Cara Mengemudi Mobil Manual yang Wajib Dicoba!

Mengemudi mobil manual merupakan suatu hal yang sulit bagi sebagian orang. Butuh latihan yang cukup agar bisa mengemudi mobil manual supaya menjadi lancar. Sebenarnya siapa saja bisa mengemudikan mobil manual asalkan ada niat. Lalu, bagaimana caranya? Di bawah ini akan membahas cara mengemudi mobil manual yang bagus untuk dicoba terutama bagi pemula.

Selain dengan latihan, pengguna mobil manual perlu mempelajari dan mengetahui berbagai fitur maupun ilmu lain dalam menyetir. Dengan mengemudikan mobil dengan cara yang benar, pengguna pastinya akan merasa tenang dan nyaman saat berkemudi. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengendarai mobil manual yang bisa dijadikan referensi untuk pengguna:

1. Mengenali Fitur dalam Mobil

Para pengemudi diharapkan hafal dan kenal semua elemen dan fitur dalam mobil manual. Jangan sampai elemen penting seperti gas, kopling, dan rem tidak dipahami. Misalnya ketika akan menginjak rem justru menginjak gas hal tersebut dapat berakibat yang cukup fatal. Jika pengemudi sudah kenal dan paham mengenai elemen mobil, pengendara tentunya akan merasa tenang dalam mengendarai.

2. Mencari Posisi Duduk Senyaman Mungkin

Cara mengemudi mobil manual kedua yaitu mencari posisi duduk yang nyaman. Kegiatan ini merupakan kunci utama ketika berkendara mobil manual. Dengan posisi duduk yang nyaman, pengendara akan lebih mudah dalam melakukan kontrol mobil. Misalnya, saat menginjak gas atau rem.

3. Mengenali Semua Pedal

Pengemudi diharapkan mengetahui semua pedal yang terdapat di dalam mobil beserta manfaatnya. Pedal yang terletak di bagian kanan berupa pedal gas. Pedal di bagian tengah berguna untuk rem. Sedangkan pedal di sebelah kiri untuk kopling. Ketika akan  mengubah gigi, pengemudi bisa menginjak pedal di bagian kopling. Jangan sampai tertukar, ya?

4. Menghidupkan Mesin Mobil

Cara mengemudi mobil manual keempat yaitu menghidupkan mesin mobil. Pertama, menetralkan tuas persneling. Selanjutnya nyalakan mesin mobil manual. Ketika menstarter pastikan pedal kopling diinjak. Hal ini untuk mengantisipasi agar mobil tidak melompat ke arah depan. Secara perlahan, lepaskan pedal kopling setelah suara mesin mulai turun.

5. Menjalankan Mobil Secara Hati-hati

Hal ini sangat penting dilakukan apalagi bagi pemula. Masukkan gigi 1 terlebih dahulu. Secara perlahan, lepaskan kopling yang diinjak. Tekan gas secara perlahan. Setelah dirasa nyaman, pengendara bisa menekan gas lebih keras sambil melepaskan kopling dengan perlahan dan konsisten. Setelah itu, lakukan akselerasi dengan normal.

6. Memindahkan Kopling ke Gigi yang Lebih Tinggi

Jika RPM mulai meningkat melebihi batas normal, pengemudi bisa mengubah gigi dengan cara menaikkan. Angkat kaki dari pedal gas sambil menekan kopling. Pindahkan gigi sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, lepaskan kopling dan tambah kecepatan. Perlu diingat, kopling dan gas harus diatur secara bersamaan agar perpindahan gigi bisa mulus.

7. Menurunkan Gigi yang Diperlukan

Bagaimana cara menurunkan gigi? Caranya mirip ketika menaikkan gigi. Pengemudi harus mengatur kecepatan terlebih dahulu sebelum menurunkan gigi. Setelah kecepatan turun, gantilah gigi dengan mengangkat kaki dari gas dan tekan bagian kopling. Pindahkan atau turunkan gigi . Selanjutnya pengemudi bisa melepas kopling.

Inilah 7 cara mengemudi mobil manual yang bagus untuk diterapkan. Untuk bisa mengendarai mobil manual dengan lancar butuh latihan yang konsisten. Mintalah bantuan kepada orang yang sudah berpengalaman dalam mengendarai mobil manual. Bisa dengan kursus mengemudi dan tanyakan apapun yang belum diketahui dan yang paling penting ketika latihan adalah kesabaran.

Semoga bermanfaat.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar