Panduan Cara Rawat Motor MotoGP

Panduan Cara Rawat Motor MotoGP

Cara Rawat Motor MotoGP
Panduan Cara Rawat Motor MotoGP

Panduan Cara Rawat Motor MotoGP. Aufaproject46.com hallo sobat MotoGP, Bukan hanya motor harian saja, namun motor balap untuk kelas MotoGP juga diperlukan perawatan secara rutin. MotoGP seperti ini harus diganti oli secara berkala, kemudian terdapat beberapa hal lain yang wajib dicek agar tidak terjadi masalah ketika dipakai saat bertanding.

Servis dari MotoGP akan dilakukan agar bisa memaksimalkan performanya ketika di arena balap. Dengan cara itulah, para pembalap pun dapat kompetitif di atas lintasan serta selalu berusaha untuk menjadi yang paling cepat dalam setiap seri balapan.

Cara Rawat Motor MotoGP yang Patut Diperhatikan

Untuk motor balap sekelas MotoGP, maka proses perawatannya pun akan berbeda dengan motor pada umumnya. Sebab biasanya terdapat komponen pada motor balap yang harus dilepaskan agar dapat dibersihkan. Untuk itu perhatikan berikut ini cara rawat motor MotoGP yang paling tepat.

  • Perawatan Ban

Untuk tips pertama, hal yang wajib dirawat adalah komponen ban. Umumnya jadwal dari mengganti ban akan ada setiap sesi pertandingan, apabila memang pergantian tersebut dibutuhkan. Ban dari MotoGP memang tidak dapat bertahan lama. Pada umumnya penggunaan dari ban tersebut hanya dipakai 1 kali balapan dengan jarak sekitar 120 km.

  • Ganti Oli Sesuai Jadwal

Kapan jadwal pergantian oli? Untuk sekelas MotoGP, cara rawat motor MotoGP akan dilihat dari tingkat oli yang wajib diperiksa pada setiap sesi. Apabila levelnya berkurang maka oli harus diisi ulang. Namun, ada pula setiap seri balapan oli motor harus diganti.

Setelah balapan sudah selesai dilakukan, biasanya oli tersebut akan dibuang sehingga motor dapat diangkut ataupun dipindahkan ke sirkuit selanjutnya. Maknanya adalah, pada setiap balapan akhir pekan motor seperti ini akan memperoleh oli yang masih segar atau oli baru.

Untuk oli yang dipakai juga memiliki kualitas khusus, dan pasti jauh berbeda dengan motor biasanya. Sebab cara rawat motor MotoGP, oli yang dipakai diformulasikan secara khusus agar bisa memperoleh hasil maksimal ketika digunakan balapan.

  • Memperhatikan Sistem Pendingin

Membicarakan perihal sistem pendingin atau sistem radiator, pada komponen ini harus diperiksa setiap sesi ataupun diganti setiap pagi hari. Pastikan radiator beserta komponen lainnya dibersihkan dan selalu diperiksa apakah terdapat kerusakan.

  • Memperhatikan Rantai dan Gerigi

Cara rawat motor MotoGP yang terakhir adalah dengan memeriksa bagaimana kondisi rantai dan geriginya. Bagian ini wajib diperiksa dan juga dilumasi kemudian dikencangkan pada setiap sesi selesai. Biasanya bagian ini terkadang juga harus diganti jika memang dibutuhkan.

Mengenai penggunaan rantai pada umumnya punya masa kerja 500 km, sehingga hal tersebut akan setara dengan 1 putaran dalam arena balap, termasuk dalam hal latihan, kualifikasi dan juga balapan. Sedangkan gerigi yang ada di bagian depan ataupun belakang pada umumnya akan diganti setelah seri kedua dibuka.

Itulah sekilas informasi mengenai cara rawat motor MotoGP, sehingga jika Anda memiliki kendaraan balap seperti ini tidak akan mengalami kesalahan perihal perawatan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar