Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

admin

Mesin Motor Overheat

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist,  Anda pasti pernah mengalami masalah motor susah hidup saat mesin dingin, terutama di pagi hari. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika Anda harus segera berangkat kerja atau sekolah. Lalu, apa penyebab motor susah hidup saat mesin dingin? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut adalah beberapa penyebab dan solusi yang bisa Anda coba, yang saya rangkum dari berbagai sumber:

Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

1. Sistem Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian adalah sistem yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang akan menyalakan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Jika sistem pengapian bermasalah, maka percikan api akan tidak stabil atau tidak ada sama sekali, dan mesin tidak bisa menyala dengan baik. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada sistem pengapian adalah:

  • – Busi kotor atau rusak. Busi adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api di dalam ruang bakar. Jika busi kotor atau rusak, maka percikan api akan tidak optimal atau tidak ada sama sekali, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan percikan api yang kuat dan stabil untuk menghasilkan pembakaran yang baik.
  • – Kabel busi putus atau korsleting. Kabel busi adalah komponen yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari koil ke busi. Jika kabel busi putus atau korsleting, maka arus listrik ke busi akan terputus atau bocor, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan arus listrik yang cukup dan kontinyu untuk menghasilkan percikan api yang baik.
  • – Koil pengapian rusak atau lemah. Koil pengapian adalah komponen yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan arus listrik dari baterai ke busi. Jika koil pengapian rusak atau lemah, maka tegangan arus listrik ke busi akan rendah, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan tegangan arus listrik yang tinggi untuk menghasilkan percikan api yang baik.

Solusi:

  • – Bersihkan atau ganti busi secara rutin untuk mencegah kotoran atau kerusakan yang bisa mengganggu percikan api. Anda bisa membersihkan busi dengan menggunakan sikat kawat atau amplas halus, atau mengganti busi dengan busi baru yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.
  • – Periksa kondisi kabel busi dan ganti jika putus atau korsleting. Anda bisa memeriksa kabel busi dengan cara melepas kabel busi dari busi, lalu menempelkan ujung kabel busi ke bagian logam motor. Jika ada percikan api, berarti kabel busi masih baik. Jika tidak ada percikan api, berarti kabel busi putus atau korsleting. Anda bisa mengganti kabel busi sendiri dengan membeli kabel busi yang sesuai dengan tipe motor Anda, atau membawa motor ke bengkel untuk diganti oleh mekanik yang ahli.
  • – Periksa kondisi koil pengapian dan ganti jika rusak atau lemah. Anda bisa memeriksa koil pengapian dengan cara melepas kabel busi dari koil pengapian, lalu menempelkan ujung kabel busi ke bagian logam motor. Jika ada percikan api, berarti koil pengapian masih baik. Jika tidak ada percikan api, berarti koil pengapian rusak atau lemah. Anda bisa mengganti koil pengapian sendiri dengan membeli koil pengapian yang sesuai dengan tipe motor Anda, atau membawa motor ke bengkel untuk diganti oleh mekanik yang ahli.
Baca Juga :   Persiapan Optimal untuk Berkendara Motor di Musim Hujan

Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

2. Sistem Bahan Bakar Bermasalah

Sistem bahan bakar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja mesin motor. Jika sistem bahan bakar bermasalah, maka pasokan bahan bakar ke ruang bakar akan terganggu, dan mesin tidak bisa menyala dengan baik. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada sistem bahan bakar adalah:

  • – injektor atau Karburator kotor atau tersumbat. Karburator adalah komponen yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Jika karburator kotor atau tersumbat, maka campuran bahan bakar dan udara akan tidak seimbang, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan campuran bahan bakar dan udara yang lebih kaya (lebih banyak bahan bakar) untuk menghasilkan pembakaran yang baik.
  • – Filter bensin kotor atau tersumbat. Filter bensin adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di dalam bahan bakar sebelum masuk ke karburator. Jika filter bensin kotor atau tersumbat, maka aliran bahan bakar ke karburator akan terhambat, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan aliran bahan bakar yang lancar untuk menghasilkan pembakaran yang baik.
  • – Pompa bensin rusak atau lemah. Pompa bensin adalah komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke karburator. Jika pompa bensin rusak atau lemah, maka tekanan bahan bakar ke karburator akan rendah, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan tekanan bahan bakar yang cukup untuk menghasilkan pembakaran yang baik.

Solusi:

  • – Bersihkan karburator secara berkala untuk menghilangkan kotoran dan endapan yang bisa mengganggu aliran bahan bakar. Anda bisa menggunakan cairan pembersih karburator yang dijual di toko-toko spare part motor, atau membawa motor ke bengkel untuk dibersihkan oleh mekanik yang ahli.
  • – Ganti filter bensin secara rutin untuk mencegah kotoran menumpuk dan menyumbat aliran bahan bakar. Anda bisa mengganti filter bensin sendiri dengan membeli filter bensin yang sesuai dengan tipe motor Anda, atau membawa motor ke bengkel untuk diganti oleh mekanik yang ahli.
  • – Periksa kondisi pompa bensin dan ganti jika rusak atau lemah. Anda bisa memeriksa pompa bensin dengan cara melepas selang bensin yang menghubungkan pompa bensin dan karburator, lalu menyalakan kontak motor. Jika keluar bensin dengan tekanan yang kuat, berarti pompa bensin masih baik. Jika tidak keluar bensin atau tekanannya lemah, berarti pompa bensin rusak atau lemah. Anda bisa mengganti pompa bensin sendiri dengan membeli pompa bensin yang sesuai dengan tipe motor Anda, atau membawa motor ke bengkel untuk diganti oleh mekanik yang ahli.
Baca Juga :   Inidia Komponen Motor yang Wajib Dirawat

3. Sistem Starter Bermasalah

Sistem starter adalah sistem yang berfungsi untuk menghidupkan mesin motor dengan menggunakan arus listrik dari baterai. Jika sistem starter bermasalah, maka mesin motor akan susah hidup saat dingin. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada sistem starter adalah:

  • – Baterai lemah atau habis. Baterai adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang digunakan untuk menghidupkan mesin motor. Jika baterai lemah atau habis, maka arus listrik yang diberikan ke sistem starter akan tidak cukup, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan arus listrik yang besar untuk menghidupkan mesin motor.
  • – Motor starter rusak atau lemah. Motor starter adalah komponen yang berfungsi untuk menggerakkan poros engkol mesin motor dengan Motor starter adalah komponen yang berfungsi untuk menggerakkan poros engkol mesin motor dengan menggunakan arus listrik dari baterai. Jika motor starter rusak atau lemah, maka poros engkol mesin motor akan sulit berputar, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan putaran poros engkol yang cepat dan kuat untuk menghasilkan kompresi yang baik.
  • – Kabel starter putus atau korsleting. Kabel starter adalah komponen yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari baterai ke motor starter. Jika kabel starter putus atau korsleting, maka arus listrik ke motor starter akan terputus atau bocor, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan arus listrik yang cukup dan kontinyu untuk menggerakkan motor starter.
  • – Soket starter kotor atau rusak. Soket starter adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan kabel starter dengan motor starter. Jika soket starter kotor atau rusak, maka arus listrik ke motor starter akan terganggu, dan mesin akan susah hidup saat dingin. Hal ini karena saat mesin dingin, dibutuhkan arus listrik yang lancar dan stabil untuk menggerakkan motor starter.
Baca Juga :   Jangan Memainkan Tombol Smart Key Motor Meski Kondisi Off, ini akibat nya 

Solusi:

  • – Periksa kondisi baterai dan ganti jika lemah atau habis. Anda bisa memeriksa baterai dengan menggunakan alat yang disebut multimeter. Alat ini akan mengukur tegangan arus listrik yang ada di baterai. Jika tegangan arus listrik di bawah standar, maka ada kemungkinan baterai lemah atau habis. Anda bisa mengganti baterai sendiri dengan membeli baterai yang sesuai dengan tipe motor Anda, atau membawa motor ke bengkel untuk diganti oleh mekanik yang ahli.
  • – Periksa kondisi motor starter dan ganti jika rusak atau lemah. Anda bisa memeriksa motor starter dengan cara melepas kabel starter dari motor starter, lalu menyalakan kontak motor. Jika ada suara putaran yang normal, berarti motor starter masih baik. Jika tidak ada suara putaran atau suaranya aneh, berarti motor starter rusak atau lemah. Anda bisa mengganti motor starter sendiri dengan membeli motor starter yang sesuai dengan tipe motor Anda, atau membawa motor ke bengkel untuk diganti oleh mekanik yang ahli.
  • – Periksa kondisi kabel starter dan ganti jika putus atau korsleting. Anda bisa memeriksa kabel starter dengan cara melepas kabel starter dari baterai dan motor starter, lalu mengukur hambatan listriknya dengan menggunakan multimeter. Jika hambatan listrik nol atau sangat tinggi, berarti kabel starter putus atau korsleting. Anda bisa mengganti kabel starter sendiri dengan membeli kabel starter yang sesuai dengan tipe motor Anda, atau membawa motor ke bengkel untuk diganti oleh mekanik yang ahli.
  • – Bersihkan atau ganti soket starter jika kotor atau rusak. Anda bisa membersihkan soket starter dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih kontak, atau mengganti soket starter dengan soket starter baru yang sesuai dengan tipe motor Anda.

Mesin Motor Overheat

Itulah beberapa tips dan langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi motor susah hidup saat mesin dingin. Dengan melakukan tips dan langkah ini, Anda bisa membuat mesin motor Anda lebih mudah hidup saat dingin, dan lebih awet dan hemat. Jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala pada sistem pengapian, sistem bahan bakar, dan sistem starter motor Anda, agar selalu dalam kondisi prima.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar