Menambah Performa Honda Vario 125

Menambah Performa Honda Vario 125

Menambah Performa Honda Vario 125, Aufaproject46.com Hallo masbro para pecinta performa Motor, Semua pabrikan mengeluarkan suatu produk tentunya sudah pasti telah diperhitungkan mengenai performa ataupun akselerasi yang bakal dihasilkan mesin motor tersebut, hanya saja ada sebagian orang yang merasa masih kurang puas atas performa motor nya,

Lewat artikel ini kami mengambil contoh dari motor honda vario 125, Mengenai performa motor vario 125 saya rasa sudah sangat cukup untuk kebutuhan alat transportasi sehari hari, seperti buat kerja ataupun ke sekolah dll,

Spesifikasi Honda New vario 125 cc dibekali dengan mesin SOHC, eSP, berkapasitas 125cc, dengan kapasitas mesin tersebut, vario 125 mampu mengahasilkan tenaga maksimim hingga 8,2 kW pada 8.50p rpm dan torsi maksimum mencapai 10,8 Nm pada putaran 5.000 rpm.

Walaupun dengan spesifikasi mesin tersebut, tak sedikit para pemilik honda vario 125 cc merasa performa motor nya masih kurang memuaskan, sehingga timbul lah niatan untuk meningkatkan performa motor nya, Agar semakin ngacir dan tetap nyaman untuk dipakai harian.

Lalu bagaimana sih cara mendongkrak performa motor vario 125 untuk harian yang paling mudah dan aman?? Mungkin pertanyaan itulah yang muncul dibenak para pemilik motor honda New vario 125 cc yang merasa performanya motor masih kurang memuaskan.

Untuk menambah performa dan menjadikan tenaga honda vario 125 itu semakin ngacir sebanarnya sangat banyak cara, Mulai dari cara yang ringan-ringan saja hingga cara yang cukup extrime dengan melakukan bore up.

Namun kali ini kita akan membahas tentang cara menambah atau mendongkrak performa vario 125 dengan cara yang ringan ringan saja, dan tentunnya cukup mudah dan hemat biay, tidak perlu melakukan modifikasi yang cukup extrim seperti bore up.

Sebab jika melakukan dengan cara bore up itu masbro harus merogoh kocek yang nominal nya cukup lumayan, belum lagi efek samping yang bakal mengakibatkan pergantian parts-parts bore up ini, oleh sebab itu kami akan berbagi tips tentang cara mudah meningkatkan performa honda vario 125 cc yang loyo jadi makin bertenaga dan cocok digunakan sehari hari,

Honda vario 125 cc berbeda dengan vario 150 cc, untuk vario 125 tarikan bawah nya ituloh tidak begitu galak, Nah agar performanya semakin ngacir masbro bisa mencoba beberapa cara di bawah ini monggo simak baik-baik,

1 Porting Polish

Cara upgrede tenaga Honda Vario
Vario porting polish

Tujuan utama dari melakukam porting And Polish ini adalah untuk memaksimalkan efisien volimetrik sebuah mesin, sehingga mampu mendapatkan performa mesin yang lebih malsimal dai lebih efisien.

Mesin dari pabrikan biasanya efisiensi volumetrik nya hanya dalam kisaran 70%.  Nah jika sebuah mesin di porting and polish maka efisiensi volimetriknya bisa di tingkatkan mencapai hingga kurang lebih 80-85%.

Untuk melakukan perting And polish masbro bisa langsung pergi ke bengkel dan proses nya akan menggunak alat khusus, biasa dikenal dengan nama Bor tuner, selain meningkatkan tenaga, efisiensi bahan bakar juga akan semakin meningkat juga dan gas buang akan menjadi lancar

2 Roller Vario 150

Menambah Performa Honda Vario
Roller vario

Salah satu cara mendongkrak performa vario 125 yaitu dengan pergantian roller dengan roller yang bobot nya lebih enteng, Roller dengan bobot yang lebih ringan itu akan membuat roller terlempar lebih lambat pada jalur lintasanya.

Dengan begitu maka rumah roller juga akan lebih lambat mendorong v-belt sehingga bukaan vanbelt pada bagian depan juga ikut jad melambat, dengan posisi vanbelt dibawah bertahan lebih lama maka otomatis membuat akselerasi motor jadi semakin enteng.

Namun yang Perlu diperhatikan, yaitu pada bagian bobot roller itu cukup turun sedikit saja antara 1-2 gram itu sudah sangat cukup, alternatif bisa menggunkan roller milik sodaranya yaitu roller milik vario 150 cc yang bobot nya lebih ringan yakni sekitar bobot 15,5 gram.

Sedangkan bobot roller milik vario 125 cc itu mencapai kisaran 18gram,
Atau bisa juga menggunakan roller aftermarket yang bobot nya 15gram

Jika pergantian roller itu terlalu ringan, akselerasi bukan semakin enteng, justru pada putran atas mesin  akan meraung lebih keras untuk mencapai top speed nya, bahkan bisa berpengaruh pada penururan top speed nya.

Selain pergantian roller dengan bobot yang lebih enteng, pulley pada bagian belakang juga harus mengalami sedikit perubahan, perhatikan pada tekanan secondary sliding sheave pada pulley belakang,

jika tekanan per cvt tidak dibuat lebih keras dari sebelumnya, maka pergerakan v-belt masuk kedalam secondary sheave itu akan bergerak lebih cepat, sehingga membuat vanbelt jadi slip saat membtot gass secara mendadak atau saat di ajak skselerasi secara spontan.

3 Per CVT Pcx 150

Mendongkrak Performa Honda Vario

Salah satu cara meningkatkan performa Honda vario 125 yaitu dengan cara mengganti per CVT dengan per cvt yang lebih keras.

Salah satunya menggunakn per CVT miliK honda PCX 150, atau bisa menggunkan per CVT aftermarket yang banyak di jual dipasaran,

Namun kami sarankan menggunakan per CVT milik Honda Pcx 150 saja, sebab per CVT milik honda pcx itu ukuranya lebih panjang dari per CVT milik honda vario, dengan menggunakan per CVT yang lebih panjang maka otomatis tekanan yang di hasilkan akan semakin kuat,

Dengan tekanan yang lebih kuat, maka membuat v-belt akan tertekan semakin kuat sehingga pergerakan secondary sliding sheave juga semkin lambat dibanding dengan memakai per Cvt bawaan honda vario 125

Dikombinasi dengan menggunaan roller yang lebih ringan dan per CVT menggunakan milik honda Pcx 150, maka otomatis membuat rasio bukaan v-belt pada bagian depan dan belakang akan semakin ringan dibandingkan dengan sebelumnya,

Namun perlu juga di perhatikan, ketika masbro memilih sebuah per CVT itu jangan terlalu keras juga, jika per cvt terlalu keras maka akan berakibat pulley sulit mencapai titik rasio maksimal akibat tekanan yang di hasilkan terlalu berlebihan pada v-belt, sehingga akan berdampak pada penurunan top speed.

Tekanan per CVT yang terlalu keras, membuat roller perlu menekan pulley primer lebih keras sehingga akan berdampak pada usia pakai roller, disamping itu mesin juga akan meraung lebih keras pada putaran atas.

4 Ganti Filter Udara

Menambah Performa Vario 125

Filter udara, pergantian filter udara atau saringan udara juga bisa mendongkrak performa honda vario 125 cc, filter udara bawaan honda vario 125 memang mempunyai tekstur yang tidak bisa dibersihkan.

Nah dengan mengganti saringan udara dengan saringan udara racing yang memakai bahan baja anti karat seperti ferrox atau filter udars racing  aftermarket laninya bisa memperlancar aliran udara kemesin, sehingga akselerasi akan terasa lebih ringan.

Kelebihan menggunakn filter Racing

Menggunakn saringan udara yang menggunakn bahan baja anti karat selain meningkatkan performa, filter juga bisa dipakai seumur hidup, karena tekstur filter racing seprti merk ferrox jika kotor itu bisa di cuci dan dibersihkan

5 Ganti Koil Racing
 Performa Honda Vario
Menambah Performa Honda Vario

Salah satu cara meningkatkan atau mendongkrak tenaga honda vario 125, yaitu dengan menggunakan Koil Racing, komponan yang satu ini sangat penting dalam sebuah kendaran, karena tugas dari komponen ini adalah untuk mengalirkan arus listrik yang berasal dari spul kemudian di salurkan ke busi yang menghasilkan percikan api,

Anda juga bisa memaksimalkan arus listrik dari koil dengan menggunakan koil racing agar percikan api yang di keluarkan busi lebih maksimal, anda bisa menggunakan koil racing aftermarket, seperti koil merk ultera speed dan masih banyak jenis-jenis koil racing lainya.

Koil jenis ini sebetulnya boleh di gunakan di semua jenis motor injeksi hingga kapasitas 250cc. respon dari penggunaan koil jenis ini biasanya api busi yang di hasilkan jauh lebih besar.

Tentunya akan jauh memangkas konsumsi bahan bakar minyak sehingga motor anda akan jauh lebih irit dari sebelumnya. pastinya performa motor anda akan jauh lebih meningkat.

6 Ganti Busi Iridium

Menambah Performa Honda Vario

Salah satu busi racing yang cukup populer yaitu jenis busi racing Iridium, Jenis busi ini sangat lah bagus di gunakan di jenis motor ini karena proses pengoptimalan pengapianya jauh lebih memuaskan ditambah lagi motor anda akan jauh lebih irit bahan bakar.

Fungsi busi sangatlah penting mengingat busi adalah sebagai komponen utama yang harus ada di motor. karena busi ini akan memaksimalkan proses pemantikan api secara maksimal.

Jika kamu menginginkan performa motor kamu jauh lebih baik dari yang sebelumnya, saran saya ganti lah busi versi pabrikan atau yang orisinil ke busi versi aftermarket

Sebaiknya hindari penggunaan busi racing, untuk motor yang jarang di gunakan atau hanya di gunakan untuk harian saja.

Karena busi jenis ini hanya cocok di gunakan untuk kalian yang bekerja sebagai driver ojek ataupun digunakan untuk touring bisa juga untuk yang berpergian jauh.

Alasan kenapa tidak cocoknya busi racing ini di gunakan untuk motor yang jarang di pakai atau hanya di gunakan harian saja ialah
sebut saja akan sia sia karena tidak akan mengefek ke motor anda.

Busi jenis iridium ini sangatlah rekomended, karena jenis busi ini di buat dengan bahan iridium alloy. hasilnya pun proses pengapian akan jauh lebih stabil dan juga busi jenis ini tahan di segala medan ekstrem.

Tetapi dengan kualitas sebaik itu tentunya harga akan jauh berbeda bila di banding busi pabrikan atau yang orisinil. apakah anda tertarik dengan busi jenis ini??

busi jenis ini memiliki inti elektroda yang lebih runcing sehingga saat terjadi pemantikan api percikan api yang keluar akan jauh lebih optimal.

Tidak hanya sampai di situ kelebihan dari busi ini sebab busi jenis ini mampu memangkas kebutuhan tegangan listrik juga.

Nantinya gas yang keluar akan jauh lebih baik,dan di tambah lagi jumlah bahan bakar yang di dikonsumsi akan jauh lebih irit.

Selain kualitas di atas tentunya ketahanan busi ini jauh lebih panjang usianya bila di banding dengan busi buatan pabrikan. bisa mencapai 10 kali usia.

Jika anda menginginkan performa motor anda jauh lebih baik, bisa di coba busi jenis iridium tipe NGK IRIDIUM IX CPR8EAIX9. harga di kisaran Rp 100 ribu

7 Ganti Resistor o,5-ohm

Fungsi dari resistor ini apa sih? pasti banyak yang bertanya-tanya tentang sebuah komponem yang bentuk nya cukup mungil ini kan? fungsi dari sebuah resistor ini adalah untuk memanipulasi dari  sesnsor 02 di bagian lnalpot yang menuju ke ECU.

Dengan menggunakan resistor dengan type  0,5 ohm, hanya dengan benda sekecil tersebut bisa membuat pembakaran sedikit lebih basah dari sebelum nya, karena api yang dihasilkan sudah lebih besar dan aliran udaranya pun sudah lebih lancar.

8 Ganti Knalpot Racing

Cara mendonglrak Performa Honda Vario
Menambah Performa Honda Vario

Knalpot pada motor umumnya membuat motor tersebut menjadi lebih berwibawa bila dilihat dari segi suara.

Terakhir cara yang bisa kamu praktekan agar motor vario 125 kamu performanya jauh lebih baik yaitu dengan cara mengganti knalpotnya dari versi standart ke versi aftermarket.

Tapi ingat jika ingin meningaktkan performa motor kamu jangan hanya mengganti knalpot saja usahakan komponen yang lainya juga di ganti untuk mendukung akselerasi motor kamu.

Jika hanya knalpot saja yang di ganti tentunya tidak akan jauh berpengaruh ke performa motor kamu dan yang di hasilkan hanyalah suara bising saja.

Itulah mengapa merombak sebagian komponen sangat penting di lakukan agar mendukung performa motor kamu agar jauh lebih maksimal.

Namun dengan di gantinya knalpot hanyalah menjadi penyempurna bagi komponen yang lain yang sudah diganti. ibaratnya penggantian knalpot ini adalah finishing dari sebuah produk.

Terkait hal itu di pasaran ada banyak jenis knalpot racing yang di jual mulai dari merk WRX, PRO SPEED, hingga Rob1,

Untuk harag mulai kisaran Rp 500. Ribuan Hingga Rp 3 jutaan tergantung merk dan type knalpot nya,

Nah Itu saja masbro tentang tips atau cara mendongkrak performa honda new  vario 125 cc, selamat mencoba, semga bermamfaat terimakasih

Bagikan:

Tinggalkan komentar