4 Tips Merawat Pelek Motor

4 Tips Merawat Pelek Motor

4 Tips Merawat Pelek Motor
4 Tips Merawat Pelek Motor

4 Tips Merawat Pelek Motor – Aufaproject46.com Hallo sobat otomotif, Salah satu bagian penting dari roda sepeda motor adalah peleknya. Apa itu pelek? Pelek atau Velg roda, sebenarnya merupakan salah satu bagian yang kegunaannya sebagai dudukan pada ban kendaraan.

Selain sebagai dudukan ban, pelek roda juga harus kuat menopang beban kendaraan. Pelek harus dipasang seakurat mungkin agar dapat menyatukan ban dengan baik. Pada sepeda motor, pelek sering disebut dengan rim.

Walau hanya berada di bagian bawah sepeda motor, namun pelek perlu dirawat. Hal ini agar pelek dapat tahan lebih lama dan roda motor pun tidak membahayakan pengendara. Bagaimana merawat pelek motor, berikut tipsnya.

Perhatikan Cara Berkendara

Dalam merawat pelek, hal yang pertama harus diperhatikan adalah cara Anda mengendarai motor. Mengendarai motor secara ugal-ugalan atau mengebut justru akan membuat pelek Anda cepat sekali penyok.

Selain itu, berhati-hatilah ketika Anda menemukan jalanan berlubang. Jika diperlukan hindari saja lubang tersebut, agar pelek motor Anda tidak cepat penyok terkena hantaman lubang jalanan dengan roda.

Periksa Ban Sebelum dan Sesudah Berkendara

Biasakan untuk selalu melakukan perawatan rutin pada ban kendaraan Anda, baik sebelum Anda bepergian atau saat motor Anda justru berada lama di dalam rumah. Hal pertama dalam perawatan ban adalah selalu memeriksakan kondisi ban Anda. Apakah kondisinya masih bagus? Apabila ban motor Anda telah licin, baiknya segera menggantinya dengan yang baru.

Ban motor yang licin selain dapat membahayakan Anda dalam berkendara, juga dapat merusak kondisi pelek. Anda juga harus terbiasa dan mengetahui cara mengatur tekanan udara yang ada dalam ban, pada waktu-waktu tertentu. Karena apabila  jumlah tekanan udara pada ban stabil, selain motor menjadi enak dikendarai, pelek motor pun tidak akan mudah penyok.

Pada kondisi ban motor yang kempes atau bocor dan pecah, jangan paksakan motor Anda terus dijalankan, ada baiknya Anda menuntunnya hingga sampai ke bengkel motor. Karena jika dipaksakan ban motor yang kempes itu justru akan merusak pelek Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk selalu memeriksakan kondisi ban Anda, baik sebelum dan sesudah berkendara.

Gunakan Pelek yang Sesuai Ukuran Ban

Penggunaan pelek motor harus disesuaikan dengan ukuran ban, demikian juga sebaliknya dengan ban motor. Karena jika pelek dan ban tidak sesuai, motor akan tidak enak juga dikendarai dan dapat membahayakan pengemudi saat berkendara di jalan.

Lakukan Pengecatan Pelek

Perawatan pelek juga harus dilakukan dengan cara melakukan pengecatan. Anda bisa mengecatnya sendiri atau datang langsung ke bengkel aksesori. Pelek Anda yang telah usang pun dapat kembali cerah lagi.

Demikian beberapa tips dalam merawat pelek motor. Pelek yang terawat dengan baik akan membuat motor dan roda ban Anda dapat berfungsi dengan baik. Jadi, apakah Anda mau mulai merawat pelek Anda?

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar