Cukup mudah ! 3 trik cara mengecek kondisi kaki ban mobil secara mandiri.

3 trik cara mengecek kondisi kaki ban mobil secara mandiri.

kondisi kaki ban mobil

Buat Kalian yg ingin mudik lebaran tahun ini sepertinya perlu nih melakukan banyak persiapan yang lebih extra, pasalnya tahun ini adalah tahun pertama pemerintah tidak melarang dan membatasi mudik untuk pertama kalinya sejak 3 tahun pandemi. terutama buat kalian yang memilih mudik menggunakan mobil pribadi.

Kondisi jalan yang kurang bagus saat mudik Lebaran, rentan menimbulkan kerusakan suspensi dan roda kendaraan. belum lagi terkena gangguan macet di setiap arus.

Sering kali para pengguna mobil kurang mengetahui seperti apa mobil yang benar-benar prima dan siap untuk perjalanan jauh mudik lebaran.

yang mana banyak sekali bagian penting dan masih sering di lupakan. seperti mengecek kondisi kaki-kaki mobil.

Bagi anda yang yg lebih ingin meminimalisir pengeluaran mudik, anda bisa mempelajari nya sendiri, bagaimana cara mengecek kondisi kaki-kaki mobil yang tepat. tanpa harus membawa nya ke bengkel.

Baca juga: Yuk! Pahami 5 langkah agar bensin irit saat mudik lebaran

 

Nah, berikut cara mudah untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil secara mandiri.

1. Cek Kondisi Ban Mobil

Tak bisa di pungkiri, ketika mudik ke kampung, kita akan menemukan jalanan yang bisa di katakan tidak mulus. padahal ban adalah komponen utama mobil yang menanggung beban muatan dari isi mobil. sebaiknya anda harus memastikan nya secara berkala.

Di antaranya, mengecek telapak ban masih tebal serta dinding ban tidak ada retak, robek, dan benjol.

Tekanan angin ban juga mesti sesuai dengan rekomendasi setelan pabrikan.

2. Periksa velg Mobil

Setelah memeriksa Ban anda jangan melupakan pelek mobil, meki terlihat kuat, jika tidak di perhatikan secara intensif, bukan berarti dia bebas dari kerusakan.

Yang terpenting anda mesti pastikan, tidak ada retakan pada velg.

Pada umumnya jika keretakan tidak melebihi 2 cm, kerusakan masih bisa diperbaiki di spesialis reparasi velg.

Namun, bila lebih dari itu, kemungkinan pelek dapat digunakan dengan aman sulit terjadi.

3. Cek Suspensi Mobil

Kemudian bagian penting selanjutnya yang perlu di cek adalah komponen” suspensi seperti sokbreker, karet-karet bushing, long tie-rod end, ball joint, dan karet stabilizer.

Untuk melakukan pemeriksaan, Anda dapat memeperhatikanya secara sederhana.

Cara menguji nya yaitu dengan mendongkrak ban, jika sokbreker atau ban anda bergoyan dan terlihat ada lelehan oli pada badan sokbreker ini bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada sistem pada bagian Suspensi.

Nah, Jika sudah seperti itu, barulah anda bisa mendatangi bengkel reparasi mobil seperti bengkel spooring. untuk memastikan kerusak­an yang terjadi.

Sebab dengan mengukur per­ubahan sudut-sudut di roda, akan lebih mudah menyimpulkan dan mendeteksi kerusakan yang terjadi.

cukup itu trik dari saya, meskipun sederhana namun sangat penting bukan?! Selamat mudik dan jangan lupa utamakan keselamatan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/