Tips Membeli Motor Bekas yang Wajib Diketahui Calon Pembeli

Membeli motor bekas bukanlah suatu pilihan yang salah. Apalagi untuk calon pembeli yang budgetnya belum cukup untuk membeli yang baru. Tidak semua motor bekas itu tidak bagus, tergantung cara pembeli dalam memilihnya. Untuk memudahkan pembeli akan dibahas tips membeli motor bekas yang cocok untuk referensi bagi calon pembeli motor bekas.

Sebelum membeli motor bekas, calon pembeli harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu seperti kualitas dan harga. Harga yang ditawarkan oleh penjual biasanya juga tinggi. Bagi calon pembeli yang kurang paham mengenai harga biasanya tidak terlalu memperhatikannya. Berikut merupakan tips membeli motor bekas sebelum membeli agar tidak rugi:

1. Menentukan Merk Motor yang Akan Dibeli

Menentukan motor apa yang akan dibeli merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Sebelum membeli sebaiknya sudah memiliki angan-angan terlebih dahulu sehingga ketika sampai di tempat penjualan, sehingga calon pembeli tidak bingung lagi. Apalagi pilihan motor yang ditawarkan penjual juga beragam. Sesuaikan pilihan motor dengan kebutuhan, misalnya motor akan digunakan bepergian jauh dan lain sebagainya.

2. Mengenali Harga Pasar Motor

Tips membeli motor bekas kedua adalah mengenali harga pasar motor. Calon pembeli harus rajin mencari tahu harga motor yang akan dibeli secara detail. Calon pembeli bisa melihat di internet, tanya teman, keluarga, atau orang yang bekerja di dealer. Salah satu manfaat mengetahui harga motor adalah calon pembeli tidak akan tertipu dengan harga motor yang ditawarkan.

3. Mengecek Keadaan Motor

Hal ini sangat penting dilakukan oleh calon pembeli. Jangan sampai motor terdapat kerusakan-kerusakan karena dapat berakibat fatal. Cek dengan teliti body motor dan tanyakan suku cadangnya. Ada baiknya jika calon pembeli mengajak saudara atau orang yang paham dengan motor.

4. Periksa Surat Kendaraan

Memeriksa surat-surat kendaraan cukup penting untuk dilakukan. Kegiatan ini perlu dilakukan agar calon pembeli tau sudah berapa kali motor dijualbelikan dan untuk memastikan motor bukan hasil curian. Surat-surat penting pada motor bekas adalah STNK dan BPKB. Pastikan nomor plat dan nama di surat tersebut sesuai.

5. Mengecek Kondisi Oli

Sebelum deal membeli motor bekas, sebaiknya mengecek kondisi oli terlebih dahulu. Apakah olinya masih banyak dan bagus. Jika olinya bagus berarti dalam menjalankan mesin nantinya juga bagus. Jangan lupa untuk mengecek kapasitas oli di motor bekas. Tanyakan juga jenis oli yang sedang dipakai saat itu.

6. Menyalakan Mesin Motor

Mencoba mesin motor dengan cara menghidupkan adalah hal yang sangat penting dilakukan. Perhatikan apakah motor harus dislah atau bisa distarter. Apakah mudah dihidupkan atau tidak. Dengarkan suara mesin dengan seksama apakah suaranya masih halus atau sudah berat. Jika mesin baru sebentar dinyalakan tetapi tiba-tiba mati, maka perlu ditanyakan apa yang bermasalah.

7. Cek Speedometer Terlebih Dahulu

Speedometer adalah bagian motor yang sangat penting. Dengan melihat speedometer, pengguna akan tau kecepatan laju kendaraan. Pengguna bisa mengontrol kecepatannya. Oleh karena itu, calon pembeli harus mengecek dan memastikan speedometer berfungsi dengan baik. Jangan sampai speedometer sudah tidak berfungsi karena pengguna harus membawa ke bengkel terlebih dahulu.

Itulah 7 tips membeli motor bekas yang wajib diketahui oleh calon pembeli. Sebaiknya ketika akan membeli motor bekas, calon pembeli mengajak orang yang mengetahui mengenai kondisi dan harga motor bekas yang bagus. Hal tersebut dilakukan agar calon pembeli tidak rugi ketika sudah mendapatkan motor tersebut.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar