baterai saat menggunakan fitur charger ponsel pada motor ini.

Fitur ini memberikan manfaat dan kemudahan, namun penggunaan yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek negatif. Berikut beberapa tips agar pengisian daya motor Anda tidak menyebabkan baterai cepat habis.

Lebih baik mengisi daya ponsel Anda di rumah terlebih dahulu

Ngecas Hp Di Motor Bikin Aki Cepet Tekor
Ngecas Hp Di Motor Bikin Aki Cepet Tekor

Tips paling penting agar aki motor Anda tidak cepat habis adalah dengan mengisi baterai ponsel di rumah. Pasti akan ada saat-saat ketika ponsel tidak digunakan, seperti saat pengguna sedang tidur. Waktu-waktu ini adalah waktu yang tepat untuk mengisi daya.

Mengisi daya ponsel Anda di rumah juga memberikan daya maksimum untuk ponsel Anda. Selain itu, listrik yang dikonsumsi untuk mengisi daya ponsel di rumah terisi penuh oleh catu daya ke rumah.

Dengan begitu, Anda tidak perlu memanfaatkan fungsi pengisian daya sama sekali saat berkendara dalam jarak dekat. Pada dasarnya, fitur ini memudahkan pengemudi untuk bepergian tanpa menguras daya ponselnya.

  • Jarang menggunakan fungsi pengisian daya pada motor

Fungsi pengisian daya pada sepeda motor lebih baik untuk situasi darurat di mana telepon harus tetap hidup tetapi baterai lemah. Dapat dikatakan bahwa dalam situasi darurat ini, fungsi pengisian daya adalah penolong utama untuk mengetik.

Memang, keadaan darurat seringkali datang secara tiba-tiba. Hal ini tidak serta merta memungkinkan pengemudi untuk sering menggunakan fitur pengisian daya ponsel pada sepeda motor ini. Anda juga harus mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mengisi daya ponsel di sepeda motor, agar tidak terlalu sering membuang daya baterai.

Menggunakan fitur pengisian daya ponsel ini terlalu sering akan mempercepat pengurasan baterai hingga habis. Hal ini karena konsumsi daya yang berlebihan melebihi karakteristik dan kapasitas motor.

Selain itu, tidak disarankan untuk menggunakan fitur ini sebagai tempat utama untuk pengisian daya tambahan. Hal ini dapat menyebabkan banyak energi yang terserap hanya untuk mengisi daya ponsel pada motor.

  • Selesaikan pengisian daya Hp saat motor hidup

Energi listrik yang diperoleh saat motor dalam keadaan diam berasal dari baterai. Hal ini tentu saja membuat konsumsi energi baterai menjadi lebih tinggi. Dalam hal ini, yang terbaik adalah mengisi daya ponsel di sepeda motor saat motor dihidupkan atau saat mengemudi.

Sumber energi lain saat motor berjalan bisa didapat dari aktivitas motor bakar. Ini tentu saja mengurangi pengurasan baterai yang berlebihan saat ponsel sedang diisi.

  • Jangan mengoperasikan telepon saat mengisi daya

Pengisian daya akan maksimal jika ponsel tidak hanya beroperasi sambil mengisi daya. Ini berfungsi saat mengisi daya ponsel Anda di rumah atau di sepeda motor.

Konsumsi daya saat menggunakan telepon mungkin lebih besar daripada saat mengisi daya. Hal ini perlu dihindari agar pengisian lebih cepat & hemat.

Juga, mengoperasikan smartphone saat mengemudi tidak dianjurkan. Peraturan pemerintah telah menetapkan tindakan tersebut sebagai pelanggaran. Sebaiknya tidak menggunakan ponsel saat mengemudi untuk mengutamakan keselamatan di jalan.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/