Cara Merawat Kendaraan dari Harian hingga Bulanan

Cara Merawat Kendaraan dari Harian hingga Bulanan

Cara Merawat Kendaraan
Cara Merawat Kendaraan

Cara Merawat Kendaraan dari Harian hingga BulananAufaproject46.com Hallo masbro, Kebiasaan membersihkan kendaraan pada masing-masing orang berbeda. Ada yang hanya sesekali saja, terutama ketika kendaraan terkena hujan atau karena terlalu kotor. Tidak jarang juga yang justru berlebihan membersihkannya.

Sebetulnya yang paling tepat adalah merawatnya secara berkala. Mulai dari pemeriksaan harian rutin, mingguan, hingga apa yang harus dilakukan setidaknya tiga bulan sekali. Lantas apa saja yang harus dilakukan, ini daftarnya.

Pemeriksaan Harian

Seringkali disepelekan, padahal memeriksa kendaraan setap hari sebelum digunakan, sangatlah penting. Sehingga aktivitas harian Anda tidak akan terhambat. Yang pertama, periksalah tekanan angin, pastikan sudah sesuai standar, kondisi ban hingga alur ban yang sebaiknya ketebalannya masih dalam keadaan bagus.

Jika kondisi karet pelapis pelek sudah aus atau jelek, maka sebaiknya jangan menunda untuk melakukan penggantian. Karena bisa berpotensi terjadinya aquaplaning dan mobil bisa saja tergelincir.

Pemeriksaan Mingguan

Berikutnya cara merawat kendaraan yang harus dilakukan secara berkala setiap dua mingguan. Perhatikan kondisi ban mobil, air radiator, fungsi pegas, hingga sisa oli rem. Berikutnya lakukan pemeriksaan bodi mobil yang bisa dilakukan setiap satu bulan sekali, yaitu memerhatikan cairan wiper, area kabin serta interior mobil.

Ketersediaan air pada tabung reservoir wiper sangat penting untuk diperhatikan. Di mana air hujan yang biasanya akan membuat kaca menjadi kotor, bisa dengan mudah dibersihkan dari air wiper yang sudah tersedia.

Agar kendaraan tidak mengalami overheat hingga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Maka yang perlu Anda perhatikan betul adalah mengecek air radiator. Karena bagaimana pun juga, cairan pada radiator lah yang akan mendinginkan mesin, bila bisa bekerja dengan baik.

Keberadaan minyak rem juga wajib menjadi perhatian Anda, agar kinerja sistem pengereman bisa tetap optimal. Pastikan ketinggian minyak rem berada di batas maksimum, jangan lupa untuk memerhatikan juga spesifikasinya. Jangan gunakan minyak rem dengan DOT yang berbeda karena bisa merusak karet seal hingga menjadi penyebab rem bocor bahkan sama sekali tidak berfungsi.

Pemeriksaan Bulanan

Lanjut pada pemeriksaan kendaraan yang bisa dilakukan per tiga bulanan. Di sini, cara merawat kendaraan yang perlu dilakukan di sini adalah mengganti oli mesin, oli gardan, juga kinerja mesin. Kemudian yang sebaiknya Anda lakukan setiap enam bulan sekali adalah memeriksa bagian seal atau karet, tali belt, bracket, juga bagian pemipaan.

Ini juga saat yang tepat untuk melakukan pemeriksaan pada sistem kelistrikan, seperti lampu-lampu, klakson, dan yang lainnya. Begitu juga dengan kinerja AC, biasanya Anda akan membutuhkan freon untuk mengisinya.

 

Itu dia beberapa cara merawat kendaraan yang sebaiknya Anda perhatikan betul. Beberapa hal memang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun untuk pemeriksaan yang lebih detail, Anda bisa membawa kendaraan kesayangan Anda ke bengkel.

Bagikan:

Tinggalkan komentar