Ban tubeless motor sering kempes sendiri? Simak 3 Penyebab nya

Ban tubeless motor sering kempes sendiri? Simak 3 Penyebab nya

Aufaproject46.com – Hallo masbro, Penggunaan ban tubeless kerap menjadi solusi agar pengguna sepeda motor tidak perlu sering-sering pergi ke montir ban.

Beberapa orang percaya bahwa ban tubeless lebih “tahan tusukan” daripada ban biasa.

Namun tidak semua sepeda motor bisa menggunakan ban tubeless. Ada syarat tertentu bagi sepeda motor untuk menggunakan ban tubeless.

Menurut Wahana Honda, syarat wajib menggunakan ban tubeless adalah kendaraan harus memiliki velg racing.

Karena tidak cocok digunakan pada velg motor spoked. Ban tubeless tidak sepenuhnya tahan air. Saya sering mengalami masalah ban tubeless sering bocor tiba-tiba.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ban tubeless tiba-tiba kehilangan tekanan udara. Faktor apa yang sering menyebabkan hal ini terjadi pada ban tubeless? Nah berikut ini kami rangkum 3 faktor tentang ban tubeless yang sering kempes sendiri.

3 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes Sendiri

Ban tubeless motor sering kempes sendiri

1. Tutup udara pada ban tidak kencang

Seringkali, katup ban yang longgar dapat menyebabkan ban tubeless pecah secara tiba-tiba. Ini karena ada rongga yang mengarahkan udara keluar dari ban.

Jika Anda memompa ban tubeless, selalu pastikan katupnya cukup kencang.

Anda bisa melakukannya dengan menyemprotkan air pada batang klep ban sepeda motor Anda. Jika ada gelembung udara, berarti klep ban yang terpasang tidak kedap air, begitu juga sebaliknya.

2. Kebocoran cairan

Ban tubeless tidak sepenuhnya anti bocor. Ban pasti akan kempes jika digunakan dalam waktu lama.

Apalagi jika ban digunakan untuk melintasi medan terjal dan berbatu. Ban tubeless juga rentan terhadap ledakan. Biasanya, jika ban tubeless sering kempes, sering terjadi kebocoran.

Kebocoran kecil ini biasanya dirasakan setelah 12 hari pemakaian pada sepeda motor dan pengendara akan merasakan ban sepeda motor anda perlahan kempes setelah digunakan untuk riding.

3. Kotoran dan pasir menempel pada ban

Sama seperti faktor sebelumnya. Ban tubeless, jika sering terkena kerikil kecil, akan mengempis secara perlahan.

Debu dan pasir pada ban tubeless juga bisa menjadi faktor kebocoran.

Ban tubeless motor sering kempes sendiri

Partikel pasir atau debu ini sering mengisi ruang antara ban dan velg, menciptakan celah yang memungkinkan udara di dalam ban keluar secara perlahan jika tidak segera dibersihkan. Akibatnya, ban motor Anda bisa meledak tanpa sepengetahuan Anda.

Solusinya adalah dengan mencuci ban secara rutin. Ini dilakukan terlebih dahulu dengan melepas ban dari pelek dan menghilangkan pasir dan debu dari ban.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/