Bagaimana Cara Mengatasi Mobil tidak Bisa Distarter? Ini Penjelasannya!

Mobil yang tidak bisa distarter alias mogok kerap dirasakan beberapa pengendara. Hal ini tentunya membuat pengendara panik. Tetap tenang dan coba terapkan beberapa cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

1.   Memeriksa Aki

Pertama-tama, cobalah untuk memeriksa bagian aki. Komponen yang satu ini sangat penting terutama dalam kelistrikan suatu kendaraan. Ketika aki-nya rusak, maka bisa menyebabkan kendaraan tidak menyala.

Periksa aki dengan secermat mungkin. Jika mengalami kerusakan, maka harus segera diperbaiki. Untuk beberapa kondisi, ditemukan aki yang kotor, karena jarang dibersihkan. Dalam hal ini, sang pemilik harus rutin membersihkannya, sehingga tidak mobil pun bisa difungsikan secara normal.

2.   Mengecek Fuel Pump

Selanjutnya, cek juga komponen lainnya yakni fuel pump. Rusaknya komponen ini bisa menyebabkan mobil tidak menyala seperti biasanya. Umumnya, fuel pump yang rusak disebabkan kotoran yang menumpuk.

Untuk menghindari masalah yang semakin serius, pengguna hendaknya memeriksa bagian ini secara tepat. Pastikan komponen ini dibersihkan secara rutin. Kotoran dan debu pun tidak akan terlalu menumpuk.

3.   Membersihkan Karburator

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter lainnya yakni dengan membersihkan karburator. Perannya yang mengatur kelancaran sirkulasi udara dalam mesin yang digunakan kendaraan sangatlah penting. Maka dari itu, jika kondisinya rusak akan membuat mobil sulit dinyalakan.

Seperti halnya komponen sebelumnya, karburator yang rusak umumnya disebabkan kotoran atau pun noda. Hal ini akan membuat fungsinya tidak optimal. Maka dari itu, bersihkan secara benar, sehingga tidak menghambat kendaraan yang digunakan.

4.   Mengganti/ Membersihkan Busi

Cobalah untuk membersihkan busi. Jika busi ditemukan dalam kondisi rusak parah, alternatifnya harus mengganti dengan yang baru. Jika hanya sebatas kotor, pengguna cukup membersihkannya, sehingga nodanya dapat hilang.

Busi salah satu komponen mobil yang fungsi memercikan pembakaran suatu kendaraan. Sehingga, setiap pengguna harus menjaganya sebaik dan tepat. Dengan demikian akan membuat kinerjanya lebih maksimal.

5.   Memeriksa Alternator

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter selanjutnya dengan memeriksa alternator. Umumnya, kendaraan yang sudah lama,mencapai 8 tahun-an bisa mengalami kerusakan pada bagian alternator. Hal ini bisa menyebabkan mobil sulit dinyalakan.

Alternator suatu kendaraan berfungsi menjaga kestabilan daya listrik serta air aki. Jika mengalami kerusakan, maka akan terjadi disfungsi. Jika hal ini terjadi, segera diatasi secepat mungkin.

6.   Mengecek Dinamo Starter

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada bagian dinamo starter. Komponen yang satu ini bisa menjadi penyebabnya. Hal ini bisa saja terjadi ketika kendaraan sudah tua serta banyak digunakan secara tidak teratur. Perbaikilah komponen tersebut, sehingga bisa berfungsi dengan baik.

Jika kerusakannya cukup parah, alangkah baiknya untuk membawanya ke bengkel. Pengguna bisa mengganti atau mendengarkan saran dari pihak bengkel yang lebih berpengalaman.  

7.   Mengontrol Suhu Koil

Untuk kendaraan yang memiliki suhu koilnya terlalu tinggi, bisa menyebabkan mobil tidak menyala. Komponen yang satu ini, hendaknya diperiksa serutin mungkin. Fungsinya akan lebih maksimal dan optimal.

Suku koil yang mengalami kerusakan ada baiknya untuk diganti. Alih-alih mengotak-atiknya, ditakutkan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih fatal. Maka dari itu, mengganti suhu koil adalah langkah yang tepat.

8.   Memeriksa Sekring

Cara lainnya yang bisa dicoba yaitu pemeriksaan terhadap sekring kendaraan. Komponen ini fungsinya membantu kendaraan agar bisa menyala. Jika mengalami kerusakan tentu akan membuatnya menjadi disfungsi.

Sekring yang mengalami masalah umumnya terdapat kabel yang terputus. Jika masih memungkinkan, cobalah untuk menyatukannya kembali. Cobalah untuk mencari bantuan dari yang lebih ahli di bidang tersebut.

Demikianlah beberapa cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang bisa dicoba. Pastikan  diterapkan dengan sebaik mungkin. Untuk para pengguna yang merasa ragu mengatasinya secara mandiri, mintalah bantuan pada yang lebih ahli dan profesional.

 

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar