Kerusakan Pada Rem ABS, Berikut Ciri-Ciri Kerusakan Rem ABS Motor

Kerusakan Pada Rem ABS

Kerusakan Pada Rem ABS, Berikut Ciri-Ciri Kerusakan Rem ABS Motor

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif, Gejala awal masalah pada rem ABS sepeda motor yang kurang dikenal

Fitur Rem ABS Motor Rusak? Sistem pengereman pada sepeda motor tentunya merupakan fitur keselamatan atau keamanan yang sangat penting.

Karena fungsi rem sendiri tidak lebih dari sekedar memudahkan pengendara untuk menjaga atau mengontrol kecepatan motor sesuai kebutuhan berkendara.

Alternatifnya, bisa juga memudahkan pengendara untuk menghentikan sepeda motor saat melaju dengan kecepatan tertentu. Tentu saja, karena sangat penting, departemen pengereman di sini sangat penting, tidak mengherankan untuk mengetahuinya

Soal pengereman, sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) merupakan teknologi terkini dan kini mulai banyak disematkan pada kendaraan bermotor.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari keunggulan teknologi ABS itu sendiri. Diantaranya, tidak cukup mencegah rem terkunci saat digunakan, dan juga berfungsi membuat jarak pengereman lebih presisi.

Namun, tidak jarang untuk mengetahui bahwa komponen ABS di sini juga berpotensi untuk rusak. Sayangnya, masih sangat sedikit orang yang mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri rem ABS sepeda motor yang rusak.

Padahal, ini sangat penting untuk menjaga kecepatan sepeda motor tetap terkendali sekaligus mencegah ban tergelincir pada kecepatan tinggi.

Nah, untuk itulah dalam hal ini kami akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri rem ABS sepeda motor rusak yang bisa Anda jadikan referensi.

Tanda-tanda Kerusakan Rem ABS Sepeda Motor

Anda bisa mengenali beberapa tanda atau ciri-ciri rem ABS sepeda motor rusak dari beberapa yang muncul. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Lampu indikator ABS menyala

Satu hal yang mudah dikenali adalah masalah pada rem ABS pada sepeda motor, Anda bisa melihat panel indikator/spedometer motor.

Kerusakan Pada Rem ABS

Pada pengukur ini, lampu indikator ABS akan mulai berkedip saat mesin dihidupkan. Hal ini menandakan bahwa sistem ABS pada rem sepeda motor perlu dicek atau dicek.

Jika hal ini mulai terjadi, segera bawa sepeda motor Anda ke bengkel terdekat untuk diperiksa. Sebab, jika dibiarkan, dikhawatirkan kerusakan akan merembet ke komponen lain.

Tuas rem tidak menyembul saat ditekan

Di sisi lain, untuk mengecek apakah ada masalah dengan situasi pengereman ABS, bisa dilihat dari tuas rem sepeda motor.

Biasanya saat sepeda motor direm atau ditekan, akan ada sedikit pantulan yang menandakan bahwa rem ABS dalam keadaan normal.

Namun, jika tidak ada rebound sama sekali saat tuas ditekan (seperti pengereman biasa), maka Anda pasti perlu memeriksa sistem mekanisme pengereman ABS.

Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa sistem ABS pada rem sepeda motor perlu diganti beberapa bagian terkait.

Karena itu, berhati-hatilah saat menerapkan tuas rem. Rasakan apakah ada rebound atau tidak sama sekali.

Pulse Ring Penyok

Kemudian di sisi lain, ciri lain dari masalah pengereman ABS bisa dilihat dari ring pulsa.

Perhatikan bahwa secara mekanis, sistem ABS tidak akan bekerja maksimal jika terganggu. Salah satunya saat motor terkena lumpur atau tanah basah, apalagi saat ring pulsa ditutup

Sebab, jika ring pulsa ditutup, maka akan memicu sensor yang mungkin tidak bisa membaca. Jika ini terjadi, sistem ABS otomatis akan gagal atau tidak berfungsi. Jika tidak bekerja, ABS hanya akan bekerja seperti rem biasa.

Jadi periksa cincin pulsa apakah masih pada posisi yang tepat atau ada penyok.

Sebab, lesung pipit berarti informasi yang terbaca oleh sensor pada sistem pengereman ABS pasti tidak akan akurat 100% sehingga dapat membingungkan pengemudi.

Motornya tidak bisa direm, rasanya sangat keras

Jika tiba-tiba motor gagal mengerem atau tuas terasa kaku, maka kondisi rem ABS rusak.

Kerusakan Pada Rem ABS

Ada beberapa faktor yang bisa memicu hal ini, bisa jadi masuknya lumpur karena celah pada ring pulsa, atau bisa juga karena sudah lama digunakan.

Jika sepeda motor Anda menggunakan rem ABS dan tiba-tiba rem terasa keras saat Anda menekan tuas, ini adalah gejala atau tanda awal bahwa sistem pengereman ABS mulai gagal.

Sebab, pada dasarnya saat ABS masih dalam keadaan normal, tuas rem terasa halus dan memantul.

Jadi, jangan ragu untuk membawa motor Anda ke bengkel resmi untuk memeriksa kondisi rem agar segera diperbaiki.

Suara mencicit saat pengereman

Berbeda dengan sistem pengereman standar, rem ABS memiliki keunggulan tidak mencicit saat tuas rem ditekan.

Namun, jika rem mengeluarkan suara seperti benda bergesekan, sistem ABS mungkin tidak berfungsi dengan baik atau tidak berfungsi dengan baik.

Dimana, kampas rem sudah mulai aus dan perlu diganti. Mengingat jika kampas rem sudah aus, tentunya performa pengereman ABS akan hancur, bahkan kecepatan motor pun akan sulit dihentikan.

Ketika ini mulai terjadi, Anda tidak boleh lama-lama untuk segera memeriksanya. Disarankan untuk membawa sepeda motor ke bengkel sesegera mungkin untuk mengganti bantalan rem baru.

kebocoran selang rem

Kerusakan Pada Rem ABS

Kemudian, sebaliknya, jika Anda melihat kebocoran pada saluran minyak rem, itu juga merupakan tanda sistem rem yang rusak.

Sebenarnya rem ABS belum tentu rusak. Namun jika minyak rem bocor, itu merupakan indikasi adanya celah pada area pipa yang memungkinkan minyak rem merembes keluar.

Jika keadaan ini dibiarkan, tentu akan mengganggu kinerja sistem pengereman ABS.

Bahkan, kinerja sensor pembacaan pada rem ini nantinya bisa sangat bermasalah sehingga akurasi kondisi tidak sesuai dengan yang sebenarnya terjadi.

Ban tiba-tiba selip saat pengereman

Tanda atau ciri-ciri rem ABS sepeda motor rusak, biasanya juga terlihat saat ban tiba-tiba selip saat tuas rem diinjak.

Ini adalah indikasi yang jelas bahwa rem ABS tidak bekerja dengan benar.

Sebab, peran rem ABS sendiri adalah untuk mencegah ban selip saat pengereman mendadak.

Namun jika hal ini terjadi, maka tentunya ada masalah pada sistem pengereman ABS pada sepeda motor Anda.

Setelah mengenali beberapa gejala masalah rem ABS di atas, sobat tentunya sudah paham apa saja tanda atau gejala potensi kerusakan pada sistem performa motor ABS.

Oleh karena itu, jika beberapa tanda di atas muncul pada sepeda motor, dapat dilakukan tindakan tanggap darurat untuk segera memperbaikinya.

Nah itulah beberapa tanda atau ciri-ciri rem ABS sepeda motor rusak yang bisa anda pelajari dan pahami. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/