Cara Kerja Karburator Sepeda Motor

Cara Kerja Karburator Sepeda Motor

Aufaproject46.com – hay sobat otomotif, Peran karburator sepeda motor sangat penting untuk proses pembakaran. Komponen ini bertugas mengumpulkan dan mencampurkan udara dan bahan bakar dari kendaraan. Membuat bahan bakar lebih mudah terbakar dan berubah menjadi energi.

Meski penggunaan karburator sepeda motor mulai berkurang akhir-akhir ini karena banyak sepeda motor yang kini beralih ke sistem injeksi, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara kerja karburator. Apalagi jika Anda penggemar motor klasik dan berniat mengoleksinya.

Yuk, pahami secara lengkap prinsip kerja karburator sepeda motor dan cara merawatnya!

Cara Kerja Karburator Sepeda Motor

Karburator bekerja seperti obat nyamuk bakar. Cairan bahan bakar disedot masuk dan diubah menjadi kabut, dan untuk melakukan proses ini, karburator mengandalkan gerakan piston, yang bergerak ke bawah selama langkah hisap.

Kabut oli inilah yang digunakan dalam proses pembakaran, dan berapa banyak atau berapa banyak kabut yang dihasilkan dialirkan ke ruang bakar, semuanya tergantung seberapa terbuka jaket udara sepeda motor yang Anda kendarai.

Cara kerja karburator sepeda motor masih sangat manual dibandingkan dengan sistem injeksi. Namun jika terjadi kerusakan atau ingin mengubah settingan, tentu lebih mudah mengutak-atik karburator ketimbang menyetel sistem injeksi.

Tidak diperlukan alat yang rumit, yang Anda butuhkan hanyalah obeng minus (-). Misalnya, jika Anda ingin menyetelnya agar penggunaan bahan bakar lebih hemat, Anda tinggal mengubah setelan gas dan bahan bakarnya agar emisi berkurang.

Bahkan jika ingin melakukan modifikasi seperti mengganti pilot jet dan main jet ke ukuran yang lebih besar agar aliran bahan bakar lebih baik, bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Membersihkan Karburator

Cara Kerja Karburator Sepeda Motor

Untuk menjaga karburator Anda dalam kondisi prima, Anda memerlukan perawatan sederhana. Masalah paling umum pada karburator adalah bagian sekitarnya terlalu kotor atau air masuk.

Meski terlihat sepele, masalah ini bisa membuat sepeda motor sulit dihidupkan. Bagaimana cara membersihkan karburator yang benar? Ikuti metode ini!

Lepaskan karburator dari braket dan bersihkan

Pertama lepaskan karburator dari braket dengan bantuan kunci pas. Setelah itu, buka mangkok atau penutup karburator dan gunakan kuas untuk membersihkan bagian endapan atau cairan tersebut.

Bersihkan saringan udara

Bersihkan juga filter udara karburator sesudahnya. Untuk kenyamanan, lepaskan terlebih dahulu bagian ini dari karburator dan bersihkan dengan hati-hati dengan pembersih filter udara khusus. Jika sudah bersih, Anda bisa mengeringkannya dengan cara dijemur.

Bersihkan bagian pilot nozzle, main nozzle dan needle nozzle

Ketiga bagian karburator ini berperan penting dalam cara kerja karburator sepeda motor. Karena ukurannya yang kecil, bagian ini memang menjadi bagian yang sulit untuk dibersihkan dan harus ekstra hati-hati.

Pertama tama lepaskan ketiga bagian tadi. Untuk nozzle pilot dan nozzle utama, dapat dibersihkan dengan lubang tiup kompresor. Pada saat yang sama untuk jarum, Anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkannya.

Setelah dibersihkan, Anda bisa mengambil semua komponen karburator satu per satu dan memasangnya kembali seperti semula.

Nah itulah sedikit rangkuman cara merawat karburator sepeda motor Anda. Jika ingin tips dan trik merawat berbagai komponen sepeda motor lainnya, kunjungi laman https://www.aufaproject46.com/tips-tricks untuk informasi lebih lengkapnya.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/