Jangan remehkan, ini akibat menggunakan minyak rem motor tidak sesuai spesifikasi nya

Jangan remehkan, ini akibat menggunakan minyak rem motor tidak sesuai spesifikasi nya

Modern ini, di pasaran banyak sekali beredar minyak beragam versi merk, dan menawarkan berbagai DOT yang berbeda.

Buat yang belum tahu, spesifikasi minyak rem menggunakan standarisasi dari Amerika Serikat yang pakai DOT (Department of Transportation).

“Menggunakan minyak rem motor tidak sesuai spesifikasi nya sebaiknya dihindari, sebab kandungannya tentu juga berbeda,” buka Ahmad Mujahid, mekanik Kawasaki Kawansakti Bintaro, Tangerang Selatan.

Nah, bahkan tidak sedikit dari para pengguna motor yang tidak mengindahkan secara intensif pemakaian minyak yang sesuai spesifikasi motor.

Minyak-rem-motor

Kira-kira Boleh enggak sih memakai minyak rem mobil untuk rem motor? simak penjelasan berikut.

Baca juga: kenapa lampu indikator motor menyala terus, ini dia akibat nya

Meskipun setiap motor menggunakan komponen yang sama, Spesifikasi setiap motor pasti bervariasi dari kendaraan ke kendaraan. semisal minyak rem untuk rem cakram.

Dari sekian banyak mobil maupun sepeda motor dilengkapi dengan rem cakram. Namun, ketebalan dan dimensinya dapat bervariasi sesuai spesifikasi masing-masing.

Begitu pula dengan minyak remnya, tidak semua jenis minyak rem cocok untuk diaplikasikan pada berbagai jenis kendaraan. Sebab, minyak rem juga memiliki spesifikasinya sendiri.

Spesifikasi minyak rem bisa dilihat dari kemasannya, yakni DOT (Department of Transportation). semakin tinggi DOT minyak rem, maka titik didihnya juga akan semakin tinggi. hal ini di tandai dengan DOT yang menunjukkan titik didih minyak rem saat digunakan atau saat bekerja.

Namun, Kebanyakan Selama ini, ukuran DOT minyak yang di jual di pasaran hanya seperti DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Minyak rem dengan DOT 3, yang minimal titik didihnya mencapai 205 derajat Celcius.

Sedangkan untuk DOT 4, minimal titik didihnya mencapai 230 derajat Celcius.kemudian, untuk DOT 5 mencapai 260 derajat Celcius.

Di lansir dari kompas.com, Beberapa waktu lalu Didi Ahadi yang menjabat sebagai Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan “Penggunaan minyak rem mobil untuk motor bisa saja dilakukan,”.

Menurutnya, minyak rem otomotif bisa digunakan pada sepeda motor asalkan spesifikasinya sesuai, yakni DOT yang di gunakan sama. spesifikasi minyak rem sudah sesuai dengan standar rem sepeda motor yang direkomendasikan

“Ini tidak akan terjadi jika minyak rem yang Anda gunakan tidak memenuhi syarat spesifikasi, yang akhirnya dapat berakibat buruk pada sistem pengereman,” tambah Diddy.

Diddy mengatakan akibat paling buruk adalah terjadinya kerusakan pada bagian rem. Hal ini tentu membahayakan keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

“Bahkan segel karet bisa rusak dan rem bisa bocor. yang lebih di khawatirkan lagi Kalau karet segel rusak, biasanya rem bocor dan blong,”. tambah Diddy

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/