Berapa Lama Waktu Ngecas Aki Motor 12 Volt?

Berapa Lama Waktu Ngecas Aki Motor 12 Volt?

Aufaproject46.com – Berapa lama mengisi baterai motor – Aki atau Baterai motor merupakan sumber tenaga bagi motor itu sendiri yang akan digunakan untuk mengaktifkan atau menggerakkan komponen lain pada motor yang membutuhkan tenaga, seperti menstarter motor.

Salah satu ciri aki motor sudah mulai soak adalah bagian-bagian yang membutuhkan tenaga tidak berfungsi seperti mesin, seperti motor starter tidak bekerja, klakson tidak berbunyi, lampu utama mulai redup, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu cara untuk mengatasi baterai yang soak adalah dengan men-charge atau mengisi. Karena baterai atau sistem yang dioperasikan dengan baterai tidak jauh berbeda dengan sistem yang dioperasikan dengan baterai pada umumnya, maka listrik di dalam baterai dapat cas atau diisi.

Maka pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sepeda motor? Karena beberapa orang mungkin ingin mengisi baterai sepeda motor, tetapi takut waktu pengisiannya terlalu lama, sehingga tidak ada waktu untuk melakukannya.

Berapa Lama Waktu Ngecas Aki Motor

Fungsi pengisian Aki motor

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, charging atau pengisian baterai merupakan salah satu fungsi dari cara mengatasi baterai soak. Karena fungsi dari charger sendiri adalah untuk mengisi daya yang sudah habis di dalam baterai. Setelah pengisian seperti ini, baterai akan kembali normal.

Secara umum, baterai sepeda motor terisi secara otomatis saat digunakan. Karena beberapa komponen memang memiliki fungsi untuk mengisi baterai motor, yaitu magnet rotor. Namun, jika komponennya rusak, pengisian daya tidak dapat dilakukan atau tidak bekerja secara maxsimal.

Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab aki motor overdraw, karena komponen yang digunakan untuk charging tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, penggunaan aksesoris tambahan yang membutuhkan tenaga juga bisa menjadi penyebab aki motor overdrawing, seperti penambahan aksesoris lampu, ganti klakson dll.

Berapa Lama Waktu Ngecas Aki Motor
Berapa Lama Waktu Ngecas Aki Motor

Berapa biaya untuk mengisi baterai sepeda motor?

Tidak ada patokan sendiri untuk biaya ngecas baterai sepeda motor, karena biaya pengisian bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Namun pada umumnya pengisian aki sepeda motor dikenakan biaya antara Rp 15.000 hingga Rp 35.000. Jika waktu pengisian lebih cepat, biasanya akan lebih mahal.

Karena ada banyak stasiun pengisian yang mengisi sesuai dengan tegangan yang digunakan, umumnya pengisian baterai dilakukan dengan daya 3 amp. Namun, tergantung pada kapasitas baterai, itu juga dapat dilakukan hingga 5 amp, dan peningkatan daya pengisian biasanya ditetapkan dengan harga yang berbeda.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki sepeda motor?

Setelah mengetahui beberapa hal tentang pengisian aki sepeda motor, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki sebuah motor? Lamanya pengisian baterai sepeda motor tergantung dari daya pengisian atau charger yang digunakan. Seperti yang sudah kita bahas di atas, daya pengisian baterai bisa menggunakan 3 amp, 5 amp, dll.

Daya dari tegangan charger dapat dibuat menjadi beberapa mode yaitu fast mode dan slow mode. Untuk mode cepat menggunakan 3 amp, waktu pengisian sekitar 30 menit hingga 3 jam.

Sedangkan untuk slow mode yang menggunakan 0.3 amp membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 12 jam. Hasil charging dari kedua mode tersebut tentunya berbeda, dan mode slow charging biasanya lebih banyak digunakan karena dapat membuat baterai lebih awet dibandingkan dengan menggunakan mode fast charging.

Kesimpulanya

Cukup sekian informasi dari kami tentang membahas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ngecas aki sepeda motor, semoga informasi yang baru saja kami sampaikan ini memberikan tambahan informasi bagi semua orang terutama bagi yang membutuhkan.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/