Kupas Tuntas 5 Efek Motor Tanpa Kiprok

Kiprok adalah sebuah elemen terpenting pada sebuah kendaraan sepeda motor. Penyebabnya, karena kiprok berfungsi untuk membuat tegangan listrik sepeda motor menjadi lebih stabil. Sehingga, membuat motor dapat menyala dengan baik. Lalu apa saja efek buruk, motor tanpa kiprok? Berikut ini informasi selengkapnya!

1. Menyebabkan Tenaga Aki Cepat habis

Dampak pertama yang terjadi apabila sepeda motor tanpa adanya kiprok adalah menyebabkan aki motor cepat habis. Alasannya, karena kerusakan komponen kiprok bisa menyebabkan kemampuan untuk menstabilkan daya listrik menjadi menurun. Akhirnya, dapat membuat motor kehabisan daya listrik dari aki motor. Selain itu, membuat kecepatan motor menjadi menurun.

Oleh karena itu, selain mengganti komponen aki motor, pengguna sepeda motor wajib mengganti kiprok yang bagus. Tujuannya, agar daya listrik yang ada di aki tidak terbuang percuma. Supaya mesin kendaraan bermotor dapat berfungsi lebih maksimal.

2. Menimbulkan Suara Bising Pada Sepeda Motor

Efek yang kedua apabila motor tanpa kiprok, yaitu menimbulkan suara bising pada sepeda motor. Penyebabnya, karena kiprok memiliki peran sebagai alat penstabil daya listrik sepeda motor. Adanya gesekan listrik di bagian mesin ini dapat menyebabkan suara bising di sepeda motor. Tentunya suara bising mengakibatkan pengendara motor menjadi tidak nyaman saat berkendara.

3. Membuat Daya Lampu Menjadi Kurang Terang

Efek selanjutnya, jika kendaraan bermotor tanpa dilengkapi oleh kiprok adalah membuat daya lampu menjadi kurang terang. Masalah tersebut, dapat mempengaruhi daya lampu. Sebab, tidak adanya komponen kiprok dapat membuat arus listrik menjadi melemah. Akibatnya, dapat membuat cahaya lampu menjadi tidak terlalu terang. 

Oleh karena itu, jika pengemudi sepeda motor mengalami masalah lampu motor yang cahayanya kurang terang harus memperbaikinya. Pengguna sepeda motor dapat memperbaiki komponen kiprok untuk menyeimbangkan kekuatan listrik sepeda motor. Selain itu, bisa juga mengganti lampu kendaraan bermotor apabila cahaya lampu masih redup ketika kiprok sudah diganti dengan yang baru.

4. Engine Sepeda Motor Menjadi Sering Mati

Dampak yang keempat yang harus dirasakan pemilik motor jika tidak memiliki komponen kiprok, maka akan menyebabkan motor menjadi sering mati. Penyebabnya, karena arus listrik dari aki motor tidak terdistribusi secara maksimal ke dalam komponen sepeda motor. Seperti komponen engine, pengukur kecepatan sepeda motor serta dinamo penstarter motor.

Jadi, jika motor sering mati mungkin salah satu solusinya adalah mengganti kiprok motor yang baru. Adapun tujuannya, supaya aliran listrik ke dalam komponen kendaraan bermotor dapat kembali lancar dan stabil. Akhirnya, membuat pemilik kendaraan bermotor dapat kembali menyalakan motornya.

5. Lampu Motor Tidak Menyala Sama Sekali

Efek terakhir jika sebuah sepeda motor tanpa adanya kiprok yaitu lampu motor tidak menyala sama sekali. Pasalnya, sepeda motor yang tidak mempunyai kiprok akan menyebabkan arus listrik dari aki menuju lampu menjadi berlebihan. Hal itu membuat lampu tidak mampu menahan arus listrik yang dialirkan dari aki motor.

Alhasil, dapat membuat lampu motor tidak menyala. Jadi, ketika pengendara sepeda motor mengalami masalah lampu motor tidak menyala sama sekali, maka bisa jadi bukan hanya lampu motor yang harus diganti. Namun, pengguna sepeda motor harus memakai kiprok baru. Alasannya, agar lampu motor dapat menyala dengan baik.

Itulah pembahasan lengkap mengenai efek motor tanpa kiprok. Pembahasan tersebut tentunya dapat membuat pengendara motor menyadari pentingnya menggunakan kiprok pada sepeda motornya. Akhirnya, dapat membuat pengguna sepeda motor lebih nyaman mengendarainya di jalanan.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar